Lawan Screen Time Kamu, Ini 10 Besar Provinsi yang Gemar Membaca di Indonesia 2022

Selasa, 08 Maret 2022 | 07:46
Unuverlist

Lawan Screen Time Kamu, Ini 10 Besar Provinsi yang Gemar Membaca di Indonesia 2022

HAI-Online.com- Menekuni bacaan di masa visual terkadang lebih sulit daripada menatap layar gawai (screen time) yang penuh dunia hiburan dan informasi.
Namun, bagi sebagian pembelajar lain, membaca dari buku dapat melawan paku yang menancap di kepala untuk screen time dan memperbaiki memori serta menyeimbang mental mereka.
Nah, baru-baru ini, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia di awal 2022
Dalam laporanbertajuk Tingkat Kegemaran Membaca Masyarakat dan Unsur Penyusunnya Menurut Provinsi 2021 itu,beberapa indikator digunakan untukmenentukan tingkat minat baca warga tiap provinsi.

Baca Juga: Merayakan Sikap Emosional di Tengah Kehilangan dan Keputusasaan via Lagu Terbaru Placebo 'Happy Birthday In The Sky'

Indikator-indikator itu adalah frekuensi membaca per minggu, durasi membaca per hari, banyaknya buku yang dibaca per triwulan, frekuensi akses internet per minggu, dan durasi akses internet per hari.

Laporan dari BPS tersebut membeberkan, Daerah IstimewaYogyakarta sebagai provinsi paling gemar membaca. DIY mendapatkan skor kegemaran tertinggi di Indonesia dengan nilai 70,55.

Frekuensi membaca masyarakat di Kota Gudeg itu lebih dari 6 jam per minggu dengan jumlah bacaan 5-6 per tiga bulan. Artinya hampir 1 jam sehari mereka menyempatkan membaca.

Nah, sementara posisi kedua diisi oleh Jawa Tengah dengan nilai 68,30. Posisi ketiga ditempati oleh Jawa Barat dengan nilai 65,34.

Menyusul warga di Kalimantan Timurada di posisi keempat dengan skorrajin membaca: 64,85. Mereka sukamembaca 5-6 jam per minggu dan menghabiskan5 buku per tiga bulannya.

Baca Juga: Gerak Yuk, Ini 5 Tips Peregangan Simpel yang Bisa Dilakuin Sambil Screen Time di Rumah

Di posisi kelima, ada warga Jawa Timur yang skor kegemaran membacanya sedikit tipis dari Kaltim yaitu64,20.

Selanjutnya secara berturut, ada Aceh, Sulawesi Selatan, NTT, Lampung dan DKI Jakarta. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya