7 Kampus Ini Menyediakan Program Double Degree, Lulusan Bakal Dapat Dua Gelar Sekaligus

Jumat, 08 Oktober 2021 | 09:07
PIXABAY/GREYMATTERS

Ilustrasi kelulusan

HAI-Online.com - Perlu lo ketahui nih, ada salah satu program gelar sarjana ganda atau biasa disebut double degree/dual degree.

Gelar sarjana ganda, biasa disebut double degree atau dual degree adalah suatu program yang diselenggarakan universitas untuk membantu mahasiswanya belajar di dua tempat sekaligus.

Baca Juga: 3 Profesi Penting yang Masih Sepi Peminat di Indonesia, Ada Profesi Aktuaris

Jadi lo bisa berkuliah di perguruan tinggi dalam dan luar negeri sekaligus. Mahasiswa program ini juga bisa lulus dengan dua gelar sekaligus dalam jangka waktu 4 tahun.

Kalo lo emang ikut program ini, nantinya lo bakal terdaftar sebagai mahasiswa di kelas internasional.

Untuk ketentuannya mahasiswa program double degree bakal menghabiskan 2 tahun di perguruan tinggi dalam negeri lalu melanjutkan 2 tahun di perguruan tinggi luar negeri.

Melansir Kompas.com, informasi dari laman Brain Academy, berikut ini ada 7 Perguruan Tinggi di Indonesia yang menyediakan program double degree.

1. Kelas Internasional Universitas Indonesia (UI)

Program double degree tersedia di Kelas Internasional Universitas Indonesia. Selain bekerja sama dengan banyak universitas luar negeri, program double degree UI juga menyediakan dua program gelar ganda, yaitu untuk gelar sarjana dan gelar magister.

Adapun jurusan UI yang menyediakan program double degree, yaitu Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Arsitek, Kedokteran, Ilmu Komputer, Psikologi, Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Komunikasi.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM juga memiliki program double degree. Adapun universitas luar negeri yang jadi mitra UGM yaitu Universitas Ibaraki, Universitas Keio, Universitas Ritsumeikan Asia Pacific, Universitas Takushoku, Universitas Kobe, Universitas Hiroshima, dan Universitas GRIPS di Jepang, serta Universitas Flinders di Australia.

3. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya menyediakan program double degree untuk program studi magister atau S2. UB memiliki setidaknya 20 jurusan yang ditawarkan, yakni Matematika, Kimia, Fisika, Ilmu Ekonomi, Ilmu Komputer, Teknik Mesin Teknik Sipil, Ilmu Tanaman, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Mahasiswa Baru Diajak 'Squid Game' untuk Pengenalan Kampus di UM Surabaya

4. Universitas Airlangga (Unair)

Nah, Unair juga mengadakan program double degree dan memiliki 7 program studi, yaitu Psikologi, Kedokteran Gigi, Akuntansi, Farmasi, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Rekayasa Biomedis, dan Ilmu Ekonomi Islam.

5. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia (UII) memiliki program double degree yang bertujuan agar universitas islam dapat bersaing di tingkat global.

Pada tahun 2015, UII resmi menjalin kerja sama dengan Universitas Queensland di Australia untuk membuka program double degree dengan program studi bidang Ekonomi (UII) serta Akuntansi dan Bisnis Manajemen (UQ).

6. Universitas Pelita Harapan (UPH)

UPH bekerja sama dengan beberapa universitas di Australia dan Switzerland dalam pengadaan program doube degree. UPH menyediakan 3 jurusan yang bisa menjadi pilihan, yaitu Manajemen, Teknologi Pangan, dan Manajemen Perhotelan.

7. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Binus jadi salah satu PTS yang memiliki program double degree. Binus menyediakan 4 program studi yang bisa menjadi pilihan, yaitu Sistem Informasi Akuntansi, Manajemen dan Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Matematika, serta Teknik Informatika dan Statistika.

Nah, itu dia 7 kampus yang memiliki program double degree. Buat lo yang berminat, persiapkan segala yang dibutuhkan agar lo bisa mengikuti program tersebut.

Baca Juga: Inilah Seluk-Beluk Jurusan Sastra Inggris, termasuk Prospek Kerjanya!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Kampus Ini Sediakan Program "Double Degree", Tertarik Ikut?"

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya