5 Lagu Indonesia yang Cocok Diputar Pas Perjalanan Mudik Atau Balik!

Jumat, 29 April 2022 | 14:15
Kompas

Ilustrasi mudik

HAI-ONLINE.COM -Mudik atau pulang ke kampung halaman memang sudah jadi tradisi dan nggak bisa dipisahkan dari momen Lebaran.

Menempuh jalur laut, darat, atau udara, menyempatkan diri pulang sebentar ke rumah, berkumpul bersama keluarga sambil berbagi cerita nostalgia.

Nah sebelum lo itu, HAI akan kasih rekomendasi lagu yang cocok didengerin buat menemani perjalanan mudik lo!

Baca Juga: Mengonten Bareng Alshad Ahmad, Jerome Polin Dianggap Bikin Blunder

1. Padi - Perjalanan Ini

“Kutautkan hatiku, kuikrarkan janji, kubawa pulang diriku hanya untukmu. Kusanjungkan mimpi-mimpi hangati malam. Rindu ini membakar hatiku, ku akan kembali pulang...!”

Lagu ini menggambarkan perasaan nggak sabar untuk menemui seseorang tercinta yang sudah menunggu kepulangan.

Terdapat di album kedua Padi, Sesuatu yang Tertunda, Perjalanan Ini punya tempo yang ngebeat yang bikin semakin antusias untuk segera datang ke kampung halaman.

Baca Juga: 25 Tahun Menghibur yang Lelah Jiwanya, Dirgahayu Padi Reborn!

2. Ebiet G. Ade - Aku Ingin Pulang

Soal kualitas lirik dan lagu dari Ebiet G. Ade nggk usah ditanya lagi. Banyak menciptakan lagu yang menggmbarkan situasi kehidupan, Ebiet juga bikin lagu bertemakan kepulangan lewat rilisannya di tahun 1996, “Aku Ingin Pulang”.

Lagu ini mengungkapkan perasaan kerinduan yang lelah, sehingga muncul keinginan untuk bertemu sosok yang selama ini menjdi tempat beristirahat dan ‘berteduh’.

Sudah pasti lagu ini akan membuat suasana mudik lo jadi adem dan tenang.

Baca Juga: 5 Lagu Dewa 19 yang Dinyanyikan Ahmad Dhani, Mana Favorit Lo?

3. Bin Idris - Pulang Kampung

Dari judulnya saja kita sudah bisa mengerti lagu ini menceritakan apa. ‘Pulang Kampung’ diambil dari album Bin Idris yang bertajuk ‘Anjing Tua’ pada tahun 2018.

“Tidak ada satu tema besar yang diusung pada album ini, tapi saya membayangkan sebuah album yang enak didengar sambil melihat keluar jendela di dalam kendaraan yang menuju kampung halaman,” menurut Bin Idris dalam keterangan persnya.

4. Silampukau - Lagu Rantau (Sambat Omah)

Pada lagu ini jelas sekali keluh kesah para pengadu nasib di kota orang yang dirangkum Silampukau dalam ‘Lagu Rantau’. Lagu yang diambil dari album Dosa, Kota, dan Kenangan ini seakan-akan membawa kita pada dinamika kehidupan yang berkutat pada rutinitas dan ekonomi.

Dan segala kepenatan itu makin memicu keinginan dan kerinduan kita akan sebuah tempat untuk pulang.

5. Edane - Comin’ Down

Baca Juga: Lulusan SMK Ini Berhasil Raup Omzet Ratusan Juta Per Bulan Lewat Bisnis Photostory

“Maafkan anakmu, ku baru sempat pulang, ku terlalu sibuk taklukkan dunia. Namun tak kulupa nasihatmu untukku agar ku selalu be the best of the best!”

Comin’ Down menceritakan kerinduan seorang perantau kepada teman dan keluarganya terutama sang ibu yang ada di kampung halamannya di kota yang kecil.

Masuk dalam album ‘Edan’ tahun 2010, lagu ini juga menjelaskan bagaimana kisah masa kecil sang perantau yang bahagia di sederhana rumahnya dan penuh kasih sayang di lelap tidurnya, dan doa seorang ibu yang menjaganya dalam menjalani kerasnya kehidupan kota.

(*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya