Ngejob Digital, Ini Prediksi 10 Pekerjaan Paling Dibutuhkan di 2025

Selasa, 14 Februari 2023 | 08:15

Pekerjaan paling dicari di 2025

HAI-Online.com- Menurut laporan World Economic Forum (WEF), ada sebuah riset yang memprediksi sejumlah pekerjaan yang akan laris dan paling dicari di seluruh dunia pada tahun 2025 mendatang.
WEF merupakan lembaga penelitian dunia yang setiap tahun mempublikasikan hasil kajian perkembangan ekonomi global. Termasuk ketenagakerjaan dan sektor pendidikan.
WEF (pada 2016) telah menganalisis pekerjaan potensial masa depan yang paling banyak dicari karena adanya kebutuhan di sektor tersebut.
Baca Juga: 5 Fakta Browser Legendaris, Internet Explorer dan Pemberhentiannya
Untuk itu, penguasaan digital dan spesialisasi bakal membawa kamu (terutama mahasiswa) untuk masuk pada deretan pekerjaan ini.
Berikut adalag 10 pekerjaan yang paling dicari di tahun 2025 menurut WEF seperti dilansir dari laman Universitas Medan Area (UMA), Senin (13/2/2023):
1. Data Analysts and Data Scientist
Analisis data antara lain bertugas mengolah data dan menyajikan keterangan yang benar dan nyata dari data yang tersedia.
Sedangkan data scientist atau ahli data bertugas mencari cara untuk mendapatkan data akurat. Data tersebut kemudian dianalisis untuk digunakan oleh para analis yang bertugas.
2. Artificial Intelligence (AI) and Machine Learning Specialist
Profesi ini bertugas memprogram mesin atau komputer yang dapat melakukan pekerjaan dan belajar seperti manusia.Bahkan lebih baik dari hasil kerja manusia.
Program ini sering disebut dengan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Di masa yang akan datang, tentu makin banyak perusahaan teknologi mencari ahli ini untuk mengatur sistem agar program dapat berjalan sesuai standar.
Nah, siswa maupun mahasiswa yang tertarik dengan teknologi bisa terjun ke dunia AI tentunya dengan mempersiapkan diri denganskillyang dibutuhkan mulai dari sekarang.
Baca Juga: Resesi 2023 Menurut Penelitian Mahasiswi Juara 3 Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional: Nggak Separah Resesi Sebelumnya
3. Big Data Specialist
Pekerjaan lain yang paling dicari di tahun 2025 menurut WEF adalah spesialis data besar.
Profesi ini punya tugas untuk memproses volume data yang sangat besar, yang tumbuh secara eksponensial dari waktu ke waktu.Big data specialist harus bekerja sama dengan data analysts, data scientists, sampai database administrator.Tugas utamanya menerjemahkan algoritma komputer ke dalam prototipe.
4. Digital Marketing and Strategy Specialist
Menurut WEF, spesialis pemasaran dan strategi digital adalah salah satu pekerjaan yang paling dicari di tahun 2025 mendatang.
Tugas spesialis ini adalah mengembangkan dan menjalankan strategi penjualan digital.
5. Process Automation Specialist
Pekerjaan lain yang dibutuhkan tahun 2025 adalah seorang spesialis otomasi proses atau process automation specialist.
Profesi ini bertugas membangun teknologi untuk menjalankan pekerjaan berulang secara otomatis sehingga dapat menggantikan pekerjaan manual.
6. Business Development Professionals
Pengembangan Bisnis adalah proses identifikasi jangka panjang untuk meningkatkan nilai perusahaan melalui pengembangan hubungan, pemasaran, dan pelanggan.
Profesi ini punya misi untuk mencari strategi agar bisnis perusahaan dapat terus berkembang dalam jangka panjang.7. Digital Transformation Specialist
Spesialis transformasi digital atau spesialis transformasi digital adalah profesi yang bertugas menerapkan teknologi saat ini dan masa depan untuk membuat perusahaan lebih maju dan kompetitif.
8. Information Security Analyst
Analis keamanan informasi atau information security analyst adalah pekerjaan dimana seseorang memiliki tugas untuk memantau dan melindungi data dan informasi penting perusahaan.
Analis keamanan informasi menggunakan perangkat lunak seperti firewall dan program enkripsi data tunggal.
Baca Juga: Mengungkap Alasan Kenapa Manusia Bisa Ngerasa Bosan, Waspada Mental!
9. Software and Application Developer
Pekerjaan merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2025. Profesi ini bertugas mengembangkan software dan aplikasi.Orang yang punya skill ini banyak dicari karena di masa depan penggunaan gadget akan semakin dibutuhkan. Sehingga dibutuhkan pengembang software dan aplikasi untuk mengimbangi teknologi hardware yang semakin maju.
10. Internet of Things (IoT) Specialist
Saat ini internet sudah mengalami kemajuan pesat. Namun di masa yang akan datang, keberadaan internet tetap akan mengalami kemajuan.
Dengan kemajuan ini, dibutuhkan keahlian dalam merancang dan membuat peralatan yang terhubung dan beroperasi dengan jaringan internet.
Internet of things specialist atau ahli internet hal adalah pekerjaan yang bergerak di bidang ini. (*)Artikel ini telah tayang lebih dulu di Kompas.comdengan judul "Intip 10 Pekerjaan Paling Dibutuhkan di Tahun 2025"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya