Dianggep Mirip Puisi Charles Bukowski Sama Netizen, Pamungkas Ganti Lirik & Rilis Ulang Lagu 'Birdy'

Rabu, 09 Februari 2022 | 12:35
Press Photo

Pamungkas

HAI-Online.com - Pamungkas baru saja merilis single terbarunya 'Birdy' padabeberapa pekanlalu dengan tanggapan yang - tentu saja - sangat ramai di khalayak umum.

Selain jumlah pendengar yang langsung melejit di digital streaming service, perilisan lagu 'Birdy' juga mengundang banyak kritik dari netizen. Wah, kok bisa?

Ternyata menurut beberapa pengkaji, lirik yang tertera pada lagu 'Birdy' ini dianggap mirip banget sama karya puisi tersohor milik Charles Bukowski yang berjudulThe Bluebird.

Pamungkas pun nggak tinggal "diam". Nggak lama setelah single barunya berhasil viral di media sosial berkat tudingan netizen, doi pun mengganti lirik lagu 'Birdy' yang dirilis ulang kemarin (08/02).

Baca Juga: Pamungkas Jadi Musisi Lokal Paling Banyak Didengar di Spotify Indonesia Dua Tahun Berturut-turut, 'To The Bone' Pun Lagu Paling Banyak Dinikmati!

Untuk konteksnya, sila terlebih dahuklu lihat dua gambar di bawah hasil unggahan akun Twitter @dikalasegalanya yang menampilkan lirik 'Birdy' milik Pamungkas danThe Bluebirdmilik mendiang Bukowski.

Beberapa pakar yang berkelindan dalam bidang ini pun berusaha untuk mengkaji apa yang sebenarnya dilakukan oleh Pamungkas.

Baca Juga: Pamungkas Diduga Nyomot Karya Desainer Luar Negeri, Netizen Lelah

Apakah ini cuma sebatas parafrase buruk? Atau Pamungkas memang sebegitu ngefans-nya sama Bukowski sampe bikin tribut di lagu 'Birdy'?

Pemerhati puisi tanah air Hamzah Muhammad bahkan sampe mengkritik habis Pamungkas yang dianggap meremehkan karya ikonik milik Bukowski tersebut.

"Problem Pamungkas bukan musikalitas, tapi mentalitas. Single terbaru 'Birdy'nggak menawarkan pembacaan ulang atas The BluebirdmilikCharles Bukowski. 'Birdy' adalah bentuk parafrase yang buruk," kritik Hamzah secara tegas sembari menampilkan bait asli dariThe Bluebird.

Baca Juga: Klarifikasi Pamungkas dan Minta Maaf Soal Comot Artwork di Cover Album Solipsism 0.2

"Ada semacam dorongan sensasi yang ketebak alurnya: Jiplak, klarifikasi minta maaf, beli rights," tambah Hamzah melengkapi argumennya.

Hasilnya? Well bisa ditebak, Pamungkas pun kedapatan langsung mengganti lirik lagu 'Birdy' yang kini sudah "agak" berbeda dengan karya The Bluebird milik Bukowski.

Pergantian ini masih bisa kalian lihat dengan sangat kentara di laman Spotify dan situs pencarian. Lirik pada lagu 'Birdy' yang tertera belumsempat tergantikan dengan yang baru. Cek di bawah:

Alhasil, Pamungkas pun seakan "bernyanyi sendirian" untuk lagu barunya tersebut. Tapi kini jika ditilik ulang, lirik lagu 'Birdy' udah diupdate dengan lirik baru yang digarap sendiri oleh Pamungkas.

Para pendengar setia Pamungkas pun sudah bisa menghapal ulang karya dari penyanyi paling banyak didengardi Spotify Indonesia ini.

Baca Juga: Lego Bangun Stadion Terbesar di Dunia, Gedenya Bakal Ngalahin 'Allianz Arena'

Well di setiap permasalahan, tentu ada hikmah yang dapat diambil bukan? Mengutip Edy Khemod, drummer Seringai, "Menghapus dan mengganti karya kini semudah menghapus dan menyunting unggahan di media sosial."

Daripada makin penasaran, dengar dulu nihupdate terbaru dari lagu 'Birdy' yang udah diganti liriknya oleh Pamungkas di bawah:

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya