Apa Itu Sih Delmicron? Varian yang Disebut Gabungan Delta dan Omicron

Minggu, 26 Desember 2021 | 11:41

WHO berikan tips supaya terhindar dari paparan varian Omicron.

HAI-Online.com –Sementaraorang-orangmasih waspada terhadap varian Omicron, udah muncul istilah baru bernama Delmicron.

Apa sih Delmicron itu?Dilansir dariDeccan Herald,Delmicron sebenarnya bukanlah varian baru dari virus corona seperti Alpha, Beta, dan lainnya.

Namun Delmicronadalah kombinasi dari dua strain yang ada, yakni varian Delta dan Omicron. Delmicron adalah varian ganda dari Covid-19 yang menyebar dengan cepat di AS dan Eropa.

Mengutip laporan anggota gugus tugas Covid-19 Maharashtra India Dr Shashank Joshi, Delmicron telah menyebabkan lonjakan kasus atau tsunami kecil di seluruh AS dan Eropa.

Melansir laporanTimes of India, Jumat (24/12/2021), karena Delmicron merupakan gabungan dari Delta dan Omicron,varian inidianggap sangat menular dan dapat menyebabkan gejala yang parah.

Meski begitu, masihdiperlukan lebih banyak penelitian untuk mendapatkan pengetahuan terperinci tentang sifatnya.

Baca Juga: Bill Gates Yakin Pandemi Covid-19 Bakal Berakhir di Tahun 2022

Gejala umum Delmicron

Sebagai kombinasi Delta dan Omicron, infeksi Delmicron cenderung menunjukkan gejala yang kurang lebih sama dengan varian induknya.

Gejala-gejala umumnya mencakup:

  1. Suhu tinggi
  2. Batuk terus-menerus
  3. Kehilangan atau perubahan pada indra penciuman atau perasa
  4. Sakit kepala
  5. Pilek
  6. Sakit tenggorokan
Varian Delta mendominasi dari pertengahan April hingga pertengahan Juni dan terutama bertanggung jawab atas gelombang kedua virus corona yang merenggut jutaan nyawa di seluruh dunia.

Strain virus ini menyebabkan gejala yang parah dan bahkan risiko rawat inap lebih besar.

Selain itu, ketegangan pasca infeksi juga dapat menyebabkan gejala jangka panjang seperti kabut otak, nyeri otot, dan rambut rontok.

Sementara itu varian Omicron, diyakini menyebabkan gejala yang lebih ringan. Meski cukup menular, namun nggak menimbulkan gejala yang parah dan risiko rawat inap lebih rendah.

Namun, para ahli percaya bahwa varian Omicron dapat melampaui kekebalan yang diberikan oleh infeksi dan vaksinasi alami.

Gejala awal infeksi Omicron diantaranya sakit tenggorokan, sakit kepala dan kelelahan. Kehilangan bau dan rasa nggak dilaporkan dalam kasus omicron.

Baca Juga: Omicron Datang Justru 4000 Orang Pergi ke Luar Negeri Setiap Harinya, Pemerintah RI: Tunda Dulu Liburannya

Masih menunggupenjelasan WHO

Dilansir dariIndia Today, Jumat (24/12/2021), meski telah mulai dibicarakan, Delmicron belum dijelaskan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maupun Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC).

Keduanya belum mengatakan apa-apa seputar klaim varian baru yang disebut Delmicron. Istilah tersebut muncul setelah dilaporkan oleh Dr Shashank Joshi.

Jadi, ini bukan varian baru dari novel coronavirus tetapi pada dasarnya adalah situasi di mana varian Delta dan Omicron ditemukan hadir pada pasien Covid-19 yang sama atau menyebar dengan cepat di wilayah yang sama.

Untuk meresmikan sebuah nama varian novel coronavirus, badan kesehatan global PBB mengidentifikasi kemudian memberinya label atau nama.

Nama-nama tersebut dipilih setelah konsultasi yang luas dan tinjauan dari banyak sistem penamaan potensial. WHO memberikan label untuk varian yang ditetapkan sebagai Variants of Interest atau Variants of Concern.

Perlu disebutkan bahwa meskipun WHO menetapkan nama-nama ini, WHO juga tetap menggunakan nama ilmiah. Varian Omicron secara ilmiah dijuluki B.1.1.529. (*)

Baca Juga: Inilah 5 Tips Mudah Mencegah Kanker Prostat yang Cowok Wajib Tahu

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Itu Delmicron yang Disebut Gabungan Varian Delta dan Omicron?"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya