3 Rekomendasi Lagu Rock Klasik yang Tercipta Secara Nggak Sengaja dan Spontan!

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:10
loudersound

Rekomendasi lagu rock klasik yang tercipta secara nggak sengaja, termasuk Deftones

HAI-ONLINE.COM - Di ranah pop punk, Mark Hoppus pernah cerita bagaimana sebuah situasi nggak terduga bisa jadi sumber inspirasi dalam menciptakan riff pembuka pada single klasik blink-182 'What's My Age Again?'. Namun, di sini juga ada rekomendasi lagu rock klasik yang tercipta secara nggak sengaja dan spontan nih.

Ini merupakan "kecelakaan menyenangkan" yang kayaknya berguna bagi banyak band dan artis dengan sejarah rock yang dipenuhi dengan lagu-lagu besar yang lahir karena sebuah ketidaksengajaan itu.

Berikut HAI bakal kasih 3 rekomendasi lagu rock klasik yang tercipta secara nggak sengaja dan spontan.

Guns N’ Roses – Sweet Child O’ Mine

Baca Juga: 35 Tahun Album Debut Guns N' Roses, Ini 3 Fakta Dari Appetite for Destruction

Beberapa orang ngabisin seluruh hidupnya untuk nyoba nulis lagu yang sempurna. Tapi beberapa lagu kadang bisa ngelakuin itu karena hoki aja.

Itulah yang terjadi pada hit ikonik Guns N' Roses ini, saat riff pembuka yang unforgettable itu muncul dari Slash selama latihan string skipping pada musim panas 1986 di Hell House mereka yang berlokasi di Sunset Strip.

"Awalnya gue cuma lagi iseng nyoba-nyoba riff kecil yang konyol itu. Trus Axl bilang 'Pegang telepon itu! Itu luar biasa!'," kenang sang gitaris itu.

Dari sana lagu itu berkembang, meskipun awalnya personel band yang lain nggak peduli dengan hal itu. Namun, sejarah akhirnya membuktikan kalo Axl bener.

Sammy Hagar – I Can’t Drive 55

Lagu pembuka di album kedelapan Sammy Hagar, VOA, muncul ke sang vokalis waktu doi diberhentikan oleh polisi dalam perjalanannya di tengah malam.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Lagu Rock Twenty One Pilots yang Berpengaruh dan Berarti Bagi Mereka!

Dikutip dari Kerrang, cerita berlanjut kalo Sammy baru aja turun dari penerbangan setelah safari selama tiga bulan di Afrika, dan nyewa mobil sewaan di bandara untuk nyampe ke tempatnya di Albany, New York. Tapi tiba-tiba di perjalanan doi diberhentiin karena melakukan perjalanan sejauh 62 mil/jam, yang mana melanggar batas kecepatan di angka 55 mil/jam.

Semenatara polisi nulis surat tilang, Sammy yang kelelahan dan jet lag itu langsung aja ngambil pena untuk nulis.

"Gue bersumpah orang itu lagi nulis surat tilang dan gue lagi nulis lirik. Gue sampai di Lake Placid, gue punya set-up gitar di sana dan gue nulis lagu itu langsung di tempat. Burnt."

Deftones – Back To School (Mini Maggit)

Vokalis Chono Moreno sebenernya pernah bilang kalo lagu ini adalah kesalahan. Terkenal mencerca biar nggak keliru dan disamain sama kerumunan nu-metal pada saat itu, album ketiga Deftones, White Pony, merupakan upaya yang jauh lebih artistik dan ambisius, yang berusaha memisahkan band ini dari asosiasi itu untuk selamanya.

Namun, saat label pengen Deftones bikinin single yang cocok untuk dipasarkan, band ini memutuskan untuk "menunjukkan kepada mereka betapa mudahnya itu" dan menciptakan lagu yang luar biasa ini dalam waktu kurang dari setengah jam.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya