Tips Dapet Job Khusus ‘Work From Home’, Begini Cara Cakep Bikin Lamaran Pekerjaannya!

Selasa, 12 April 2022 | 16:51
Dok. Samsung

Ilustrasi produktif saat WFH

HAI-Online.com – Dua tahun lebih berjalan dalam situasi pandemi Covid-19, telah banyak ih perusahaan yang memberlakukan sistem kerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Kini kebiasaan WFH semakin diminati para pekerja. Bukan lagi demi mencegah penyebaran virusnya saja, melainkan juga untuk efisiensi waktu, penghematan bahan bakar minyak dan tentu juga kepercayaan dan kontrol pekerjaan jarak jauh.

Nah, berdasarkan praktis ini, Kalibrr sebagai perusahaan teknologi yang merevolusikan proses rekrutmen perusahaan dan jasa employer branding, secara resmi juga mencatat peningkatan jumlah permintaan bekerja WFH lebih meningkat dibandingkan pekerjaan yang harus dilakukan di kantor atau Work From Office (WFO).

Baca Juga: Wirda Mansur Klarifikasi LinkedIn Palsunya, Ngaku Lulusan University of Oxford Ternyata Kursus di Yayasan

Meski banyak peminat WFH, belum banyak nih calon karyawan atau pekerja yang tahu ada jenis pekerjaan apa yang sudah siap dilakukan dalam jarak jauh lantas sudah banyak jugakah ketersediaan lapangan pekerjaan yang dibutuhkan untuk para pekerja dari rumah?

Menurut survei CareerBuilder, setidaknya ada 7 lowongan pekerjaan WFH yang saat ini dianggap lebih menarik minat pencari kerja dibandingkan dengan lowongan WFO, terlebih 50 persen pekerja mengaku bahwa akan mempertimbangkan pengunduran diri jika perusahaan tetap memaksa mereka untuk kembali bekerja dari kantor di tengah situasi pandemi yang belum usai.

Hal ini membuat para pekerja profesional akan lebih senang bekerja dengan cara serba online, termasuk juga para Fresh Graduate yang bakal menuntaskan pengalaman magang dan aktivitas lainnya dengan cara melalui jarak jauh.

Untuk sukses mendapatkan pengalaman bekerja secara remote atau WFH, tentunya para pelamar perlu mempersiapkan berbagai hal dengan matang, salah satunya perbaikan di Resume atau Curriculum Vitae (CV) yang diajukan ke perusahaan.

Untuk itu, setiap pelamar kerja pastinya harus menyesuaikan CV mereka dengan mempertimbangkan skill yang diajukan untuk mendapat lowongan kerja WFH.

Berikut adalah beberapa tips yang dibagikan Kalibrr dalam membuat CV demi meraih kesempatan di pekerjaan khusus WFH:

Baca Juga: Dari Gaming Sampai Bikin Konten Kreatif, Ini 5 Manfaat Galaxy Tab S8 Series 5G

1. Masukkan Resume Pengalaman Kerja WFH

Sudah merasakan rnaknya kerja dari rumah selama pandemi kemarin? Pastinya kesempatan itu jadi pengalan berharga.

Nah, jangan cuma mencantumkan lama bekerja, tapi pastikan untuk mencantumkan juga pengalaman bekerja jarak jauh secara remote kamu di CV.

Upaya ini bakal membantu recruiters mengetahui bahwa kamu adalah kandidat yang sesuai dan berpengalaman dalam menangani kompleksitas kerja WFH.

Hal ini juga berlaku pada fresh graduate. Mereka bisa mencantumkan pengalaman magang, kuliah ataupun seminar online kamu di poin pengalaman.

Baca Juga: Sampah Meningkat Selama Pandemi, Marine Debris Ranger kembali Bergerak di 2021: Jaga Lingkungan dan Kesehatan!

2. Sebut ‘Kerja Jarak Jauh’ di Bagian Lokasi Perusahaan Kamu Bekerja

Lakukan hal ini dengan menulis kalimat singkat ‘Kerja Jarak Jauh’ atau kerja ‘WFH’ di perusahaan tempat kamu pernah/ sedang bekerja.

Dengan begitu, recruiters akan mengetahui bahwa kamu memang bekerja di perusahaan tertentu dengan gaya kerja WFH. Ini juga akan memudahkan mereka untuk menyesuaikan jobdesk pekerjaan yang bakal kamu kerjakan apabila sudah diterima.

3. Deskripsikan Jobdesk Pekerjaan Kamu Selama WFH

Berikan penjelasan secara spesifik pekerjaan apa yang kamu lakukan saat bekerja jarak jauh.

Penggambaran tanggung jawab kerja yang jelas dan rinci akan memudahkan recruiters dan menjadi pertimbangan bahwa kamu memang dapat diandalkan dengan jobdesk yang dapat dilakukan remote atau saat WFH.

4. Masukkan Kerja Remote atau WFH ke Bagian Keahlian

Siapa bilang kerja WFH bukan sebuah skill? Faktanya, semua skill yang kamu miliki pastinya akan berbeda jika digunakan di tempat yang berbeda, seperti yang biasanya digunakan di kantor, tiba-tiba berubah menjadi di rumah.

Memasukkan kerja remote atau WFH ke bagian skill akan membantu recruiters mengetahui bahwa kamu dapat mengkondisikan dan mengubah kebiasaan pekerjaan berat walaupun di tempat yang berbeda.

Baca Juga: Industri e-Commerce Lahirkan Banyak Profesi Baru bagi Anak Muda Aktif, Kreatif dan Melek Digital, Skill Bikin Konten Live Streaming Salah Satunya!

Nah, setelah mengetahui tips untuk menyesuaikan CV dengan gaya kerja WFH, selanjutnya kamu dapat memilih perusahaan yang hendak dituju.

Dalam platform Kalibrr, kamu dapat mencari dan menemukan berbagai lowongan pekerjaan WFH yang cocok karena setiap harinya sistem di-update secara berkala, lengkap dengan fitur penyesuaian yang dapat dipersonalisasi.

Untuk memudahkan mencari lowongan pekerjaan yang tepat, gunakan juga fitur dengan tag WFH, sehingga kamu bisa menemukan pekerjaan yang relevan untuk khusus WFH saja.

Selamat mencoba. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya