Pensi SMAN 1 Semarang Bisa Gratis Tapi Bintang Tamunya Artis Wah!

Senin, 03 Oktober 2016 | 06:30
Rizki Ramadan

Tompi ketika tampil di pensi SMAN 1 Semarang 17 September 2016

Bagi temen-temen dari Semarang pasti udah nggak asing lagi sama nama Reinkarnation. Pensi dari SMA Negeri 1 Semarang ini tiap tahunnya selalu hadir dengan guest star serta menampilkan rangkaian acara yang keren dan pastinya nggak pakai HTM alias gratis.

Diawali dengan konvoi pada seminggu sebelum hari H untuk publikasi, tahun ini, Reinkarnation yang mengusung tema Cryptografeus diselenggarakan pada Sabtu, 17 September 2016 lalu dengan penampilan dari Tompi, Yovie and Nuno, serta Ipang Lazuardi.

Tak kalah menarik, penampilan dari band lokal Good Morning Everyone dan Figura Renata juga menambah euforia penonton. Walaupun sempat diguyur hujan, nyatanya nggak membuat antusias penonton hilang, dengan berhasil menyedot enam ribu lebih penonton.

Penonton yang datang mendapat rasa puas lewat tembang-tembang romantis milik Yovie and Nuno hingga Tompi. Tak hanya itu, sebagai pelengkap acara, ekstrakulikuler-ekstrakulikuler dari SMANSA juga ikut tampil memeriahkan dan bagi pecinta otomotif, Reinkarnation juga selalu menyelenggarakan motor contest yang juga menjadi salah satu penarik perhatian para penonton dari dalam maupun luar Semarang.

Untuk membuat acara yang meriah tentu memerlukan banyak anggaran yang keluar. Dengan nggak adanya HTM, pasti banyak yang penasaran cara pengumpulan dana. Kamu salah satunya?

HAI School Crew dari Semarang, Sekar Gusti mewawancara Rafif Ghaffar sebagai ketua panitia dan Safiranissa Adityarani sang Ketua Pelaksana. Kita bongkar deh, rahasianya.

Ceritain dong, kenapa sih, dari dulu Smansa selalu bikin pensi yang gratis?

Safira (S): Itu emang aturan dari dinas. Jadi, dulu ngga boleh (bikin pensi), tapi setelah diomongin ke pemerintah kota akhirnya dibolehin tapi dengan syarat tanpa pakai HTM. Itu sejak tahun 2013. Soalnya dulu sempet ada pensi SMA yang cost-nya kebanyakan.

Rafif (R): Jadi Dinas Pendidikan nggak mau pensi jadi ajang buat cari uang

Pensi ini kan mengundang bintang tamu yang “wah”, ceritain dong anggaran kalian?

R: Rp 396 juta tapi itu belum sama panggung. Kira-kira habis Rp 400 juta. Total pendapatan kami 70 persen dari nyari dana sendiri, 30 persennya lagi dari sponsor.

Wah jadi lebih besar dari nyari dana sendiri yah. Panitia cari dananya gimana, sih?

R: Pertama, iuran wajib siswa. Kami ada iuran wajib sebesar Rp 60 ribu. Kedua, jualan. Kami jualan apa aja yang bisa dijual dan menguntungkan. Kami mulai jualan dari semenjak sertijab, bulan januari tahun ini.

Kami juga jual merchandise. Ada dua paket: paket sticker dan paket kaos, dari situ kami dapet untung banyak.

Kalau Sponsor, alhamdulillah ada sponsor utama pada Reinkarnation ini yang ngasihnya besar. Kita cari sponsor, yang punya kenalan kita tembusin semua, alhamdulillah tembus. Kita juga ada keuntungan keuntungan dari proker-proker sebelum pensi

Jalan terakhir, kami minta ke donatur sih. Kami nyari donatur door to door, keliling keliling ke tiap kelas yang sekiranya ada siswanya yang mampu banget, kita mintain buat jadi donatur.”

Siapa aja, sih, sponsor tahun ini?

R: Ada dari Astra International, Astra Motor, Honda, Pertamina, Nasmoco, Telkomsel, Citilink MG Setos Hotel Semarang, Fruit Tea, Rainbow Creative, Ganesha Operation, A to Z, PlaPlay dan Asem Arang Riders.

Rafif Ghaffar ketua umum pensi sman 1 semarang 2016
Selain itu ada tips lagi nggak dalam menghemat anggaran?

R: Kami dapet tiga artis itu nggak langsung kami setujui harganya, kami nego. Tiket pesawat kami minimalisir juga dananya. Buat hotel, kita cari link buat dapet harga khusus.

Terakhir, ceritain tentang pensi tahun ini dong?

R: Tema diambil dari dua kata yaitu cryptogram dan orpheus, cryptogram itu semacam teka teki, sedangkan Orpheus itu dari kisah mitologi yunani yaitu seorang dewa musik yang menyelamatkan dewi Aprodhite dari dunia kegelapan, nah itu kan merajuk ke dunia percintaan, makanya kita kita ambil 3 guest star itu, Tompi (menyangkut semuanya), Yovie and Nuno (percintaan), Ipang (perdamaian), kita ambil 3 guest star itu biar cocok sama temanya. Kita dominan pake warna item, gold, biru muda.

Ditulis Oleh: Sekar Paring Gusti- SMA Negeri 1 Semarang

Editor : Hai Online

Baca Lainnya