Kesadaran Masyarakat akan Asuransi Meningkat, Allianz Indonesia Aktif Berikan Edukasi

Selasa, 09 November 2021 | 09:05
Dok . Allianz Indonesia

Media Workshop dengan tajuk 'Life & Health Insurance 101' yang diselenggarakan secara virtual oleh Allianz Life Indonesia (08/11) untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait dasar-dasar asurasi jiwa dan kesehatan.

HAI-Online.com – Selain tabungan, asuransi adalah hal yang mestikita siapkan demi masa depan finansial kita.

Asuransi sendiripunya segudang manfaat untuk memastikan keamanan finansial diri dan keluarga saat terjadi sesuatu yang nggak diinginkan, yang saat ini udah tersedia dalam berbagai macam produk untuk memberikan proteksi bagi para nasabahnya.

Menariknya, berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penetrasi industri asuransi nasional terus meningkat selama pandemi. Hingga Juli 2021, tingkat penetrasi asuransi mencapai 3,11%.

Angka inimengalami peningkatan jika dibandingkan dengan akhir tahun 2020 yang mencapai 2,92%.

Sementara berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pada kuartal I 2021 jumlah polis asuransi jiwa juga turut meningkat sebesar 1,8% atau sebanyak 17,78 juta year on year (yoy).

Baca Juga: Allianz Indonesia Ajak Kaum Muda Melek Literasi Keuangan di FinExpo BIK 2021

Sedangkan, polis perorangan tumbuh 2,7% yoy menjadi 17,24 juta. Hal ini menunjukkan terdapat kenaikan kesadaran masyarakat untuk memiliki asuransi.

Nah meningkatnya kesadaran akan perlindungan asuransi ini perlu diikuti dengan pemahaman yang baik akan produk asuransi yang dimiliki, termasuk buatanak muda.

Hal tersebut dipaparkanAllianz Life Indonesia saat menggelar kegiatan edukasi seputar asuransi lewatMedia Workshop: Life and Health Insurance 101 yangdigelar secara virtual pada hari Senin (8/11/2021).

Dalam acara bertajuk 'Apa Saja yang Perlu Diketahui agar Melek Asuransi' ini,Chief Marketing Officer Allianz Life IndonesiaKarin Zulkarnaen mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk wujud nyata Allianz dalam memperluas jangkauan edukasi mengenai produk dan layanan asuransi kepada masyarakat Indonesia secara lebih luas lagi.

“Melalui berbagai kegiatan, kami berkomitmen untuk terus mengedukasi nasabah dan masyarakat akan pemahaman terkait asuransi maupun literasi keuangan secara lebih luas,”jelas Karin.

Baca Juga: Mau Buka Usaha Pascapandemi? BukuWarung Siap Bantu Rapikan Uang Bisnis UMKM Jadi Nggak Berantakan dan Makin Siap Digital

Narasumber utama acara ini, Aditya Sumirat selaku Agency Program Head Allianz Life Indonesia dan Sukarno, Head of Health Product Marketing and Service Development Allianz Life Indonesia pun memberikanpemaparansecara detail dan mendalam seputar dasar-dasar asuransi jiwa dan kesehatan.

Terkait dengan asuransi jiwa, kegiatan ini membahas macam-macam pembagian asuransi jiwa, pihak-pihak yang tercantum dalam polis asuransi, urutan penting dalam proses pembelian asuransi sampai hal penting yang perlu diperiksa saat membaca polis asuransi.

Dasar-dasar edukasi terkait asuransi kesehatan yang turut disampaikan termasuk jenis dan fungsi dari asuransi kesehatan, waktu terbaik untuk memiliki asuransi kesehatan, serta perlindungan atas risiko Covid-19 dalam asuransi kesehatan.

Berbagai manfaat dari berasuransi memerlukan kecermatan dan pemahaman dari calon nasabah maupun nasabah untuk dapat memberikan perlindungan maksimal sesuai dengan kebutuhan.

Melalui program ini Allianz berharap dapat selalu berkomitmen sebagai pioner dalam memberikan edukasi untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya memilih dan memiliki produk asuransi sebagai perlindungan jiwa dan kesehatan di masa yang akan datang. (*)

Baca Juga: Anak Muda Cek Kebiasaan Transaksi Perbankan Kamu, Sehat atau Nggak?

Tag

Editor : Al Sobry