Mengenal Jenis Kulit Kering yang Wajib Dipahami sebelum Mulai Skincare-an 

Senin, 19 Februari 2024 | 11:37
Pixabay

Cowok juga wajib kenal jenis kulit wajahnya sendiri lho sebelum mulai skincare-an.

HAI-Online.com – Kamu sering ngerasa kulit wajahmu kasar, pecah-pecah atau mengelupas? Jika kamu ngalamin salah satu dari tanda-tanda tersebut, bisa jadi kamu termasuk orang dengan jenis kulit kering.

Namun kamu nggak perlu khawatir. Perawatan wajah atau skincare routine bisa jadi solusi buat ngatasin kulit kering kamu. Lho cowok kok skincare-an?

Eits, skincare-an itu nggak cuma buat kaum hawa lho, fren! Cowok juga wajib tahu cara merawat kulit yang baik dan benar.

Selain demi kulit yang sehat dan glowing, skincare routine itu juga penting buat investasi jangka panjang kita lho. Pastinya kita bakal lebih pede tampil di depan umum dengan kulit yang cerah dan sehat, ‘kan?

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Toner untuk Kulit Wajah Buat Cowok, Mesti Tau Nih!

Nah setelah sebelumnya kita membahas apa itu kulit normal dan berminyak, kali ini HAI bakal mengupas soal apa itu kulit kering, mulai dari ciri-ciri sampai tips mengatasinya.

Soalnya, mengenal jenis kulit wajah kita itu jadi pengetahuan dasar yang wajib kita punya sebelum mulai melangkah ke dunia skincare-an. Sehingga sebelum memilih produk skincare, kita udah paham mana yang sesuai dengan jenis kulit kita.

Terus, apa sih sebenarnya kulit kering pada wajah itu?

Melansir Kompas Health, pada dasarnya kulit kering disebabkan oleh kondisi kulit yang cenderung kekurangan minyak.

Selain itu, faktor lingkungan juga bisa memengaruhi kondisi kulit kering yang kamu miliki. Misalnya, udara kering saat cuaca dingin yang bisa mengakibatkan kelembapan kulit menghilang sehingga kulit pecah dan retak-retak.

Sebaliknya, paparan suhu panas yang terlalu lama juga menjadi salah satu penyebab kulit kering. Sebab suhu panas dan kering dapat menguapkan cairan dalam kulit sehingga membuatnya dehidrasi.

Nah area kulit yang pecah dan retak-retak tersebut terkadang bisa menyebabkan iritasi dan dan juga terasa gatal. Bahkan bisa timbul ruam kulit kering yang berupa bercak-bercak kulit berbentuk bundar, menyerupai penyakit jamur kulit.

Baca Juga: Sebelum Skincare-an? Cowok Butuh Paham Jenis Kulit Wajah Dulu

Di samping faktor bawaan dan eksternal di atas, kulit kering juga bisa muncul akibat kebiasaan. Melansir berbagai sumber, penyebab kulit kering yang umum terjadi antara lain timbul karena

  • kurangnya asupan cairan
  • salah pakai sabun
  • mandi dengan air yang terlalu panas
  • obat jerawat dan retinol
  • penyakit kulit
Nah kalo kamu ngalamin beberapa dari ciri-ciri di atas, bisa jadi kamu punya jenis kulit wajah kering. Lantas, gimana cara merawat kulit jenis ini?

Cara Merawat Kulit Kering

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba buat memperbaiki kondisi kulit kering yang kamu miliki. Langkah ini diyakini bisa membantu kamu mempertahankan kelembapan kulit wajahmu, dilansir dari berbagai sumber.

1. Hindari mandi pake air panas

Mengutip Mayo Clinic, mandi pake air panas bisa bikin kulitmu semakin kering. Sebab kebiasaan tersebut dapat menghilangkan minyak alami yang berfungsi menjaga kelembapan alami kulit.

2. Jangan mandi terlalu lama

Kulit kering juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan mandi terlalu lama. Mandi berlama-lama cuma akan bikin kulitmu jadi semakin kering karena air yang ada di permukaan tubuh akan banyak menguap.

Jadi, dianjurkan buat nggak mandi lebih dari 10 menit, fren.

3. Segera keringin setelah mandi atau cuci muka

Setelah selesai mandi, biasakan nggak cuma keringin tubuh, tapi juga wajah. Pasalnya setelah air benar-benar menguap dari permukaan, kulit justru cendering akan akan lebih kering dari sebelumnya.

Jadi pastiin kamu mengeringkan kulit dengan tepat setelah mandi atau cuci muka.

4. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan dan omega-3

Asupan nutrisi juga penting buat menjaga kelembapan alami kulitmu. Makanan yang kaya antioksidan dipercaya bisa meminimalisir kerusakan kulit akibat racun dan membantu menghasilkan sel-sel sehat.

Nah beberapa makanan yang yang baik untuk kesehatan kulit kita antara lain blueberry, tomat, wortel, kacang polong, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran.

Selain itu, makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 juga bisa membantu menyehatkan dan mencerahkan kulit kalian, seperti salmon.

Baca Juga: Kenapa Kulit Kita Tetap Butuh Sunscreen Meski Seharian di dalam Rumah?

5. Oleskan minyak kelapa

Menurut Healthline, minyak kelapa memiliki sifat emolien, yang bisa mengisi ruang di antara sel-sel kulit dan menciptakan permukaan kulit yang halus.

Karenanya, asam lemak jenuh yang terjadi secara alami dalam minyak kelapa dapat melembapkan dan menghaluskan kulit. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa setiap hari di bagian tubuh yang paling sensitif sekalipun. Ini termasuk area di bawah mata dan di sekitar mulut kamu. Keuntungan lain dari minyak kelapa adalah kamu tidak perlu mencampurnya dengan apa pun. Minyak kelapa cukup lembut untuk penggunaan sehari-hari.

6. Oleskan petroleum jelly

Bagi kamu yang memiliki kondisi kulit kering, dapat pula memanfaatkan petroleum jelly untuk melembapkan dan merawat kesehatan kulit. Petroleum jelly alami diperoleh dari pemurnian minyak tanah (petroleum) untuk menghilangkan bau dan mengubah warnanya. Perytoleum jellu dapat menjebak kelembapan di dalam kulit. Ini membantu menyembuhkan kulit yang kering dan teriritasi.

7. Penuhi asupan air

Memiliki kulit yang kering membuat kamu harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan benar.

Minum cukup air putih dapat membuat kamu tetap terhidrasi sehingga kulit akan lebih lembap. Sesuai anjuran, minumlah sekitar 2 liter atau 8 gelas air putih setiap hari.

8. Hindari alergen dan iritasi

Terjadinya kulit kering yang tiba-tiba mungkin berhubungan dengan pakaian yang kamu kenakan atau apa pun yang menyentuh Anda.

Duduk di dekat perapian, menghabiskan waktu di air yang diklorinasi atau diolah secara kimia, atau bahkan mengenakan pakaian wol, semua bisa mengiritasi kulit kamu dan membuatnya terasa kering.

Periksa apa yang kamu lakukan dengan kulit Anda, dan cobalah untuk merawatnya dengan lembut.

Di samping itu, kalo kamu udah mulai nyoba buat menggunakan produk perawatan kulit, ada baiknya kamu mempertimbangkan jenisproduk itu sendiri.

Sebaiknya, sesuaikan jenis produk perawatan dengan jenis kulitmu, termasuk dalam kasus kulit kering ini.

Tips milih produk perawatan kulit wajah

Merangkum Alodokter, ada beberapatips memilih produk skincare buat kamu yang lagu mulai mencoba perawatan kulit, fren.

1. Basuh wajah dengan air biasa

Hindari penggunaan air panas karena dapat memperburuk kondisi kulit yang kering. Saat mandi, sebaiknya batasi waktu mandi hanya sekitar 5-10 menit.

2. Perhatiin jenis pembersih wajah yang mau kamu pake

Gunakan produk sabun pembersih wajah yang lembut dan tanpa tambahan pengharum, tujuannya adalah agar kulit kamu terhindar dari iritasi kulit yang dapat menyebabkan kulit semakin kering. Micellar water juga dapat dijadikan pilihan sebagai pembersih wajah sebelum menggunakan sabun pembersih wajah.

3. Segera pakai pelembap setelah mencuci wajah

Lebih baik memilih pelembap dalam bentuk krim atau salep untuk wajah kering, dibandingkan bentuk lotion. Untuk menjaga kelembapan kulit wajah, kamu juga bisa menggunakan hydrating toner.

4. Pilih pelembap yang mengandung minyak alami

Misalnya, pelembap dengan minyak zaitun atau minyak jojoba. Selain itu, bahan lain yang juga dapat membantu kulit kering adalah lactic acid, hyaluronic acid, gliserin, lanolin, minyak mineral dan petrolatum.

5. Gunakan pelembap dengan tekstur berminyak dan kental

Sebelum membeli, coba oleskan di telapak tangan, kemudian balikkan tangan Anda. Jika pelembap menetes berarti belum cukup kental untuk kulit kering.

6. Waspadai produk yang dapat membuat kulit kering

Beberapa produk yang sebaiknya nggak digunakan untuk kamu yang berkulit kering, misalnya produk yang mengandung alkohol, pengharum, retinoid dan alpha-hydroxy acid (AHA).

Baca Juga: Sebelum Skincare-an Ketahui Dulu Nih Soal Kulit Berminyak dan Cirinya

Nah, jadi itulah informasidan seluk-beluk soal jenis kulit kering yang bisa kamu pahami sebelum mulau nyoba nyebur ke dunia skincare-an. So, nggak ada alasan buat cowok buat nggak merawat tubuh kalian sendiri, termasuk wajah, guys.

Stay tunedbuat informasi tentang dunia per-skincare-an buat cowok di HAI ya! (*)

Editor : optimization

Sumber : kompas health, hellosehat, alodokter