5 Olahraga Ringan untuk yang Berpuasa tapi Bikin Tubuh Sehat, InshaAllah

Kamis, 07 April 2022 | 08:58
Pixnio

Bersepeda

HAI-ONLINE.COM – Puasa harusnya nggak jadi hambatan buat lo untuk tetap jalani rutinitas berolahraga.

Walaupun tubuh lo lagi lemas karena nggak makan seharian, HAI bakal kasih tau 5 olahraga ringan yang cocok untuk lo lakuin saat puasa.

Jalan kaki

Buat lo yang sekolah atau ngantor, boleh nih berangkatnya nggak usah naik kendaraan. Cukup dengan jalan kaki aja lo udah terhitung olahraga.

Baca Juga: Cuma 30 Menit Lakukan Jalan Kaki, Imun Tubuh Bakal Meningkat

Karena sebenernya jalan kaki punya banyak manfaat yang bagus buat tubuh. Lo bisa menjaga kebugaran jantung dan paru-paru, bisa nurunin risiko dari penyakit jantung dan stroke, memperkuat tulang, menstabilkan tubuh, juga berguna untuk mengurangi lemak di tubuh.

pixy.org

Ilustrasi berjalan kaki

Kalau lo ngerasa jalan kaki kemana-mana saat puasa itu too much, lo cukup jalan kaki di tempat aja juga udah cukup kok!

Yoga

Buat tim mageran yang males banget keluar rumah untuk olahraga, yoga adalah pilihan yang tepat buat lo!

Jenis olahraga ini udah dilakukan sejak zaman dulu banget, dan untuk mengikutinya sekarang pun lo nggak harus susah-susah untuk ikut kelasnya.

flickr

Ilustrasi Yoga

Zaman sekarang lo cukup cari video pelatihan yoga yang bertebaran banyak banget di internet. Lo bisa dengan mudahnya lho mengikuti sang instruktur dengan santai di depan layar komputer atau hp.

Nah untuk tingkatannya, baiknya lo pilih yoga dengan tingkat intensitas rendah aja ya! Contohnya kayak Sukhsana (meletakkan kedua tangan di lutut sambil duduk bersila), atau juga Tadasana (berdiri tegak sambil meletakkan kedua tangan di sisi badan).

Baca Juga: Cocok buat Mahasiswa Rantau Nih, 10 Tips Hemat ala Anak Kos!

Bersepeda

Ini adalah jenis olahraga yang menurut HAI cukup asyik untuk lo lakuin saat puasa gini.

piqsels

Bersepeda

Lo bisa bersepeda di waktu menuju berbuka, hitung-hitung ngabuburit lah. Nggak usah lama-lama, cukup 30 menit aja lo udah dapat banyak manfaat dari olahraga ini.

Baca Juga: Luncurkan Sepeda Lipat Seri C Line dan P Line, Brompton Kampanyekan Gaya Hidup Bahagia ala #KotaBrompton

Dengan bersepeda lo bisa meningkatkan kesehatan jantung, menungkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, mobilitas sendi, juga lo bisa meredakan stres Cuma dengan bersepeda.

Naik-turun Tangga

Kedengerannya sih spele banget ya? Tapi dengan lo naik-turun tangga saat puasa itu juga punya banyak manfaat sebenarnya.

Baca Juga: Kamu Masih Rutin Olahraga Lari? Jangan Skip 5 Nutrisi Penting untuk Pelari

Lo bisa membakar cukup kalori, meningkatkan kesehatan jantung, membantu lo juga dalam meningkatkan ketahanan tubuh dalam berolahraga.

Joging

Nah, untuk pilihan satu ini juga lo nggak usah jauh-jauh dari rumah juga cukup.

pxhere

Jogging

Joging atau lari pelan termasuk ke dalam olahraga ringan yang cocok lo lakukan saat puasa. Cukup di halaman rumah aja, nggak usah jauh-jauh.

Dengan joging sambil menunggu berbuka puasa, lo udah bisa meningkatkan kekuatan tulang, menguatkan otot dan menjaga berat badan tubuh.

Gimana kira-kira? Lo cukup kuat nggak untuk tetap berolahraga walau puasa gini dengan olahraga ringan yang HAI sebut tadi? (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya