Review Samsung Galaxy Z Flip4 5G: Serunya Melipat Kecanggihan dan Produktif Berkarya

Selasa, 13 Desember 2022 | 19:00
Sobry

Review Samsung Galaxy Z Flip4 5G: Serunya Melipat Kecanggihan dan Produktif Berkarya

HAI-Online.com- Pertama kali tahu ada smartphone layar sentuh yang bisa dilipat dan sering muncul di tayangan drama Korea, desir-desir hati untuk segera beralihdari hp lama itu sudah mulai tumbuh. Dan ia semakin sering muncul di iklan serta dapat kesempatan menjajal langsung ponsel lipat di seri terbaru, penulis pun sejatuh cinta itu dengan fitur, desain dan kameranya. Kini sudah siapmove ondari yang lama.

Yap, siapa yang nggak pingin punya smartphone yang pas di saku. Iua, secara bentuk dan desainform factorhp ini memang sungguh bisa dilipat menjadi setengah kali lebih kecil, dengan mekanisme lipatan seperti kulit kerang(clamshell).

Dengan begitu, Samsung Galaxy Z Flip4bisa dengan mudah disimpan di berbagai tempat seperti masuk saku celana, saku baju, atau tas mungil nan aesthetic.

Baca Juga: Selain Canggih, Smartphone Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Stylish dan Fashionable!

Jujurly, memakai Z Flip4 selama sebulan lebih membuat kamu nggak cuma jadi tampil beda, tapi juga mudah digenggam, terutama saat keadaan terlipat.

Ketahanan

Nggak perlu takut melakukanmekanisme buka tutup layar lipat, secara Galaxy Z Flip4 5G udah diuji ketahanannnya di mana setelah 200.000 kali buka tutup, fungsi smartphone ini masih aman, tahan dan berfungsi dengan baik.

Denganpermukaan bodi berwarna matte, sementara bingkai Armor Aluminiumnya dibuat glossy. Jadinya membawa Galaxy Z Flip4 ke mana-mana itu bikin pengguna merasakan nyaman di level yang berbeda. Meskimasih ada gap antar bagian lipatan perangkat, tenang aja, nggak perlu khawatir, pasalnya smartphone ini sudah mengantongi sertifikasi IPX8, yang bikin perangkat tetap aman dari debu dan air sehingga pengguna bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan bebas, berlari sambil ngevlog, atau berenang sambil selfie juga bisa selama hp nggak kerendam lebih dari 30 menitan.

Nggak cuma gaya secara desain dan warna, fitur Galaxy Z Flip4 juga memberikan banyak kemudahan yang bisa didapat dengan perangkat yang layarnya bisa dilipat dan dibuka dalam sudut kemiringan sesuai keinginan.

Baca Juga: Suka Motret Malam Hari, Ini 3 Alasan Pakai Kamera Galaxy Z Flip4 Bikin Nightography Jadi Epic!

Flex mode adalah kunci sukses Galaxy Z Flip4 5G yang memungkinkan kamu melakukan banyak hal yang nggak bisa dilakukan oleh smartphone datar lainnya.

Serunya memakai ponsel yang bisa dilipat ini, kamu dapat mengatur kemiringan setengah 45⁰ atau dengan sudut sekitar 75⁰ - 115⁰. Untuk irulahy, Samsung menjuluki mode lipatan ini dengan Flex Mode.

Mode ini bisa dipakai untuk membuka dua aplikasi sekaligus (atas dan bawah), serta memotong tampilan satu aplikasi menjadi dua, di mana fungsi di tampilan bagian atas akan berbeda dengan tampilan bagian bawah yang akhirnya bisa membuat pengguna jadi multitasking.

Flex Mode juga memudahkan kamu untuk mengambil gambar secara mudah. Saat mengaktifkan mode ini, auto fitur FlexCam juga aktif sehingga bikin kamu bebas mengambil gambar foto atau video dengan berbagai angle, termasukhigh angleataueye level, tapi posisi tangan menjadi lebih natural dan effortless.

Mode ini juga bikin pengguna serasa pakai handycam saat merekam gambarnya. Atau menjadikan kamu lebih mandiri dalam mengambil gambar tanpa bantuan orang lain atau sandaran handphone alias hands free.

Merekam pakai Galaxy Z Flip4

Kamera

Semua kegiatan ini sesuai dengan tujuan dibikinnya Galaxy Z Flip4 5G, yakni #FlexEveryAngle. Apalagi, dengan bekal sensor kamera yangpunya dimensi lebih besar dan dibuat setara dengan Galaxy S21 Series. Siap-siap aja, kualitas foto atau video yang kamu ambil bakalan lebih cerah dan minim noise, terutama pada saat low-light sekalipun.

Masing-masing kamera Z Flip4 beresolusi 12MP, baik wide dan ultra wide-anglenya.Adapundi bagian layar utama, kamu udah puas selfie dengan sebuah kamera 10MP yang sejatinya cukup berkualitas.

Tapi, selama penulis menggunakan smartphone lipat ini, jujurly lagi jadi lebih sering selfie pakai kamera sensor utama, saking mudahnya mengakses kamera lewat Cover Screen dan quickshot di samping perangkat. Udah! Bisa diatur akses mode portrait, bahkan menampilkan rasio sesuai keinginan, biar nanti tinggal psoting aja di media sosial.

Angle 75⁰ di kamera Galaxy Z Flip 4

Nah, buat kamu yang suka bikin konten malam hari, dont worry be happy, kamera Z Flip4 juga udah mengalami peningkatan pada fitur Super Night Resolution, OIS & VDIS, yang bikin gambar terlihat lebih tajam, stabil dan jernih, walaupun dalam kondisi minim cahaya.

Juga fitur AI Stereo Depth pada Natural Portraits Galaxy Z Flip4 5G bakal memastikan pengguna dapat menangkap gambar dengan warna dan outline yang vivid dan tajam meski pada kondisi lighting yang tidak maksimal. Dengan performa prosesor Snapdragon 8+ Gen 1, Galaxy Z Flip 4 5G juga 30 persen lebih irit daya dan 10 persen lebih kencang saat digunakan untuk berburu konten.

Sudah hemat sevara performa ngonten, ternyata kelebihan Galaxy Z Flip4 juga bisa dilihat dari segi baterai-nya. Jika dibandingkan dengan seri Galaxy Z Flip3 yang baterainya cuma 3.300 mAh, maka seri teranyar inibaterainya sudah lebih besar yakni 3.700 mAh dan sudah mendukung pengisian cepat 25W.

Baterainya ini diklaim mampu mengisi daya dari nol hingga 50 persen hanya dalam waktu 30 menit, berkat dukungan teknologi Fast Wireless Charging 2.0 dan Wireless PowerSharem.

Layar

Udah gercep dapetin gambar dari kamera yang keren, pastinya layar pada Galaxy Z Flip4 5G sudah full HD+ berukuran 6,7 ​​inci Dynamic AMOLED 2X Infinity Flex Display, dan sudah mendukung teknologi refresh rate adaptif 120Hz dengan aspek rasio 22:9, yang bikin mata jadi puas juga melihat hasilnya.

Nah, ada yang menarik soal layar ini, yakni pada tampilanlayar sekunder atau cover screen yang berbahan Super AMOLED 1,9 inci ini, kamu bida juga melihat hasil gambar di layar dengan resolusi 260 x 512 piksel. Cukup membuat mata nyaman bukan?

Baca Juga: Frontal Abis! Samsung Sindir Apple dan Inovasi iPhone 14 di Twitter!

Belum lagi, Samsung juga melakukan berbagai peningkatan pada layar covernya yaitu memasang perangkat pelindung Gorilla Glass Victus+ yang bikin fungsi quick shot bisa semakin ciamik dilakukan.

Bukan cuma itu, fungsi cover screen juga diperbanyak dan mendukung fitur balas pesan dengan emoji atau kalimat singkat. Kemudian fitur Quick Settings juga lebih banyak seperti untuk mengatur WiFi, Bluetooth serta mendukung fitur biometrik Face Unlock di cover screen sebelum membuka penuh hapenya.

Dengan berbagai peningkatan fitur tadi, pastinya Galaxy Z Flip 4 jadi pilihan anak muda untuk segera memakainya.

Pokoknya sebelum 2022, hajar rasa takut kamu untuk segera mengganti smartphone lama, lipat rasa khawatir kamu dan mulai jadi lebih produktif, lebih keren dan lebih hebat bareng Galaxy Z Flip4 5G. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya