ITS Pamerkan Motor Listrik GESITS Generasi 2 dan Model Kereta Cepat Jakarta - Surabaya pada Harteknas Ke-27

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 16:05
Laman ITS

Prototipe GESITS Generasi 2 Mini e-Scooter (kiri) dan Medium e-Scooter (kanan) yang dipamerkan di Harteknas ke-27.

HAI-Online.com - Dalam pameran Karya Inovatif Creative Centre di Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-27, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui Direktorat Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) pamerkan 3 produk inovasinya.

Digelar di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Rabu (10/8/2022) lalu, ketiga produk inovasi yang dipamerkan yakni dua motor listrik dan satu model kereta cepat.

“Model 1:10 Kereta Cepat Indonesia rute Jakarta – Surabaya, serta motor listrik GESITS Generasi 2 seri Mini dan Medium menjadi produk unggulan terbaru ITS yang dipamerkan pada pameran ini,” jelas Direktur Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) ITS, Agus Muhamad Hatta ST MSi PhD.

Baca Juga: Alva One Diluncurkan di GIIAS 2022, Motor Listrik untuk Lifestyle Ini Punya 3 Mode Berkendara

Laman ITS

Rancangan Desain Eksterior dan Interior Kereta Cepat Indonesia Jakarta – Surabaya karya ITS yang dipamerkan di Harteknas ke-27.

Lebih lanjut, dosen Departemen Teknik Fisika tersebut menjelaskan bahwa Kereta Cepat Indonesia rute Jakarta – Surabaya merupakan kolaborasi hasil riset DIKST ITS dan PT INKA (Persero) melalui skema pendanaan RISPRO Komersial Kompetisi LPDP.

“Kerja sama ini telah berlangsung sejak 2019 hingga 2023 mendatang dengan beberapa lingkup riset,” tuturnya dikutip dari laman ITS, Sabtu (13/8/2022).

Lingkup riset tersebut di antaranya, desain mask of car, desain eksterior, desain envelope cabin dan interior, studi human factors engineering and ergonomics, pengujian aerodinamis, serta perancangan dan pengujian struktur car body.

Baca Juga: Tiga Mahasiswa ITS Racik Beton Geopolimer Ramah Lingkungan!

“Nantinya, riset ini akan menghasilkan prototipe desain eksterior dan interior car body, data analisa engineering CFD dan FEA, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan animasi 3D kereta cepat,” ungkapnya.

Lalu, Ketua tim GESITS Generasi 2, Dr Agus Windharto DEA menjelaskan, GESITS Generasi 2 adalah produk lainnya yang ditampilkan pada pameran kali ini.

Terdapat dua jenis GESITS yang dipamerkan, yaitu GESITS Mini dan Medium.

Laman ITS

Prototipe GESITS Generasi 2 Mini e-Scooter (kiri) dan Medium e-Scooter (kanan) yang dipamerkan di Harteknas ke-27.

“Produk ini adalah hasil kolaborasi riset antara DIKST ITS dengan PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) melalui skema pendanaan matching fund Kedaireka Kemendikbudristek pada 2021 lalu,” pungkasnya.

Nggak hanya Kereta Cepat, Motor Listrik Gesits juga ada lingkup risetnya.

Di antaranya adalah pengembangan desain untuk brand kendaraan listrik nasional GESITS Generasi 2, riset pasar dan analisis kompetitor, desain produk, studi human factors engineering and ergonomics, mechanical – electrical engineering design and analysis, pembuatan dua tipe prototipe produk seri mini dan medium e-Scooter, video animasi, model berskala 1:5, dan HKI.

Diketahui, Hakteknas yang diperingati setiap 10 Agustus ini merupakan momen untuk mengapresiasi karya anak bangsa dalam pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya