Follow Us

Inilah Seluk-Beluk Jurusan Sastra Inggris, termasuk Prospek Kerjanya!

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 04 Oktober 2021 | 13:05
University College London di Inggris. London menempati urutan teratas dalam kategori Best Student Cities 2022 versi QS WUR.
Diliff/Wikimedia

University College London di Inggris. London menempati urutan teratas dalam kategori Best Student Cities 2022 versi QS WUR.

HAI-Online.com – Kalo kamu termasuk yang demen sama hal-hal berbau British, mungkin kamu pernah pertimbangin buat ambil jurusan kuliah Sastra Inggris juga.

Sastra Inggris ini tergolong jurusan sastra yang paling banyak diminati dibandingkan jurusan sastra lain seperti Sastra Jepang, Sastra Arab, Sastra Belanda, Sastra Jerman hingga Sastra Perancis.

Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia juga memiliki jurusan Sastra Inggris. Seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Airlangga (Unair).

Tapi sebenernya gimana sih seluk- beluk jurusan Sastra Inggris itu?

Nah biar kamu lebih paham, simak dulu nih fakta-fakta tentang jurusan ini, mulai dari mata kuliah yang dipelajari sampai prospek kerjanya setelah lulus, merangkum laman Ruang Guru pada Senin (4/10/2021).

Baca Juga: Inilah 5 Kata Bahasa Inggris yang Sering Salah Pengucapannya

Di sastra Inggris belajar apa aja?

Saat memilih jurusan Sastra Inggris, mahasiswa memang mempelajari ilmu yang berkaitan dengan bahasa Inggris. Namun kuliah Sastra Inggris nggak sama dengan kursus bahasa Inggris lho!

Pada semester pertama kuliah di jurusan Sastra Inggris, kamu harus menghadapi mata kuliah seperti reading, writing, speaking, listening, dan bahkan grammar. Sehingga mahasiswa Sastra Inggris nggak lagi belajar bahasa Inggris dari dasar.

Pada jurusan Sastra Inggris, juga akan fokus belajar pada kemampuan di bidang kesusastraan (literatur), kebahasaan (linguistik), dan kebudayaan yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Mata kuliah Jurusan Sastra Inggris Ada beberapa hal penting yang dipelajari selama mengenyam pendidikan di jurusan Sastra Inggris, antara lain:

1. Bahasa

Berada di Jurusan Sastra Inggris akan mengajarkan tentang bahasa, baik bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Mahasiswa akan lebih memahami berbagai macam kosakata, struktur gramatika, serta kemampuan untuk membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan bahasa Inggris

Halaman Selanjutnya

2. Sastra
1 2 3

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest