Mandi Air Hangat Pagi Malam tapi Nggak Merusak Sebasea di Kulit, Begini Caranya!

Selasa, 09 Agustus 2022 | 17:18
Pons

Mandi

HAI-Online.com- Mandi pagi dan malam menggunakan air hangat memang membuat tubuh nyaman, namun nggak sedikit dari kita kurang tepat dalam menyiapkan airnya.
Banyak yang masih keliru dalam melakukannya sehingga tanpa sadar kegiatan mandi air hangat ini malah mendatangkan kerusakan.
Menurutpakar kesehatan dr. Muhammad Berian Rachmanadi dari RSUD Bekasi, bisa saja dari mandi air hangat kulit wajah dan kepala misalnya menjadi kering, rusak dan kusam.
Baca Juga: Lawan Mitos Mandi Malam, Justeru Bikin Tidur Lebih Awal 10 Menitan tanpa Nonton Streaming atau Medsosan!
"Kulit kita ada yang namanya kelenjar sebasea, jaringan ini yang menghasilkan minyak ke kulit yang juga menjadi pelembab alami tubuh kita. Kalo rusak, atau mati maka timbul masalah kulit, diantaranya histamin yang membuat kulit jadi gatal," katanya saat ditemui HAI di acara peluncuran pemanas air Rheem XWell Series di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/8/2022).
Nah, agar kegiatan mandi air hangat ini mendatangkan sejumlah manfaat yang ideal bagi tubuh kita, dan terutama tidak merusak jaringan sebasea di kulit, perlu nih untuk melakukannya dengan cara yang tepat.
Dr. Berian menjelaskan, mandi air hangat perlu diperhatikan dari pengaturan suhu airnya.
"Suhu air hangat yang bermanfaat untuk tubuh itu suhunya adalah 37 sampai 38,3 derajat atau di bawah 40 derajat Celcius," jelasnya.
Masih menurut dr. Berian, mandi dengan air hangat pada dua waktu; baik pagi dan malam hari ternyata punya sejumlah manfaat berbeda.

Peluncuran Rheem XWell

Baca Juga: Kasus Pengeroyokan Adik Kelas di SMAN 70 Jakarta, Polisi Terbitkan Mantis sebagai DPO Siswa Tersangka !
Mandi air hangat di pagi hari misalnya akan menjadikan suhu tubuh kita yang tidur di suhu rendah, memakai AC atau karena lingkungan dingin misalnya akan dapat meningkat lebih awal.
"Kamu dapat memulai hari lebih awal karena pembuluh darah sudah lebih cepat melebar, peredaran darah juga lancar karena dibantu mandi air hangat tadi," katanya lagi.
Nggak cuma mampu melancarkan peredaran darah, mandi air hangat di pagi hari juga dapat mengobati sinus, meredakan batuk pilek dan melegakan area pernapasan.

Sementara, manfaat mandi air hangat pada malam hari, lanjut dr. Berian mengatakan, efeknya akan memberi manfaat untuk relaksasi, mengobati ketegangan selama beraktivitas, dan lagi-lagi memperlancar peredaran darah.
"Kulit yang terkena air hangat juga dapat memicu keluarnya hormon endorfin, yaitu zatkimia yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia pada sistem tubuh kita. Inilah mengapa kamu akan merasa lebih rileks setelah mandi air hangat, sehingga mandi air hangat merupakan salah satu solusi dalam mengurangi stres, danmembuat tidur seseorang jadi lebih berkualitas," ulasnya lagi.
Rutininas mandi air hangat ini rupanya dilakukan Agatha Suci, seorang influencer pegiat gaya hidup sehat. Katanya, dia kalo lagi tegang akan memilih waktu sendirime timeuntuk berendam di air hangat."Kalo mandishower,jujur, saya lebih suka memakai air dingin, tapi mandi berendam dengan air hangat itu rutin, karena kegiatan ini jadime timesaya di rumah terutama untuk mengelola stres. Mandi air hangat nggak cuma bikin saya merasa lebih rileks, tapi juga mampu membuat kualitas tidur saya jadi lebih baik," kata Agatha di acara yang sama.
Untungnya, di rumah Agatha memakai produk Rheem XWell Series yang diklaim memproduksi suhu air hangat yang konsisten.
"Sebelum pakai Rheem, air hangat yang kelaur dari pemanas itu harus dicoba-coba dulu, kalau dari Rheem ini suhunyaudah tidak berubah-ubah. Jadi terasa lebih nyaman," ujarnya.
DijelaskanDevid Suryawan, selaku Head of Retail PT Dewata Vulcanindo Suryajaya, produk Rheem XWell Series yang diluncurkannya ini memang didesain untuk memahami pentingnya menjaga kesehatan fisik dan mental para pengguna air hangat di rumah.
Dengan membawa kualitas prmanas air ala hotel berbintang, mandi air hangat di rumah kini jadi lebih mudah dilakukan dan hal itu juga akan membantu banyak orang untuk menjaga kesehatan dan meredakan stress dari kediaman.
Baca Juga: JakCloth Summer Fest 2022 Bakal Banyak Games, Tanding Paskibra dan Ada Hadiah Motor
"Kami menghadirkan pemanas air rumah tangga Rheem XWell Series yang dirancang dengan teknologi Diffuser RheemHot eksklusif, diffuser ini yang mampu menghasilkan air panas lebih banyak dan tahan lama sehingga level suhu air terjaga secara konstan," bebernya di acara yang sama.
Devid menjelaskan, suhu yang dijaga dalam inovasi diffuser RheemHot exclusive yang dimilikinya itu mampu menghasilkan suhu 75 derajat Celcius di tangki penyimpanan.
Air yang sudah panas itu diklaim tidak akan tercampur dengan air dingin di penyimpanan, sehingga air panas yang dihasilkan heater akan maksimal di suhu nyaman saat menyentuh kulit kita.
"Suhu yang dijaga memang 75 derajat Celcius di tangki, itu sebelum bercampur dengan air dingin yang nanti saat mandi sudah pas di suhu yang nyaman," katanya lagi.
Dengan dua tipe Rheem XWell yang diluncurkan, yaitu Cube dan Slim, penggunaan water heater di rumah akan dapat memenuhi kebutuhan mandi untuk dua orang.
"Rata-rata penggunaan air hangat untuk sekali mandi, yang ideal itu sekitar 15 liter air panas. Jadi nggak perlu khawatir kekurangan air panas selama mandi kurang lebih 30 menitan," katanya lagi.
Nah, buat kamu yang minat menyiapkan air hangat yang pas untuk mandi di rumah, kamu bisa menebus Rheem XWell Series di harga Rp 2,8 juta dampai 3,8 jutaan. Dan jika dipesan selama Agustus di Mitra10 maka kamu bakal dapat potongan harga promo plus gratis pemasangan. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya