Rekomendasi 7 Beasiswa Dalam Negeri buat Kalian yang Pengen Kuliah tapi Terkendala Ekonomi

Selasa, 18 Januari 2022 | 14:51
HAI

Ilustrasi perkuliahan

HAI-Online.com – Faktor ekonomi udah bukan lagi kendala bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Jika kalian cermat, ada banyak beasiswa yang menggratiskan biaya kuliah, bahkan hingga lulus.

Nah, buat kalian yang berencana buat untuk berkuliah pada tahun ajaran mendatang, pada 2022 ini ada beberapa beasiswa yang bisa jadi pertimbangan kalian.

Dari deretan beasiswa tersebut, beberapa beasiswa memberikan biaya pendidikan sebagian (beasiswa parsial), dan sebagian lainnya biaya pendidikan penuh (beasiswa penuh).

Buat referensi, simak nih rekomendasi beasiswa dalam negeri tahun 2022, dilansir dari laman Quipper Campus pada Selasa (18/1/2022).

Baca Juga: Pemerintah Rumania Buka Beasiswa S1-S3 Tahun 2022, Dapat Tunjangan Bulanan

  1. Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah)
Kartu Indonesia Pintar adalah pengganti Beasiswa Bidikmisi yang disediakan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Beasiswa ini diperuntukkan kepada calon mahasiswa yang nggak mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik yang sangat baik dan mendapat rekomendasi dari sekolah.

Beasiswa mencakup biaya kuliah, tunjangan buku, dan uang saku yang diberikan tiap semester. Mahasiswa D3 akan mendapatkan beasiswa selama 6 semester, sedangkan mahasiswa D4 dan S1 mendapatkan beasiswa selama 8 semester.

  1. Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek
Beasiswa Masyarakat Berprestasi merupakan salah satu dari lima macam beasiswa unggulan yang disediakan oleh Kemendikbud Ristek.

Manfaat yang didapatkan juga kurang lebih sama dengan beasiswa unggulan lainnya yakni biaya kuliah gratis plus uang saku tiap bulan.

Beasiswa ini diberikan bagi masyarakat Indonesia yang memiliki pencapaian prestasi di bidang akademik maupun non-akademik pada level nasional atau internasional.

Beasiswa juga diberikan kepada masyarakat Indonesia yang menjalankan aktivitas yang berkontribusi kepada daya saing bangsa.

Untuk mendaftar beasiswa ini, kamu wajib membuat esai yang topiknya telah ditentukan oleh panitia penyelenggara.

Baca Juga: Ingin Kuliah di Amerika Serikat? Ikuti Beasiswa University of Kansas untuk Jenjang S1 2022

  1. Beasiswa LPDP
Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi.

Beasiswa kerja sama antara Kemenkeu dan Kemendikbud Ristek ini terbuka bagi siswa yang akan melanjutkan jenjang S1, S2, hingga S3.

Uang saku yang ditawarkan sekitar Rp 118-320 juta per tahun dan menanggung biaya pendidikan, asuransi, transportasi, tunjangan keluarga (untuk S3) dan lainnya.

  1. Beasiswa APERTI BUMN
Beasiswa APERTI BUMN adalah beasiswa yang disediakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara untuk siswa-siswi lulusan SMA/SMK di seluruh Indonesia yang berminat kuliah di salah satu perguruan tinggi di bawah APERTI BUMN.

Penerima beasiswa terpilih akan mendapatkan beasiswa penuh 100% selama menempuh masa studi.

Ada 9 perguruan tinggi yang bernaung di bawah APERTI BUMN, yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI) Institute, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Universitas Pertamina, Telkom University (Tel-U), Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), Institut Teknologi PLN (IT PLN), Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS), Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), dan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG).

  1. Tanoto Foundation
Setiap tahun, Tanoto Foundation rutin membuat pendaftaran Beasiswa Teladan untuk mahasiswa S1 reguler semester pertama di salah satu perguruan tinggi mitra.

Melalui beasiswa ini, Tanoto Foundation memberikan dukungan pengembangan kepemimpinan berjenjang dan terstruktur, kesempatan pengembangan diri hingga tingkat global, pengabdian masyarakat, berbagai sarana kolaborasi dan jejaring, disertai dengan dukungan biaya kuliah dan tunjangan biaya hidup.

Mahasiswa semester pertama yang memiliki prestasi di berbagai bidang, pengalaman organisasi, serta menunjukkan potensi kepemimpinan yang berintegritas disarankan mendaftarkan diri pada program Teladan.

Selain bantuan berupa biaya kuliah dan biaya hidup, peserta beasiswa juga mendapatkan support untuk menyelenggarakan Aksi Sobat Bumi serta training peningkatan kapasitas secara reguler.

Baca Juga: 14 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS, Mulai dari HI sampai Psikologi

  1. Quipper Scholarship Award
Quipper Scholarship Award adalah ajang kompetisi tahunan yang terbuka kepada siswa-siswi se-Indonesia untuk memperebutkan kuota beasiswa dari berbagai perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia dengan total nilai miliaran rupiah.

Jenis beasiswa yang tersedia ada bermacam-macam, mulai dari beasiswa penuh hingga beasiswa parsial.

Pada tahun ini, beberapa kampus swasta yang akan membagikan beasiswa melalui ajang QSA antara lain:

  • Telkom University
  • Kalbis Institute
  • Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP)
  • Institut Teknologi PLN (IT PLN)
  • Universitas Paramadina
  • Universitas Kristen Maranatha
  • Indonesia Banking School
  • Universitas Tarumanegara
  • PPM School of Management
  • Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP)
Periode pendaftarannya tengah berlangsung, dan dibuka sampai dengan 18 Maret 2022.

  1. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi
Beasiswa Pertamina Sobat Bumi diberikan kepada mahasiswa kurang mampu yang sedang menempuh pendidikan S1, tetapi memiliki kemampuan akademik yang baik dan memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi yang berada di Indonesia Barat dan Indonesia Tengah.

Sementara untuk mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi yang berada di Indonesia Timur, Pertamina menyediakan Beasiswa Pertamina Inspirasi Indonesia Timur.

Besaran bantuan biaya kuliah yang diberikan lewat beasiswa ini yaitu maksimal Rp 5 juta per semester dan bantuan biaya hidup sebesar Rp 500.000 per bulan.

Jadi itulah 7 beasiswa dalam negeri yang bisa kalian jadiin referensi agar cita-cita kalian buat kuliah bisa tercapai. (*)

Baca Juga: Lazada Buka Beasiswa 2022 untuk Mahasiswa, Cek Nih Persyaratannya

Editor : Al Sobry

Sumber : Quipper Campus

Baca Lainnya