Review 'Dune': Vibes Game Of Thrones Dalam Semesta Ala Star Wars

Sabtu, 09 Oktober 2021 | 16:00
siaran pers

Dune

HAI-Online.com - Genre science-fiction kedatangan 'anak' baru! 'Dune', film yang disutradarai oleh Deni Villeneuve dan bertabur aktor papan atas, segera hadir di bioskop Indonesia pada 13 Oktober 2021.

Para penggemar sci-fi gadun macem Star Wars, Star Trek, Avatar, Alien, you name it.. kayaknya nggak butuh waktu lama buat jadiin 'Dune' salah satu film favorit.

HAI berani bilang gitu. Soalnya.. kita buka-bukaan aja nih, sob. Tanpa 'Dune', George Lucas sendiri nggak akan dapet ide buat bikin karya fenomenalnya, Star Wars.

Baca Juga: Grand Theft Auto: The Trilogy - The Definitive Edition Punya 3 Game GTA Legendaris

Faktanya, 'Dune' yang berasal dari novel sci-fi terlaris sepanjang masakarya Frank Herbert di tahun 1965, adalah ladang inspirasi bagi beragam saga perang bintang yang kita kenal sekarang.

Novel ini kabarnya juga meng-influence Hayao Miyazaki untuk menciptakan 'Nausicaa of the Valley of the Wind'.

Nah, kini kita beruntung. Semesta 'Dune' ini hadir dalam versi layar lebar untuk kedua kalinya. Yap, film di tahun 2021 ini merupakan reboot kedua setelah 'Dune' di tahun 1984, yang katanya gagal total.

Maklum, mengadaptasi novel fenomenal menjadi film layar lebar memang bukan perkara gampang. Banyak film adaptasi novel yang berakhir miris dengan dicemooh para fans garis keras novelnya. Kayak misalnya, ehemm, Harry Pott....

Anyway, cukup ngomongin film orang lain. Kini pertanyaannya, apakah 'Dune' di tahun 2021 bakal bernasib sama kayak film di tahun 1984? Hmmm.. HAI sendiri bakal jawab, bisa iya, bisa juga tidak.

Baca Juga: Review The Hitman's Wife's Bodyguard, Salma Hayek Curi Perhatian Lewat Aksinya yang Gila

Tentu ada beragam faktor yang mendasari asumsi itu. Tapi sebelum ngebedah lebih jauh, HAI ceritain dulu sinopsis 'Dune'. Alkisah, di planet nun jauh bernama Arrakis, hidup klan bernama Atreides yang berkuasa atas sumber daya alam istimewa di planet tersebut. Dalam perjalanannya, mereka berkonflik hingga bertempur dengan klan-klan lain yang berupaya mengambil alih kuasa mereka.

Sekilas denger sinopsis itu, para penggemar film bernuansa politik dengan sentuhan magis seperti 'Game Of Thrones' atau 'The Lord Of The Rings' mungkin bakal langsung mikir, 'yok cuss nonton 'Dune'!'.

Memang hal itulah yang HAI anggap sebagai keunggulan tersendiri pada saga 'Dune'. Hal-hal berbau luar angkasa, kayak teknologi canggih hingga bahasa alien, memang udah biasa.

Akan tetapi bukan itu poin yang layak disorot, melainkan konflik rumit hingga hubungan problematis antar tiap tokoh di film ini.

Seperti kisah 'Avatar' yang sukses mengaduk emosi dan bikin penonton nggak rela karakter kesayangannya kenapa-kenapa, 'Dune' tampak juga berhasil menyajikan kedekatan serupa lewat beragam insiden yang dialami para tokohnya.

Oiya, HAI juga nggak rela buat nyebut CGI sebagai daya tarik film ini. Ya lo tau lah, rata-rata film berbajet gede jaman sekarang selalu berhasil menyajikan permainan CGI yang memukau mata. Begitu pun dengan 'Dune'.

Nah, tadi HAI sempet berasumsi film 'Dune' kali ini nggak bakal gagal total kayak sebelumnya. Menurut kita, faktor penyelamatnya adalah pemilihan cast di film ini.

Siapa coba anak jaman sekarang yang nggak tertarik menyaksikan akting Timothée Chalamet dan Zendaya? Yap, dua aktor good-looking dambaan milenial dan gen-z itu memang berhasil menambah mood buat menonton film ini dari awal sampai abis.

Baca Juga: Review Malignant, James Wan Sajikan Jalan Cerita Penuh Kebrutalan

Belum lagi, para aktor top-tier yang juga mengisi 'Dune', seperti Josh Brolin, Oscar Isaac, Rebecca Ferguson, Javier Bardem, Batista, dan tentunya... the legendary Jason Momoa.

HAI pribadi sih ngasih dua jempol buat akting Jason Momoa di 'Dune'.

Tapi, kira-kira apa yang bakal jadi potensi film 'Dune' jatuh ke lubang yang sama? Bisa jadi gara-gara durasi yang 'kedikitan'.

Atau gini deh, pembagian film ini ke hanya dua partmungkin nggak bakal cukup buat mengarungi saga 'Dune' yang relatif baru untuk fans sci-fi jaman sekarang. Oiya, 'Dune' yang bakal rilis ini baru part satunya, lho.

Untuk kasus ini, kita cukup berkaca aja sama saga 'Divergent' -yang juga adaptasi novel- yang akhirnya berlarut-larut menjadi beberapa film.

Baca Juga: Review Space Jam: A New Legacy, Film Animasi yang Kental Nuansa Keluarga

Dengan begitu, produser 'Dune' kayanya perlu berhati-hati untuk menentukan kelanjutan kisah yang masih nge-gantung ini. Bisa jadi, cara terbaik adalah mengadaptasinya menjadi serial buat ke depannya.Mengingat,novelnya juga berjilid-jilid.

Jadi, kalo banyak orang pada nggak sabar nungguin kelanjutan kisah Avatar, 'Dune Part 2' tentunya juga layak buat dinanti! (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya