Ini Dia Daftar Pemenang Oscar 2016!

Senin, 29 Februari 2016 | 05:00
Hai Online

Oscar

Ajang penghargaan bergengsi dunia perfilman hollywood,Academy Awards ke-88telah berlangsung di Dolby Theater, Hollywood, California, Amerika Serikat pada Minggu (28/2) waktu setempat atau Senin (29/2) waktu Indonesia dengan semarak.

Monolog dari Chris Rock yang memandu acara ini dengan gemilang membuat para nominator Oscar yang hadir menjadi tidak tegang. Dibantu aktris India Priyanka Chopra yang membacakan nominasi Academy Awards ke-88, berikut adalah daftar pemenang Oscar 2016:

Best Motion Picture

Spotlight (WINNER)

Bersaing dengan film-film bermutu, Spotlight memenangkan film terbaik ajang Oscar 2016. Mengalahkan para pesaingnya, yaituThe Big Short,Bridge of Spies Brooklyn,Mad Max: Fury Road,The Martian,The Revenant danRoom. Actor in a Leading Role

Leonardo DiCaprio,The Revenant(MENANG)

Akhirnya Leo memenangkan penghargaan aktor terbaik Oscar 2016. Sudah banyak yang memprediksi kalau dia bakal suksesmengalahkanMichaelFassbender,Steve Jobs,Bryan Cranston,Trumbo,Matt Damon,The Martian,dan juga pemenang tahun laluEddie Redmayne,The Danish Girl.

Actress in a Leading Role

Brie Larson,Room(MENANG) Berperan dalam ruang sempit di film Room, Brie Larson sukses mengeksplorasi aktingnya. Dia pun unggul dari padaCate Blanchett,Carol,Jennifer Lawrence,Joy Charlotte Rampling,45 Years, dan jugaSaoirse Ronan,Brooklyn.

Best Supporting Actor

Mark Rylance,Bridge of Spies(MENANG) Tidak bisa diragukan lagi, akting bapak satu ini menjanjikan di film Bridge of Spies, sangat memuaskan penontonnya. Wajar kalau ia bisa menyingkirkanSylvester Stallone,Creed,Christian Bale,The Big Short, bahkan Tom Hardy,The Revenant, danMark Ruffalo diSpotlight.

Best Supporting Actress

Alicia Vikander,The Danish Girl(MENANG) Ada untungnya bermain dengan Eddie Redymayne, si cantik Alicia Vikander sukses mendampingi sangpemeran utamadi film The Danish Girl. Ia pun mengalahkanKate Winslet,Steve Jobs,Jennifer Jason Leigh,The Hateful Eight,Rooney Mara,Carol,bahkan Rachel McAdams diSpotlight.

Best Animated Feature Film

Inside Out(MENANG) Sudah sukses membuat penontonnya mewek, persembahan Disney di film Inside Out sulit terlupakan. Dia layak mendapat penghargaan Oscar tahun ini dan mengalahkan film animasi lucuShaun the Sheep Movie,Anomalisa yang ribet bikinnya,Boy and the World, sertaWhen Marnie Was There.

Best Cinematography

The Revenant(MENANG) Udah lihat akting Leo yang habis-habisan, gambar The Revenant emang bikin penonton deg-degan. Wajar secara cinematography yang digarap serius oleh Emmanuel Lubezkiini mengalahkan filmCarol, Sicario,The Hateful Eight,bahkanMad Max: Fury Road,

Best Costume Design

Mad Max: Fury Road(MENANG) Sulit menandingi kostum-kostum yang dirancang Jenny Beavan di film Mad Max: Fury Road. Hampir tak ada cacat, untuk itulah mereka layak memenangkan Oscar banyak tahun ini termasuk Best Costume Design yang membawa kita ke dunia Fury. Dia pun mengalahkan rancangan kostum di filmThe Revenant,Carol,Cinderella dan bahkanThe Danish Girl.

Best Director

Alejandro González Iñárritu,The Revenant(MENANG) Sudah jelas bagaimana Leo dan Tom Hardy diarahkan langsung oleh Alejandro Gonzalez, dia pun menang sebagai sutradara terbaik mengalahkanLenny Abrahamson,Room,Tom McCarthy,Spotlight,Adam McKay,The Big Short dan George Miller,Mad Max: Fury Road.

Best Adapted Screenplay

The Big Short (MENANG) Film ini memang njelimet, tapi begitusudah diadaptasi menjadi film, The Big Shortadalah sebuah pencapaian. Wajar, jika film sekelas Brooklyn,Carol, bahkanThe MartiandanRoom dapat disingkirkan.

Best Original Screenplay

Spotlight(MENANG) Mengaduk-aduk emosi namun dengan sistem kerja yang rapih, tim Spotlight memang pantas mendapat penghargaan telah mengangkat kisah nyata jurnalis mengungkap kasus para pastur di Bostonmenjadi film yang rapi dan berkesan. Wajar,Straight Outta Compton,Bridge of Spies,Ex Machina danInside Out masih harus dibawah skornya.

Best Documentary Feature

Amy (MENANG) Sempat ramai kalau dokumenter Senyap akan sukses, ternyata justru tayangandokumentasi dari penyanyi Amy menjadi yang paling berkesan bagi juri Oscar. So,Cartel Land,The Look of Silence,What Happened, Miss Simone? danWinter on Fire: Ukraine's Fight for Freedom harus gagal bawa pulang Oscar tahun ini.

Best Documentary Short Subject

A Girl in the River: The Price of Forgiveness (MENANG) Last Day of Freedom,Body Team 12,Chau, Beyond the Lines danClaude Lanzmann: Spectres of the Shoah belum bisa mengalahkan kesan dari film yang menceritakan perjalanan gadis berhijab di filmA Girl in the River: The Price of Forgiveness.

Best Film Editing

Mad Max: Fury Road (MENANG) Begitu juga dengan The Revenant,The Big ShortdanSpotlight bahkanStar Wars: The Force Awakens nggak secanggih editan film Mad Max: Fury Road.Canggih!

Best Foreign Language Film

Son of Saul (MENANG) Film drama asal Hungaria ini mengisahkan perjalanan pria Yahudi yang dipaksa bekerja di kamp konsentrasi Nazi dan kemudian berusaha menguburkan jenazah seorang anak yang diyakini sebagai anaknya. Sudah sering dapat penghargaan, Oscar adalah piala kesekiannya. Film ini mengesankan banyak juri sehinggamengalahkan kesan-kesan difilm Embrace of the Serpent,MustangTheeb, atauA War.

Best Makeup and Hairstyling

Mad Max: Fury Road (MENANG) Make up yang total membuat Mad Max: Fury Road meraih satu kategori lagi dalam Oscar tahun ini dan mengalahkanThe 100-Year Old Man Who Climbed Out a Window and Disappeared sertaThe Revenant.

Best Original Score

The Hateful Eight (MENANG) Dalam penggarapan film The Hateful Eght, score yang dirancang secara rapimembuat film ini mudah diterima publik. Sicario, Sarol,Star Wars: The Force Awakens danBridge of Spies pun masih dikalahkan alur dan plot film berseting salju ini.

Best Original Song

"Writing's on the Wall" (MENANG)

Meski filmnya tidak masuk nominasi, lagu yang dibuatJimmy Napes dandibawakan Sam Smith ini sukses jadi Best Original Song mengalahkan"Earned It","Manta Ray","Simple Song No. 3" dan"Till It Happens to You".

Best Production Design

Mad Max: Fury Road (MENANG) Pastinya rancangan untuk memproduksi film Mad Max: Fury Road penuh keseriusan, wajar kalau settingan aktor, properti dan latarnya juga ktotal. Film ini akirnya sukses mengalahkanThe Martian,Bridge of Spies,The Danish Girl, danThe Revenant.

Best Live Action Short Film

Stutterer (MENANG)

Film drama yang diarahkan sutradaraBenjamin Cleary ini emang banyak disukai juri, wajar kalau Stutterermengalahkan film lainnya, sepertiAve Maria,Day One,Everything Will Be Okay (Alles Wird Gut) danShok.

Best Animated Short Film

Bear Story (MENANG) Film animasi pendek Bear Story sukses membuat juri-juriOscar 2016 berkesan. Kisah sedihnya pun sanggup menggeser film animasi lainnya sepertiPrologue,Sanjay's Super Team,Were Can't Live Without Cosmos danWorld of Tomorrow

Best Visual Effects

Ex Machina (MENANG) Pemandangan yang futuristik hasil kerja tim visual Ex Machina bikin para juri kagum, sehingga mereka memberi penghargaan Best Visual Effect mengalahkanMad Max: Fury Road, The Martian,The Revenant bahkanStar Wars:The Force Awakenspun juga kalah futuristiknya.

Best Sound Editing

Mad Max: Fury Road (MENANG) Semakin tegang dengan suara latar di film Mad Max: Fury Road, wajar penghargaan kategori Best Sound Editing Oscar 2016 diganjar ke Mark Mangini and David White dantim editing mereka sehingga film tersebut mengalahkan pesaingnyaThe Martian,The Revenant, Sicario danStar Wars:The Force Awakens.

Best Sounds Mixing

Mad Max: Fury Road(MENANG) Setali tiga uang, sound mixing hasil kerja Chris Jenkins membuat suara film ini berkesan daripada filmThe Martian,The Revenant dan atauStar Wars:The Force Awakens.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya