Jonny Greenwood: Awal Gabung Radiohead, Gue Pura-Pura Jago Main Kibor

Kamis, 10 Februari 2022 | 15:02
Zach Klein/Wikimedia

Jonny Greenwood

HAI-Online.com - Jonny Greenwood mengaku kalo dirinya cuma berpura-pura bisa mainkibor saat pertama gabung dengan Radiohead.

Kabar ini dibocorkannya dalam wawancara terbaru bersama NPR di rubrik Fresh Air yang mendiskusikan perjalanan panjang dari karier Jonny Greenwood.

Selama ini publik mengenal sosok Jonny Greenwood sebagaimusisi berpengaruh yang bermain gitar dan keyboard bagi Radiohead, dan komposer yang banyak memenangkan penghargaan.

Pembicaraan ini diinisasi sesaat setela Greenwood berhasil dinominasikan kegelaran Academy Awardpada kategori Best Original Score untuk filmThe Power of the Doggarapan Jane Campion.

Baca Juga: Wayne Rooney Ngaku Pernah Sengaja Injek Kaki John Terry Sampai Alas Kaki Bolong, FA Turun Tangan

Selain itu, kepada host Terry Gross, Jonny Greenwood juga membeberkan fase awal kariernya bersama Radiohead.

"Sebelum gue bergabung, Thom Yorke udah punya pemain kibor yang menurutku kurang cocok karena dia memainkan kibornya dengan sangat kencang," ungkap Greenwood.

"Saatberkesempatan untuk ngejam bareng mereka [Radiohead], hal pertama yang kupastikanadalah kiborku harus dalam keadaan mati," tambahnya.

"Gue menghabiskan beberapa bulan untuk belajar main kibor bareng mereka, tapi mereka bahkan nggak nyadar kalo kiborku sebenarnya mati," kenang Greenwood di awal pertemuannya dengan Yorke dkk.

Yang dilakukan oleh Greenwood ini bukan tanpa alasan. Menurutnya, hal ini harus dilakukan karena menurutnya Radiohead membuat musik yang terlalu bising.

Bahkan menurut Greenwood, Thom Yorke sang frontman pun juga nggak pernah nyadar treatment yang dilakukan oleh Greenwood tersebut sebelum ini.

Baca Juga: Film The Power of the Dog yang Dibintangi Benedict Cumberbatch Borong Nominasi Oscar 2022

"Mereka berisik banget. Semua berisikan gitar dan distorsi. Selama beberapa minggu, gue pura-pura main kibor tanpa disadari oleh Thom [Yorke]," seloroh Greenwood.

"Selama itu, Thomsebenarnya sempatberkomentar, 'Gue nggak terlalu bisa mendengar suara kibormu, tapi isian lo ngasih tekstur yang menarik sih. Keliatan kok kalo lo emang bisa main beneran'," jelas Greenwood menirukan ucapan Thom Yorke saat itu, entah ngelawak apa beneran.

Tapi tenang, apa yang dilakukan oleh Jonny Greenwood ini cuma sebentar aja kok. Selepas itu, Jonny Greenwood benar-benar berlatih main kibor dan menjadi trademark yang bisa kita nikmati hingga sekarang.

"Selepas Thom berkomentar, gue langsung ngaku ke doi, 'Lo nggak nyadar kalo gue cuma pura-pura main kemarin," tegasnya. "Tapi setelah itu, gue langsung intens untuk belajar mainin kord kibor sebenarnya selama beberapa bulan."

"Baru kemudian, gue baru mulai berani untuk nyalain kiborku pas latian. Dan kurang lebih begitulah awal gue bergabung sama Radiohead," pungkasnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya