Ini Penjelasan Ahmad Dhani soal Makna Mendalam Lagu 'Bukan Cinta Manusia Biasa' Dewa 19

Selasa, 28 Desember 2021 | 20:00
HAI/Fariz

Ahmad Dhani

HAI-Online.com – Meski lagu 'Bukan Cinta Manusia Biasa' nggak terlalu laku di pasaran, Ahmad Dhani mengaku tetap bangga atas karyanya tersebut.

Pasalnya sebagai musisi, ia merasalagu ini benar-benar berbeda dari lagu kebanyakan, bahkan dari seluruh dunia. Ia memiliki alasannya sendiri untuk pernyataan yang ia lontarkan itu.

"Memang sebenernya notasi lagu itu ya, dari kutetap… Am, F lalu ke Bm, ke E dan Am lagi itu di dunia nggak ada yang kayak gitu. Boleh cek toko sebelah, deh,” ujarnya, mengutip channel YouTube Hanin Dhiya, Selasa (28/12/2021).

Karenanya,ia nggak punya alasan buat nggak bangga atas lagu tersebut, meski bisa dibilang gagal di pasaran.

"Jadi aku cukup agak bangga dengan lagu itu karena itu dari depannya aja udah unik untuk dunia composing, apalagi setelah itu, kan," jelas dia.

Baca Juga: Inilah Prestasi yang Diraih Masa Remaja Ahmad Dhani Usia SMA Bersama Downbeat

Ia menambahkan, "Jadi lagu itu memang semacam, ya gimana ya namanya musisi kan mau memamerkan karya, karya terbaiknya."

"Itu memang saya sebagai composer, arranger, produser, pemain piano juga—itu juga mau memamerkan karya.Jadi ya itu hasilnya ya Bukan Cinta Manusia Biasa," sambungnya.

Selain itu, Dhani juga menganggap 'Bukan Cinta Manusia Biasa' memiliki makna yang mendalam, yakni tentang cinta yang benar-benar sejati.

Ia menganalogikan lirik lagu tersebut seperti seorangorangtua yang memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya tanpa mengharap pamrih.

"Misal aku mencintai anak, ya seperti itu. Mereka melupakan aku sebagai ayahnya, aku nggak bakal marah," ujarnya.

Dhani mengatakan, walau nggak mudah, ia selalu memposisikan diri seperti itu kepada anak-anaknya.

“Jadi anakku nggak akan jadi anak yang durhaka. Karena memang cinta yang saya berikan itu harus saya berikan. Saya tidak menuntut balasan.

Baca Juga: Lagunya Nggak Laku plus Ditinggal Once, Ahmad Dhani Bilang Dewa 19 Udah Kalah Saing sama Kangen Band

“Nggak gampang. Ya namanya juga bukan cinta manusia biasa,"imbuh dia.

Sayangnya, hal semacam ini masih belum banyakditerapkan oleh orangtua kebanyakan, menurut Dhani.Menurut pendapatnya, sebagian besar orangtua di luar sana masih mengharap balas jasa dari anak-anaknya setelah mereka dewasa.

“Jadi jangan sampai ketika anak menyakiti, terus ayahnya jadi ikut sakit terus malah ‘Emang dasar anak durhaka’. Biasanya rata-rata orangtua seperti itu,"ujarmusisi 49 tahun ini.

Namun hal itu tampaknyanggak berlaku buat Dhani, setidaknya menurut dirinya sendiri.

“Tapi bukan saya. Karena memang bukan manusia biasa, sih," bebernya.

“Bukan Cinta Manusia Biasa, dikarang oleh bukan manusia biasa. Diaransemen oleh bukan manusia biasa,” ujarnya sambil tertawa.

(*)

Baca Juga: Bukan Cuma Sekedar Hobi, Andra Beberin Alasan Ingin Jadi Gitaris: Pengen Dilihat Cewek

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya