Padi Reborn: Soliditas Kami Terbangun Selama 24 Tahun Karena Guyonan

Selasa, 12 Oktober 2021 | 16:37
Press Photo

Padi Reborn, 2021

HAI-Online.com - Lebih dari dua dekade sudah, Padi, atau yang kini dikenal sebagai Padi Reborn, menemanipara pendengar denganrentetan melankolia yang terangkai magis dalam enam album penuh.

Sejak awal kemunculannya pada 1999, Padi yang kala itu dihuni oleh lima dewasa muda telah berhasil menasbihkan dirinya sebagai grup musik dengan karakteristik yang distingtif.

Baca Juga: Usai Cerai sama Maia Estianty, Ahmad Dhani Tegasin Karier Musiknya Malah Lebih Meroket

Diskografi yang ditelurkan oleh Andi Fadly Ariffudin (Fadly), Satrio Yudi Wahono (Piyu), Surendro Prasetyo (Yoyo), Ari Tri Sosianto (Ari), dan Rindra Risyanto Noor (Rindra) memberikan wacana baru di pergulatan musik Indonesia tanpa ada yang bisa menirukannya hingga saat ini.

Hubungan antar personel yang hangat dan dekat menjadi kekuatan utama dari grup asal Surabaya ini. Selain itu, bongkar pasang personel adalah hal yang jauh dari kamus Padi Reborn selama bermusik bareng lebih dari dua dekade.

Berkat modal utama tersebut, kepekaanlirik puitis yang bersatu dengan harmoni dan menggelegarnya musik dari Padi Reborn menjadi bonus tersendiri sehingga karya yang tercipta menjadi abadi di telinga dan hati para Sobat Padi (sebutan penggemar setia dari Padi Reborn).

Namun perjalanan panjang tersebut tentu tetap menemui berbagai halangan. Sempat hiatus dalam rentang waktu yang cukup lama, masing-masing personel saat itu memberikan ruang lebih untuk proses "pencarian jati diri" di usia yang sudah sangat matang.

Musikimia dan juga proyek solo dari beberapa personel adalah produk dari masa senggang yang memakan waktu kurang lebih tujuh tahun tersebut.

Baca Juga: Fadly: Musikimia Bukanlah Padi

Namun emang pepatah "jodoh nggak akan ke mana-mana" sangatcocok untuk merepresentasikan jejak langkah yang ditakdirkanbagi Padi Reborn.

Tujuh tahun setelah proses hiatus, Padi kemudian terlahir kembali menjadi Padi Reborn dengan alasan yang sangat sederhana.

"Kerinduan dan kehangatan saat bermusik bareng Padi bagaimanapun nggak bisa mengalahkan perasaan apa pun," ujar Fadly membuka pembicaraan ini.

Soliditas, kehangatan, danvibe guyonkhas Suroboyoan adalah impresi awal yang terlihat saat HAI berkesempatan untuk berbincang bareng Padi Reborn pada awal bulan lalu (01/10).

"Saat saya sedang berada dalam masa yang sangat kelam, saya diharuskan untuk mengeluarkan keluh kesah apa pun untuk mempercepat proseshealing,"curhat sang gitaris Ari menambahkan.

"Masa-masa kekosongan tersebut yang membuat saya jadi kangen banget sama suara gitar dari Piyu dan kesombongannya," lanjut Ari kemudian sembari berkelakar.

"Tapi semakin saya menggali diri lebih dalam, saya jadi sadar kalo saya lebih sombong dari Piyu," terang Ari kemudian yang disambut gelak tawa dari seluruh personel termasuk Piyu.

Baca Juga: 5 Fakta Lagu Baru Padi Reborn 'Kau Malaikatku', Ajak Anak Tora Sudiro Nyanyi!

Cerita pun semakin terbangun ketika Yoyo mulai menyumbangkan gagasannya terhadap solidnya hubungan antar personel di tubuh Padi Reborn.

"Ngene mas, ngeband iki kan koyok berpasangan, onok enak mbek gak enake(begini mas, ngeband ini seperti berpasangan, ada enak dan nggak enaknya)," jelas Yoyo menganalogikan.

"Di saat seperti itu lah, kami saling mengisi dan saling menerjemahkan ego dari masing-masing personel sehingga tercipta lah lagu-lagu dari Padi," tambahnya.

Memang betul, setiap personel dari Padi Reborn memiliki ciri khas khusus yang mengantarkan mereka menjadi grup musik sebesar ini. Tapi apakah nggak ruwet?

"Yo jelas ruwet, mat. Wis pokoke Padi iki isine wong ruwet tok. Untung tapi ruwet tok gak atek rewel(ya jelas rumit, lah. Pokoknya Padi ini isinya orangrumit semua. Tapi untungrumit doang nggak pake rewel," kelakar Yoyo yang emang sangat pandai mencairkan suasana.

Baca Juga: Cowok Ini Keliling Indonesia Buat Makan Soto Setiap Hari Selama Setahun

Melalui pembicaraan hangat yang terhitung singkat ini, HAI jadi menangkap bagaimana kemudianguyonanadalah esensi penting yang dibangun untuk meredam ego antar personel.

Hal ini kemudian diamini oleh Fadly dan seraya berujar, "Rasa cinta dan saling memiliki terhadap band ini yang kemudian membangun kehangatan antar personel, sehingga kami sudah saling paham untuk menginterpretasikan keinginan satu sama lain," pungkasnya.

Rasa saling memiliki tersebut lah yang kemudianmemotivasi Padi Reborn untuk menggarap album terbaru, sembari diamini oleh masing-masing personel. Wajib banget ditunggu nih, fren!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya