Rayakan Hari Bumi, Ini 5 Fakta Project Laleilmanino Bersama Chicco Jericho, Sheila Dara dan HiVi!

Selasa, 19 April 2022 | 21:05
Dennie Ramon

Laleilmanino, Sheila Dara, HiVi!, Verena Puspawardani dan Christian Natalie

HAI-ONLINE.COM – Kegelisahan dari dampak perubahan iklim yang disaksikan oleh Trio Laleilmanino akhirnya dituangkan dalam single kolaborasi bertajuk ‘Dengar Alam Bernyanyi’.

Dalam single ini, Laleilmanino menggandeng Chicco Jerikho, HiVi! Dan Sheila Dara, serta melibatkan beberapa kalangan dalam mencari inspirasi, seperti Verena Puspawardani selaku Direktur Program Koaksi Indonesia dan Christian Natalie selaku Manager Program dari Hutan Itu Indonesia.

Nah, kali ini HAI bakal spill nih 5 fakta dibalik ‘Dengar Alam Bernyanyi’ buat lo!

Dilatar Belakangi Oleh Keresahan yang Sama

Semua yang terlibat dalam single kolaborasi ini (Laleilmanino, Chicco, HiVi! dan Sheila) sepakat bahwa bumi ini udah nggak sehat.

Banyak hal yang dirasakan kenapa kayaknya kita sebagai manusia ini udah seharusnya mulai melakukan tindakan pencegahan agar hal-hal buruk nggak terjadi di masa depan.

Baca Juga: Dere dan Tulus Ingin Masyarakat Lebih Sadar Pentingnya Menjaga Bumi

Chicco, HiVi!, dan Sheila sama-sama setuju dan merasa senang ketika mendapatkan tawaran untuk ikut dalam project Laleilmanino ini karena mereka merasa ini adalah hal yang sangat positif.

Alasan Laleilmanino Menggandeng Chicco, HiVi! dan Sheila

Nino mengungkapkan kalo mereka harus mengajak orang-orang yang punya suara kuat dalam project ini. Maka dari itu, Laleilmanino nggak cuma menggaet musisi saja.

Dennie Ramon

Laleilmanino

Mereka memilih Chicco karena melihat doi adalah sosok yang cukup kuat suaranya dalam melestarikan alam.

Hal ini bisa dilihat dari bagaimana Chicco aktif dalam berbagai kegiatan peduli lingkungan, seperti kerja sama yang sering doi lakukan dengan WWF Indonesia dalam kamoanye pelestarian satwa langka di Indonesia.

Untuk HiVi! sendiri karena memang satu circle, Laleilmanino tau banget sama kualitasnya HiVi! dan percaya banget kalo suara mereka bakal punya pengaruh yang kuat untuk single ini bisa sampai ke para pendengar.

Baca Juga: HIVI! bareng Gerald Situmorang, Ify Alyssa, dan Sri Hanuraga Kolaborasi Lagi, Kali Ini Bercerita Soal 'Right Person, Wrong Moment'

Laleilmanino juga memilih Sheila karena selain suaranya bagus Laleilmanino juga menilai Sheila punya suara yang kuat juga untuk me-influence orang.

Sheila sendiri ternyata juga punya kepedulian terhadap isu lingkungan. Cuma, Sheila emang tipikal yang nggak suka menyuarakan opininya secara terbuka di media sosial.

Hal ini yang memahami hanya Nino, karena Sheila sering banget merespon postingan Nino jika berkaitan dengan isu-isu lingkungan.

Proses Kreatif ‘Dengar Alam Bernyanyi’

Pertengahan Maret lalu, Laleilmanino jalan-jalan ke kawasan Hutan Wisata Situ Gunung, salah satu pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede – Pangrango.

Nah, di sini mereka mendapatkan pengalaman yang langka sebagai warga perkotaan.

Saat jalan-jalan ke hutan Laleilmanino bersama dengan Verena dan Christian untuk mendapatkan pengetahuan lebih dan inspirasi dalam pembuatan karya ini. Ilman mengakui kalo nggak butuh waktu lama bagi mereka dalam membuatnya.

“Kita langsung bikin on the spot, dan Nino langsung bikin lirik. Nggak lama kok. Proses rekaman yang lama” jelas Ilman saat konferensi pers.

Baca Juga: Terinspirasi Hutan Angker di Jepang, Gerbang Horor 'Dunia Mencekam' Masih Buka di Alam Sutera sampai 6 Maret 2022

Proses rekaman yang lama itu dikarenakan para kolaborator yang punya kesibukan masing-masing. Untuk take vokal sendiri, mereka harus melakukan di hari-hari terpisah, menyesuaikan dengan jadwal kosong Chicco, HiVi! dan Sheila.

Sebagian Royalti Lagu Akan Disumbangkan

Single kolaborasi ini bakal rilis di tanggal 22 April 2022 mendatang. Mungkin aja lo nantinya bisa dengerin lagu ini sesering mungkin, atau share ke temen-temen lo.

Karena Nino menjelaskan kalo sebagian royalti dari ‘Dengar Alam Bercerita’ bakal disumbangkan untuk konservasi dan restorasi hutan hujan tropis di Indonesia.

Buat lo yang peduli dan ingin berdonasi, lo bisa langsung ke https://bit.ly/donasihutan. Atau buat lo yang ingin ikut serta dalam menjaga hutan dengan cara-cara yang mudah, lo juga bisa langsung klik https://teamupforimpact.org .

Bangun Kesadaran Bersama

Christian mengatakan kalo dengan pendekatan pop culture kayak gini, Laleilmanino menggunakan keahlian mereka untuk membuat lirik dan lagu yang sesuai dengan gaya mereka dan sekaligus membangun awareness para pendengar.

“Koneksi seperti inilah yang ingin kami bangun. Lewat lagu, mereka bisa memanfaatkan jejaring mereka untuk bisa menyebarkan virus ini, minimal dari kapasitas mereka sendiri. Apalagi jika melibatkan banyak talent dari lingkaran mereka,” ujar Christian saat konferensi pers.

Baca Juga: Dere Resah Sama Kondisi Lingkungan Tertuang di Single Baru 'Rumah': Sudah Saatnya Peduli sih

Jadi, setiap orang itu bisa banget terlibat dalam usaha menjaga alam sesuai keahlian masing-masing. Dari hal kecil aja, kalo sering dilakukan dan banyak yang mengikuti bakal jadi bagus hasilnya.

“Saat menyanyikan lagu ini, gue jadi sadar banget kalo bumi memang membutuhkan kita untuk menjaga yang sudah dititipkan kepada kita. Sebenernya, kalo kita berusaha untuk menjaga, pada akhirnya itu semua juga buat kita. Gue jadi terinspirasi untuk ikut menjaga mulai dari hal-hal kecil yang bisa gue lakuin sendiri” kata Sheila.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya