Terbebas Dari Kecanduan Smartphone Dalam 7 Hari

Senin, 25 Agustus 2014 | 10:21
Ega Hai

Terbebas Dari Kecanduan Smartphone Dalam 7 Hari

Selain makan, minum, tidur, sekarang ini kita paling nggak bisa lepas dari smartphone. Setuju? Harus diakuin kita hidup dalam "budaya menunduk" alias sibuk mantengin smartphone setiap waktu, kapan pun dan di mana pun. Dari mulai chatting sama temen-temen, browsing, email-emailan urusan kerjaan sampai berinteraksi di sosial media, cuma dalam satu genggaman smartphone kita aja.

Tapi hati-hati, kalau kamu nggak bisa dalam waktu 20 menit tanpa ngecek ponsel atau tidur dengan ponsel di bawah bantal, udah fix kalian kecanduan smartphone. Kecanduan smartphone kalau udah berlebihan bisa membuatk kita kurang produktif dan nggak sehat. Bahkan kata psikoterapis asal Inggris, Steve Pope, kecanduan smartphone ini sama dengan kokain atau narkoba jenis lainnya. Wow!

Tapi kecanduan ini bisa kalian kurangin kok, caranya dengan detoks. Detoks dari kecanduan smartphone ini kamu bisa lakuin selama 7 hari. Kalau tingkat ketergantungan kamu udah parah banget, kamu bisa melakukan secara berkala, misalnya sebulan atau dua bulan sekali.

Berani melakukan detoks smartphone? Simak nih langkah-langkahnya!

Senin:Unfollow orang-orang yang nggak bener-bener temen kamu. Unsubscribe email yang kamu nggak mau, dan hapusin semua aplikasi yang nggak pernah atau jarang lo pakai.

Selasa:Matiin semua notifikasi sosmed di smartphone kamu.

Rabu:Tinggalin ritual bangun tidur jangan langsung liat handphone. Caranya jauhin handphone dari tempat tidur kamu, misalnya di dalam tas atau di kantong celana jeans.

Kamis:Charger handphone di luar kamar tidur dan jangan lihat handphone sejam sebelum tidur. Ini bisa mengurangi kebiasaan scroll timeline atau ngecek handphone sebelum tidur, yang berujung kamu begadan dan telat bangun.

Baca Juga: Waktu Terpaku di Layar Smartphone

Jumat: Saat hangout sama temen-temen atau pacar, tinggalin handphone di rumah atau di laci mobil. Serahin diri dan pikiran lo buat orang-orang tersayang lah. Lo bakal bisa ngerasain quality time bareng mereka.

Sabtu:Satu hari tanpa posting apapun ke media sosial dan nggak jadi "silent reader" juga. Jadi seharian ini kamu bener-bener puasa sosial media.

Minggu: Matiin handphone kamu seharian.

Gimana? Berani detoks dari kecanduan smartphone?

Baca Juga:

Pasir Pantai Bikin Baterai Smartphone Lebih Hemat

5 Mitos Charging Smartphone yang Salah

Jam 9 Malam, Saatnya Matikan Smartphone!

Editor : Ega Hai

Baca Lainnya