Komunitas Erha Gelar Berkarya Bercerita bagi Anak-anak di Bantargebang

Minggu, 09 April 2023 | 14:45

ERHA menyelenggarakan Program edukasi Berkarya Bercerita, sebuah gerakan untuk meningkatan literasi anak di sekitar TPST Bantargebang

HAI-Online.com- Tahukah kamu, rerata masyarakat Indonesia cuma sanggup membaca 4 sampai 5 buku atau bahan bacaan pertiga bulan sekali. Demikian laporan Tingkat Gemar Baca yang dirilis Perpusnas RI tahun 2023 yang berarti tingkat baca kita masih rendah.
Yap, meskipun begitu tingkat kegemaran membaca masyarakat menunjukkan tren positif lho, nggak heran skor 63.9 persen diberikan untuk pertumbuhan membaca tahun ini.
Namun berbagai usaha aktif masih terus dibutuhkan dan dilakukan untuk mengejar ketertinggalan tingkat literasi dan memersiapkan generasi muda Indonesia agar dapat bersaing menjadi masyarakat global.
Baca Juga: Sharp Indonesia dan Anak Muda Bersatu Menjaga Kelestarian Alam agar Tetap Hijau, Asri, dan Ramah Lingkungan
Nah, salah satu yang dilakukan untuk mendukung peningkatan minat baca itu adalah seperti yang dilakukan ERHA dalam program edukasinya bertajuk Berkarya Bercerita. Kegiatan ini merupakan sebuah gerakan untuk meningkatan literasi anak di sekitar TPST Bantargebang.
Kegiatan punya tujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi, khususnya membaca dan menulis, bagi anak-anak yang tinggal di sekitar Taman Baca Jendela Dunia milik Arya Noble Group, induk perusahaan ERHA.
Nggak hanya mengasah kemampuan literasi, khususnya membaca dan menulis, lewat program ini anak-anak di Bantargebang juga diharapkan dapat tumbuh menjadi individu yang aktif, kreatif, dan berwawasan.
Program Berkarya Bercerita pertama dilaksanakan di Taman Baca Jendela Dunia yang terletak di SD Dinamika Bekasi dan untuk pertam kalinya digelar pada Sabtu (9/4/2023) kemarin.
Kegiatan ini diisi dengan rangkaian aktivitas edutainment menyenangkan seperti kegiatan bercerita dan bermain peran yang dapat mengasah kemampuan serta meningkatkan ketertarikan siswa untuk belajar.
Dihadiri oleh hampir 200 partisipan yang didominasi oleh anak-anak pengepul sampah yang tinggal di kawasan TPST Bantargebang, kegiatan Berkarya Bercerita juga turut mengundang volunteer ERHA dan anggota Komunitas Acne-Free Universe untuk dapat berinteraksi langsung dengan siswa sebagai fasilitator kegiatan.
Baca Juga: M Bloc Fest: Bakal Digelar 3 Minggu Berturut-turut, Ini Dia Info Lengkap Line Up, Program, hingga Harga dan Cara Beli Tiket!

Acne-Free Universe by ERHA Ultimate Acne Cure adalah komunitas bagi acne warrior untuk membangun koneksi dan berbagi solusi serta tips and trick penanganan jerawat melalui grup daring eksklusif dan berbagai aktivitas
menyenangkan.
Acne-Free Universe juga merupakan komunitas jerawat pertama di Indonesia yang masing-masing kelompoknya dipimpin oleh Acne-Free Captain yang merupakan para acne influencers yang secara rutin melakukan aktivitas untuk mendukung penyembuhan jerawat.
Nah, program Berkarya Bercerita dibuka dengan aktivitas membaca cerita bersama. Didampingi oleh kelompok relawan, para siswa secara bergantian diminta untuk membacakan satu paragraf bagian cerita di depan teman-temannya.
Selanjutnya, siswa juga diajak untuk mengenal berbagai profesi melalui kegiatan bermain peran. Siswa diperkenankan untuk mencoba berbagai alat-alat yang dipakai dalam keseharian profesi perawat, apoteker, hingga dokter.
Aktivitas ini diharapkan dapat menambah motivasi belajar siswa untuk meraih cita-citanya.
“Kegiatan Berkarya Bercerita disambut dengan antusias oleh seluruh siswa. Mereka terlihat sangat aktif ketikamenjalani rangkaian kegiatan belajar hingga tantangan yang diberikan.
"Kami dari pihak sekolah sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap semangat mengembangkan kemampuan literasi siswa Indonesia dapat terus digaungkan oleh ERHA di berbagai penjuru negeri,” ujar Nasrudin, S.Pd, MMSD Selaku Kepala Sekolah SD Dinamika Bekasi.
“Melalui rangkaian kegiatan belajar sambil bermain bagi anak-anak pengunjung Taman Baca Jendela Dunia, kami berharap taman baca ini dapat menjadi arena belajar yang menyenangkan dan menumbuhkan kecintaan mereka terhadap aktivitas membaca.
"Kami percaya upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia harus dimulai sedini mungkin dan diperlukan kolaborasi aktif dari seluruh pihak, tidak hanya orang tua dan sekolah.
"Untuk itu, pada kesempatan ini kami turut melibatkan volunteer dan anggota Komunitas Acne-Free Universe untuk mengambil bagian dalam upaya tersebut,” tandas Andreas Bayu Aji, Corporate Affairs Director Arya Noble Group, induk usaha ERHA.
Arya Noble Group memiliki fokus untuk turut berpartisipasi dalam usaha pemerataan kualitas pendidikan Indonesia yang diwujudkan melalui pembangunan 7 Taman Baca Jendela Dunia yang tersebar di Kota Sukabumi hingga Banyuwangi.
Arya Noble percaya melalui rangkaian program literasi anak & pengembangan SDM pengelola, Taman Baca Jendela Dunia akan membawa dampak positif terhadap tingkat literasi dan kebiasaan membaca anak yang ditanamkan sejak dini.
Selain program pendidikan, Arya Noble juga turut melakukan berbagai kegiatan sosial lain seperti donor darah serta pemeriksaan kesehatan dan operasi katarak gratis. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya