Dikenal Kontroversial, Ahmad Dhani Ngaku Udah ‘Rebel’ sejak Bocah

Kamis, 16 Desember 2021 | 16:05
Tangkapan layar Hanin Dhiya/YouTube

Ahmad Dhani.

HAI-Online.com – Selain karena bakat bermusiknya, Ahmad Dhani dikenal sebagai sosok yang cukup kontroversial. Nggak terhitung berapa statement dan tindakannya yang akhirnya jadi berujung masalah.

Sifatnggak mau diaturini ternyata udah melekat pada diri musisi 49 tahun ini sejak masih bocah. Salah satunya contohnya adalah saat dirinya diminta sang ayah untuk mengikuti les piano.

"Ketika disuruh les piano akhirnya saya nggak bisa les karena emang saya rebel aja," ujar frontman Dewa 19 ini pada tahun lalu, mengutip channel YouTube Helmy Yahya Bicara.

Keengganannya untuk konsisten les piano itu pun membuatnya memutuskan belajar musik secara otodidak.

Baca Juga: Udah Temenan Sejak SMP, Inilah yang Andra Nggak Suka dari Ahmad Dhani

Selain soal les piano, Dhani juga menyebutkan contoh lain sifat rebel-nya, yakni soal nama panggungnya sendiri.

Nggak seperti abangnya, Dadang S. Manaf, Dhani justru enggan menyematkan nama belakang ayahnya, Eddy Abdul Manaf sebagai nama panggungnya.

Ia justru lebih memilih dipanggil sebagai Ahmad Dhani Prasetyo (ADP) atau Ahmad Dhani aja. Ia punya alasan tersendiri soal nama panggung ia usung selama ini.

Dhani menjelaskan alasannya bersikeras nggak menggunakan nama belakang ayahnya karena dirinya adalah sosok yang rebel atau pemberontak.

"Karena saya rebel,” ujar Ahmad Dhani.

Baca Juga: Komentari Musisi Idola Anak Muda Saat Ini, Ahmad Dhani: Billie Eilish Itu Nggak 'Genuine'

Padahal, ayahnya kerap mengompori anak keduanya menggunakan nama belakangnya agar sukses seperti sang kakak yang udah lebih dulu sukses sebagai musisi dan komposer lagu.

"Ayah saya itu selalu bilang, 'makanya Dadang S Manaf itu sukses karena pakai nama papa'. Saya rebel, nggak pake nama papa," ungkapnya.

Dalam kesempatan lain, Ahmad Dhani mengungkapkan bahwa cita-citanya sebagai musisi pun pernah nggak disetujui orangtuanya. Namunlagi lagi karena sifatnya yang memang cenderung keras kepala, ia berhasil meyakinkan kedua orangtuanya.

“Ngikutin pengalaman hidupku. Aku dulu juga nggak disetujuin di musik. Tidak legowo lah orangtuaku," ujar Ahmad Dhani dalam vlognya di channel YouTubeVideoLegend.

Dhani yang sejak belia memang punya passion di bidang musik mengungkapkan dulunya pun nggak mendapat dukunganpenuh dari ayahnya.

“Orangtuaku itu tidak men-support. Papaku sih, kalo mamaku bebas," ujarnya.

Namun pentolan Dewa 19 tersebut nggak menyerah atas pilihannya untuk menjadi seorang musisi. Satu hal yang ia tekankan adalah mesti yakin dulu atas pilihan yang ia ambil saat itu.

“Aku sih nekat. Kalo emang itu jalan hidupku, aku harus yakin dengan jalan itu. Aku nekat aja,"tegasnya. (*)

Baca Juga: Cerita Lagu 'Kirana' Dewa 19 yang Harus Direkam Ulang, Ahmad Dhani: Awalnya Nggak Enak

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya