Tandai 7 Tahun Eksistensi, Karat Merilis Single Terbaru, Manusia Baja!

Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:05
Karat

Komplotan metalcore asal Malang, Karat merilis single terbarunya 'Manusia Baja' yang menandai 7 tahun eksistensi mereka.

HAI-ONLINE.COM – Menandai 7 tahun eksistensi di industri musik, unit heavy metal asal Malang, Karat baru saja merilis lagu ‘Manusia Baja’ pada hari ini (17/8/2022).

Lagu ini didedikasikan Karat untuk seluruh kawan yang mendukung dan mengapresiasi karya-karya mereka juga untuk semua manusia dengan mental baja yang nggak lelah berjuang, berkorban dan bertahan dengan apa yang menjadi cita cita juga perjuangannya!

Diawali dengan intro speech yang menggetarkan, lagu ini kemudian disambung dengan fill drum yang menjadi jembatan menuju harmoni gitar yang epik dan glorious dari duo gitaris Gaguk Ponco Setioutomo dan Sonny Hadiyanto.

Lirik lagu ini dibuat oleh sang vokalis, Fais Oppa yang ingin menunjukkan kalau manusia sebenarnya lebih kuat dari yang mereka sadari.

Baca Juga: Rekomendasi Lagu Metal August Burns Red - Indonesia, Kisah Tragis Kawan yang Kecelakaan Pesawat di Papua!

“Lagu ini di dedikasikan untuk semua pendukung Karat (fans lah yah) ‘Manusia Baja’ secara filosofi, manusia kuat itu aja, sesimple itu, lagu ini lebih menceritakaan self confidence dan memotivasi orang lain untuk lebih sadar bahwa dirinya lebih kuat dari apa yang mereka sadari,” ujar Ega, gitaris Karat kepada HAI, Rabu (17/8/2022).

Terdengar lebih catchy, ‘Manusia Baja’ menawarkan riff gitar dan notasi yang lebih easy listening.

“Pada single dan album ini, pada umumnya kita ingin lebih memanjakan telinga banyak orang, dengan riff dan notasi yang easy listening seperti kita lagi menikmati juice anggur,” tukas Ega.

Baca Juga: HAI DEMOS : Mengantar Pesan Tentang Kematian, 'Menuju Keabadian' Catastrophia Berasa Kayak Lagi Dengerin Debut BMTH!

Sebagai pengaruh terbesar, unit metal kota Apel ini mengaku masih terinspirasi dari roots awal mereka yakni band-band New Wave of British Heavy Metal seperti Iron Maiden yang dijadikan pondasi utama band.

Masih dari daratan Eropa, Ega menambahkan kalo musiknya juga sangat terpengaruh dari band-band Swedish Melodic Death Metal seperti In Flames, At the Gates, dan unit Viking Metal, Amon Amarth!

‘Manusia Baja’ menandai seremonial Karat yang hari ini berusia 7 tahun bersamaan dengan HUT RI yang ke-77 pada 17 Agustus 2022. Lagu ini sekaligus akan menjadi single teaser dari album keempat Karat.

(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya