Ngaku Fans Berat Sex Pistols? Simak 3 Fakta Tentang Band Punk Ini!

Jumat, 15 Juli 2022 | 10:05
Virgin Records

3 Fakta menarik tentang band punk Sex Pistols.

HAI-ONLINE.COM -Pengaruh band Sex Pistols pada skena punk memang sangat besar. Nggak cuma punk, musik Sex Pistols bahkan juga menjangkau pendengar musik rock dan metal.

Band ini juga dianggap penting dalam dunia musik sebagai perintis skena punk rock di Inggris.

Sex Pistols dibentuk di London pada tahun 1975. Awalnya band ini beranggotakan vokalis Johnny Rotten, gitarisSteve Jones, drummerPaul Cook, dan bassistGlen Matlock; yang kemudian digantikan Sid Vicious.

Nah sebagai fans berat Sex Pistols, lo harus tahu 3 fakta penting tentang band punk satu ini!

Baca Juga: Gitaris Sex Pistols, Steve Jones: Gue Bosen Dengerin Lagu Sex Pistols!

Hanya Punya Satu Album Studio

twitter/R3o2n9

Album Never Mind the Bollocks, Here's the Sex Pistols.

Siapa sangka nama besar band punk ini hanya berhasil merekam satu album studio berjudulNever Mind the Bollocks, Here's the Sex Pistols.

Album ini dirilis pada tahun 1977 di Virgin Records Inggris dan langsung meraih peringkat pertama pada Official Albums Chart.

Selang beberapa bulan setelah dirilis, album ini diproduksi dan dirilis di Amerika juga di bawah naungan Warner Bros. Untuk bagian cover album, terdapat perbedaan warna di mana di Inggris dirilis dengan warna kuning, sedangkan di Amerika dirilis dengan warna pink.

"Never Mind the Bollockskemudian mendapatkan platinum ganda di Inggris dan platinum di AS. Efekalbum ini sangat besar danbertahan lama pada musik rock," dikutip dari Loudwire.

Album ini juga dipuji oleh band-band besar seperti Gun N' Roses, Green Day, Nirvana, dan Oasis karena pengaruh dan daya tariknya.

Baca Juga: Duff McKagan Sebut Punk Bertanggung Jawab atas Keberadaan Guns N' Roses dan Metallica!

Aksi Panggung Liar

Aksi panggung Sex Pistols memang selalu membuat antusias yang tinggi dari para penggemarnya.

Band ini sering kali merekayasa kekacauan di atas panggung untuk meciptakan efek-efek nggak terduga.

Apalagi aksi panggung ini semakin liar ketika Sid Vicious bergabung dengan Sex Pistols di tahun 1977. Lucunya lagi, Sid bahkan hampir nggak bisa main alat musik sama sekali tapi tetep pede tampil tanpa baju!

"Johnny Rotten dan Sid Vicious pernah sama-sama ditinju wajahnya oleh para penggemar perempuan saat Sex Pistols tampil di Texas," tulis Open Culture.

Bahkan di panggung itu, Sex Pistols sampai dilempari kaleng bir, tomat, dan sampah.

Baca Juga: Dari Led Zeppelin hingga Sex Pistols, Ini 6 Band yang Mengubah Hidup Dave Grohl!

Pakaian Nyentrik

Loudwire

Gaya berpakaian personil Sex Pistols yang nyentrik.

Yang masih menjadi ciri khas dari Sex Pistols adalah gaya berpakaian Johnny Rotten cs. Tiap personil band punya gaya khas yang nyentrik satu sama lain.

Tentu saja Sex Pistols adalah band fashionable pada eranya. Hal ini memang sudah dirancang oleh sang manager, Malcolm McLaren.

Malcolm adalah seorang pemilik salah satu toko pakaian di London pada saat itu.

"Sebagian besar gaya Sex Pistols berasal dari Vivienne Westwood.Dia adalah perancang busana untuk butik SEX, toko yang dia miliki bersama McLaren. Inilah yang memberikan dasar estetika untukSex Pistols dan mendorong tampilan punk ke arus utama," tulis Loudwire.

Bahkan, gaya berpakaian yang sering dipakai personil Sex Pistols, kini jadi referensi beberapa musisi dunia seperti Machine Gun Kelly, Yunbglud, dan MOD SUN.

(Arlingga Hari Nugroho)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya