Tips Sehat Jelang Lebaran: Turunkan Berat Badan dengan 5 Serat dari Buah dan Sayuran Ini

Rabu, 27 April 2022 | 06:25

Sajikan buah delima di meja makan

HAI-Online.com- Kumpul-kumpul saat Lebaran atau Hari Raya, nggak lengkap kalo nggak ada makanan.

Yap, meski banyak kue-kue dan daging-dagingan, kamu boleh juga lho menyiapkan sajian makanan anti-mainstream yaitu buah berserat dan sayur-sayuran di meja makan sebagai penyeimbang.
Nah, mengkonsumsimakanan yang mengandung banyak serat menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam pola makan sejta serta saat menjalankan program diet menurunkan berat badan.
Seperti diketahui, serat adalah salah satu nutrisi yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung fungsi tubuh berjalan lancar.
Salah satu manfaat dari mengkonsumsi makanan banyak serat yaitu mampu melancarkan pencernaan.Nah, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, cukup banyak makanan yang mengandung banyak serat yang bisa menjadi pilihan.
Melansir dari Eat This, berikut beberapa daftar makanan yang mengandung banyak serat, di antaranya:
Delima
Buah delima termasuk salah satu makanan yang mengandung banyak serat.
Buah yang memiliki rasa manis dan segar ini juga mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat membantu menghilangkan lemak dalam tubuh.
Sehingga mengkonsumsi buah delima yang mengandung banyak serat, mampu mempercepat penurunan berat badan menjadi lebih efektif.
iStockphoto
fcafotodigital

Tips memasak praktis kacang merah

Kacang Merah
Makanan yang mengandung banyak serat selanjutnya adalah kacang merah. Pasalnya, kacang-kacangan merupakan makanan yang kaya akan serat.
Khususnya kacang merah, juga mengandung protein yang tinggi yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh.Alpukat
Alpukat dikenal sebagai buah yang mengandung lemak sehat. Namun, selain itu alpukat juga termasuk makanan yang mengandung banyak serat loh.
Mengkonsumsi alpukat mampu membuat kamu terasa kenyang lebih lama. Sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi pas jalani diet menurunkan berat badan.
Apel
Mengkonsumsi apel sangat baik untuk kesehatan. Pasalnya, apel mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk serat.
Selain mengandung banyak serat, apel juga mempunyai rasa yang enak serta dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan.
Brokoli
Makanan yang mengandung banyak serat selanjutnya adalah brokoli. Salah satu jenis sayuran hijau ini bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.
Selain itu, brokoli bisa diolah menjadi berbagai makanan yang enak untuk dikonsumsi. (*)Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "Diet Menurunkan Berat Badan? Coba 6 Makanan yang Mengandung Banyak Serat Ini"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya