Review Samsung Galaxy Watch4: Smartwatch Android Terbaik Saat Ini!

Senin, 25 Oktober 2021 | 09:05
Dok HAI

Samsung Galaxy Watch4

Hai-online.com- Akhirnya, hari yang ditunggu-tunggu tiba juga. Hari di mana HAI bakal review jam tangan pintar alias smartwatch terbaru dari Samsung, yaitu Galaxy Watch4.

Setelah dua minggu HAI mencoba jam tangan pintar ini, begini rasanya:

Desain yang lebih clean

Dok HAI

Samsung Galaxy Watch4

Buat lo yang suka dengan desain minimalis, clean, dan nggak banyak gimmick, Galaxy Watch4 bisa masuk ke dalam wishlist smartwatch yang wajib lo miliki.

Dari sekian warna yang ditawarkan Samsung, yaitu putih, hitam, pink, hijau dan emas. HAI kebagian varian putih dan itu kelihatannya keren sekaligus elegan parah.

Pakai smartwatch ini pun terasa seperti pakai jam tangan klasik mahal, tapi super canggih. Karena warna yang clean, body yang tipis serta ringan dan layar yang luas bikin jam tangan ini punya penampilan terbaik saat ini.

Pokoknya, mau dibawa untuk acara formal maupun olahraga, keduanya cocok dan terlihat sama-sama keren deh!

Baca Juga: Ditargetkan Untuk Pasar Gaming, Seberapa Keren Sih Samsung Galaxy A52s 5G?

Software yang lebih baik

Dok HAI

Samsung Galaxy Watch4

Menurut HAI, ada dua hal penting dari sebuah smartwatch: desain dan software. Kenapa software bukan prosesor atau fitur bahkan baterai? Ada alasannya sob.

Dengan software yang lebih baik, memungkinkan sebuah smartwatch berjalan lebih mulus sekalipun melakukan banyak hal sekaligus. Contohnya kayak Galaxy Watch4 ini.

Bermodalkan prosesor Exynos W920, Galaxy Watch4 bisa beroperasi lebih mulus dan efisien dalam penggunaan energi. Tampilan menu aplikasi yang baru juga membuat semuanya terasa lebih bagus gitu.

Bahkan bisa dibilang, dari semua smartwatch Android yang pernah HAI coba secara pribadi. Smartwatch terbaru Samsung ini lah yang paling mulus pengoperasian dan animasinya.

Banyak fitur baru yang berguna banget, tapi…

DOK HAI

Samsung Galaxy Watch4

Seperti kebanyakan smartwatch, Galaxy Watch4 juga dibekali segudang fitur olahraga kesehatan.

Namun ada beberapa fitur baru yang sayangnya cuma bisa digunakan oleh pengguna ponsel Samsung dan tergolong ribet.

Fitur pertama adalah ECG atau Elektrodiagram yang berfungsi untuk mengukur dan merekam aktivitas jantung.

Cara menggunakannya kamu harus punya Samsung Health Monitor di ponsel, pasang Galaxy Watch4 di tangan kiri, buka fitur ECG dan letakan tangan kiri di meja sementara telunjuk tangan kanan menyentuh tombol di body.

Fitur baru kedua yang cukup rumit adalah Blood Pressure atau tekanan darah. Hal yang bikin fitur ini rumit untuk digunakan adalah kamu harus mengkalibrasi Galaxy Watch4 dengan cara menggunakan blood pressure cuff. Caranya bisa lo di aplikasi Samsung Health Monitor.

Terakhir adalah Body Composition. Ini sih gampang banget, kamu tinggal masukin berat dan tinggi badan lo di aplikasi Samsung Health, lalu nanti akan ada data berapa lemak badan sampai masa otot.

Dari sekian banyak fitur baru, ini sih yang jadi favorit HAI. Karena cocok banget buat yang lagi diet dan mantau tubuh.

Baca Juga: Review dan Melihat Apa yang Bisa Dilakukan Samsung Galaxy Fold3 5G: Nggak Seperti yang Lo Bayangkan!

Teknologi pengisian baterai yang tanggung

DOk HAI

Samsung Galaxy Watch4

Saatnya kita masuk ke sektor baterai. Samsung sendiri mengklaim kalau Galaxy Watch4 bisa bertahan 40 jam, dan ternyata mereka nggak berbohong kawan.

Selama pemakaian, jam tangan ini bisa bertahan 2-3 hari tanpa pengisian baterai. Padahal selalu terkoneksi dengan ponsel jadi banyak hal yang berjalan di background. Kalau nggak teknokesi, bisa lebih lama lagi.

Hal yang sedikit mengganjal di sini adalah cara Galaxy Watch4 ini mengisi daya.

Smartwatch ini emang udah mendukung wireless charging, bisa dilihat dari charger bawaannya saja wireless. Tapi nggak mendukung Qi wireless jadi nggak bisa dipake di charger wireless lain.

Mungkin bisa di tempat lain, tapi tempat lain itu adalah ponsel Samsung yang memiliki reverse wireless charging dan itu lamaaa banget.

Kalau pakai charger bawaannya, kurang lebih 1,5 jam waktu yang dibutuhkan untuk mengisi dari 9% sampai 100%.

Baca Juga: Siapa Sangka Oppo Udah Berusia 17 Tahun? Gini Nih Perjalanannya

Harga dan ketersediaan

Kalau lo tertarik, Galaxy Watch4 ini dibanderol mulai Rp. 2.999.000 untuk versi 40mm dan Rp. 3.499.000 untuk versi 44mm dengan pilihan warna Black, Pink Gold, Silver, Green. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya