Dune Berhasil Bawa Pulang Enam Piala Kemenangan di Oscar 2022

Senin, 28 Maret 2022 | 16:05
siaran pers

Dune

HAI-ONLINE.COM - Dune memanfaatkan kekuatan Oscar pada Minggu malam ini. Adaptasi sci-fi dari Legendary dan Warner Bros ini berhasil menyabet enam piala Oscar.

Keenam piala tersebut dalam kategori Best Original Score, Best Visual Effects, Best Cinematography, Best Production Design, Best Film Editing, dan Best Sound.

Sinematografer Graig Fraser memenangkan Oscar pertamanya sebagai reward dari tahun yang sibuk sekaligus membuatnya mengungkap karyanya di The Batman dan bersiap untuk memfilmkan Dune: Part Two.

Di belakang panggung, dia mengatakan kepada pers bahwa dia baru-baru ini membaca draf sekuelnya, yang akan dirilis tahun depan.

Baca Juga: Lagu Tema 007 Menang Oscar 2022, Billie Eilish dan Finneas O'Connell Persembahkan Piala Academy untuk Ortu Mereka

“Part Two adalah cerita yang lebih besar. Saya membaca naskahnya, dan saya lebih terpesona daripada Part One,” terang Fraser, dilansir dari comicbook, Minggu (27/3/2022).

Hans Zimmer tidak hadir pada acara semalam untuk mengumpulkan piala aslinya, tetapi kemenangannya menandai kembalinya kejayaan Oscar setelah kemenangan terakhirnya untuk The Lion King pada 1995 lalu.

Seperti yang diharapkan, Dune memenangkan Oscar untuk efek visualnya.

Baca Juga: Fix! Nggak Berhenti di ‘Dune: Part One’, Sekuelnya Bakal Hadir di Tahun 2023

Tim pemenang termasuk production VFX supervisor Paul Lambert, yang sebelumnya memenangkan Oscar untuk First Man dan Blade Runner 2049; special effects supervisor Gerd Nefzer, yang juga memenangkan Oscar untuk Blade Runner 2049; dan penerima Academy Award pertama Tristan Myles, VFX supervisor di studio VFX house DNEG's Vancouver, dan Brian Connor, VFS supervisor di DNEG Montreal.

Dalam sebuah langkah kontroversial, Oscar tahun ini menghadirkan delapan kategori satu jam sebelum siaran resmi, dengan pidato yang kemudian diedit ke dalam pertunjukan.

Dune membawa pulang beberapa piala selama jam pra-pertunjukan itu, dengan sutradara Denis Villeneuve dan bintang-bintang Timothée Chalamet dan Zendaya duduk di antara penonton untuk menonton film mereka membawa pulang Oscar pertama ini.

Oscar untuk suara terbaik jatuh ke tangan editor suara pengawas Dune Mark Mangini dan Theo Green, rerecording mixers Doug Hemphill dan Ron Bartlett, dan production sound mixer Mac Ruth.

Ini adalah Oscar kedua dan nominasi keenam untuk Mangini, yang sebelumnya menang untuk Mad Max: Fury Road; dan Oscar kedua dan nominasi kesepuluh untuk Hemphill, yang sebelumnya menang untuk The Last of the Mohicans.

Ini merupakan kemenangan pertama dan ketiga untuk Bartlett, kemenangan pertama dan kedua untuk Green, dan kemenangan pertama dan keempat untuk Ruth.

Di ruang pers, the sound team menyimpan sebagian besar pujian mereka untuk Villeneuve.

“Melakukan ini untuk Denis sangat menyentuh hati saya. Dia adalah manusia yang luar biasa dan salah satu pembuat film terbaik yang pernah bekerja dengan saya,” kata Bartlett.

Baca Juga: Review The Lost City: Rom-com Sandra Bullock Dengan Channing Tatum

Green mengakui bahwa dia "bingung ketika Denis tidak dinominasikan untuk penyutradaraan" dan "melihat kejuaraan yang dilakukan Dune malam ini membuat saya sangat bangga," ungkapnya.

Mangini mencatat bahwa Villeneuve memiliki pendekatan "berpikir ke depan" terhadap suara, yang melibatkan tim di awal proses pembuatan filmnya.

”Dia menyuruh kami merancang suara lebih awal, sehingga mereka dapat menginformasikan pengeditan dan efek visual. Kami jauh lebih proaktif,” ujar Mangini.

Editor Joe Walker juga memenangkan penghargaannya selama jam pra-pertunjukan, sembari memberi tahu penonton sebuah anekdot tentang putrinya.

“Di tangan pemain berusia 17 tahun yang terampil, kata-kata 'nominasi Oscar' dapat digunakan sebagai penghinaan. Di tengah perselisihan, putri saya pernah berkata kepada saya: 'Baiklah, semuanya baik-baik saja untuk kamu, Joe Walker yang dinominasikan Oscar.

"Jadi, terima kasih Academy untuk peningkatan ini — saya membutuhkan semua bantuan yang bisa saya dapatkan. Nell, Rose, Anoushka, aku mencintaimu dengan sepenuh hatiku!’ Terima kasih Mary Parent, Legendary, Warner, terima kasih kepada tim saya, terutama Denis : Merci du fond du coeur!,” kata Walker.

Patrice Vermette dan Zsuzsanna Sipos juga mendapat kehormatan untuk production design, dan juga akan kembali untuk Dune Part Two, bersama dengan Fraser, Walker, dan VFX dan kepala sound department.

Dune masuk ke malam dengan sepuluh nominasi, hanya kalah dalam best picture, makeup and hairstyling, costume design, dan adapted screenplay.

Film yang dibintangi oleh pemain papan atas termasuk Rebecca Ferguson, Oscar Isaac dan banyak lagi, tidak masuk ke malam dengan nominasi akting apa pun.

Dune dianggap sebagai film terbaik untuk film terbaik, tetapi dalam satu tahun yang didominasi oleh proyek dan layanan streaming yang lebih kecil, film Villeneuve mewakili hit box office terbesar dalam kategori itu.

Di tahun-tahun sebelumnya, film-film hits seperti Titanic, film Lord of the Rings, Avatar dan Mad Max: Fury Road dapat diandalkan untuk memberikan alasan kepada penonton untuk menonton Oscar.

Tapi satu tahun setelah siaran dengan rating terendah Oscar, Dune adalah satu-satunya nominasi film terbaik yang menjadi hit bonafide, dengan menghasilkan $400 juta secara global.

West Side Story, yang memiliki box office terbesar masuk dalam kategori tersebut, dengan meraup $75 juta secara global. (*)

(Tanya Audriatika)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya