Mager dan 5 Kebiasaan Kecil Yang Ternyata Picu Penuaan Dini, Kok Bisa?

Jumat, 03 Desember 2021 | 13:05

Ilustrasi pemalas

HAI-Online.com - Penuaan dini bisa terjadi ke siapa aja, terlebih ke mereka yang melakukan kebiasaan yang nggak sehat. Misalnya seperti mengkonsumsi gula terlalu sering, merokok, meminum alkohol, stres dan marah-marah.

Semua itu jelas bakal menyebabkan penuaan dini di diri lo.

Tapi jangan salah, beberapa kegiatan yangdirasa nggak ada bahayanya sama sekali, ternyata menimbulkan risiko penuaan dini, lho.

Salah satunya, yang tentunya sering siapapun lakuin, yakni leha-leha alias males gerak (mager).

Mengutip Kompas.com, berikut mager beserta 5 kebiasaan kecil lain yang menyebabkan penuaan dini.

1. Menggigit Kuku

Michael Hirt, Board Certified Nutrition dari Harvard University, mengatakan, memasukan jari ke mulut dapat menjadi jalan masuk bagi berbagai virus, apalagi di masa pandemi seperti ini.

Perlu diingat, mulut manusia juga dipenuhi dengan bakteri berbahaya, dan menggigit ujung jari juga dapat menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya.

Pasalnya, organisme akan masuk ke dalam tubuh. Jadi jika masih melakukannya, pakailah sarung tangan katun sesering mungkin untuk mengingatkan diri sendiri agar menghentikan kebiasaan buruk ini.

2. Mager alias leha-leha di sofa

Dr. Hirt juga berpendapat, kebiasaan "mager", dengan berleha-leha di sofa atau kasur dapat memperpendek usia. "Manusia diciptakan untuk bergerak, sama seperti mobil. Jika kita tidak cukup menjalankan mobil, aki akan mati dan bagian-bagiannya mulai berkarat."

"Sama halnya dengan manusia. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa melakukan 7.000 langkah setiap hari mengurangi risiko meninggal akibat penyakit apa pun."

"Termasuk antara lain, serangan jantung, stroke, dan kanker," kata Hirt. Covid-19 atau pun udara dingin mungkin menghalangi cara kita berolahraga. Namun, mendapatkan 7.000 langkah per harinya bisa didapatkan dengan cara yang lebih menyenangkan.

Misalnya dengan berjalan-jalan ke mal atau berjalan kaki di sekitar rumah sambil mendengarkan musik atau podcast favorit. Pasti tak akan terasa lelah kan?

3. Arah tidur

Menurut Osman, jika kita tidur tengkurap atau mengarah ke samping bisa membuat kulit terlipat dan tertekan. Keadaan ini memicu kerutan yang biasa terjadi di sekitar dahi dan ujung hidung.

Memang bagi kulit muda, kerutan itu akan menghilang sendirinya, namun jika terus menerus menekan wajah melawan bantal, garis itu dapat menjadi permanen.

Baca Juga: Nggak Cuma Manusia, Monyet Salju di Jepang Ini Ternyata Juga Hobi Mancing!

4. Cara mencuci muka yang salah

Seven Yu, Chief Beauty and Creative Office di Glam Set Go mengatakan, kita sebaiknya menghindari penggunaan air yang terlalu panas untuk mencuci wajah dan leher.

Pasalnya, ini menghilangkan kelembapan dan minyak dari kulit, membuatnya kurang kenyal dan dapat menyebabkan lebih banyak kerutan dalam jangka panjang.

Lebih baik, gunakan air hangat. Sementara itu, Sonali Chaturvedi, Pendiri dan CEO ShikSona Beauty and Glam Set Go menambahkan, membersihkan muka dari makeup setiap hari.

Lalu, menggunakan toner dan pelembap sangat penting untuk membuat kulit tampil muda.

5. Screen time berlebih

Alexis Parcells, ahli bedah plastik bersertifikat dan pendiri klinik perawatan kulit dan anti-penuaan Sunnie, mengungkap pendapatnya.

Menurut dia melihat ponsel, tablet, atau komputer untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kerutan dini yang tidak wajar, terutama di sekitar leher.

Selain itu, berkonsentrasi juga dapat menghasilkan ekspresi kerutan yang juga dapat menambah garis dini seiring waktu.

Jadi, sebaiknya, letakkan gawai sejajar dengan mata saat menggunakannya. Lalu, sering-seringlah beristirahat dan hindari perangkat elektronik jika memungkinkan.

Jika butuh pengingat, tempatkan cermin di sebelah komputer untuk mengingatkan agar kita mengubah postur dan ekspresi.

Baca Juga: Varian Omicron Jadi Sorotan Dunia, Inilah 5 Hal yang Perlu Diketahui

6. Minum pake sedotan

Parcells menyatakan, gerakan wajah yang berulang, seperti mengerucutkan bibir untuk minum dari botol air, dapat menyebabkan garis dalam di sekitar mulut, begitu pula sedotan.

Jadi, lebih baik minumlah dari gelas atau cangkir dengan mulut yang lebih lebar. (*)

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "10 Kebiasaan Buruk yang Picu Penuaan Dini"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya