Industri e-Commerce Lahirkan Banyak Profesi Baru bagi Anak Muda Aktif, Kreatif dan Melek Digital, Skill Bikin Konten Live Streaming Salah Satunya!

Kamis, 30 September 2021 | 20:52
Sobry/HAI

Partogi Baringbing, live streaming Lead Lazada

HAI-Online.com- Nggak pernah terbayangkan 5 atau 10 tahun ke belakang, orang-orang memiliki cita-cita yang erat kaitannya dengan dunia digital.
Namun, perkembangan industri yang berubah cepat ditambah lagi dengan keadaan sekarang menuntut kita untuk semakin akrab dengan teknologi dan digital.
Nah, industri e-commerse salah satu yang perkembangannya sangat dinamis, ini mengharuskan adaptasi yang juga begitu cepat terlebih bagi semua pelaku di dalamnya.
Baca Juga: Serunya Jadi KG Influencer, Anak Muda Diajak Jauh dari Sensasi tapi Memberikan Inspirasi
Dari sana, berbagai profesi baru terus bermunculan untuk mengakomodir kebutuhan di industri yang kian hari kian berkembang ini.
Jika beberapa tahun lalu kita mulai mengenal profesi socmed specialist atau creator content, lebih spesifik lagi industri e-commerse membutuhkan profesi baru di dunia kerja kini, yakni sebagai tenaga di balik layar gawai kita.
Yap, belajar dari orang-orang di balik channel shoppertainment, yaitu sebuah konsep baru yang menggabungkan livestreamingdengan online shopping di Lazada Indonesia.
Hampir setiap hari, pelanggan marketplace warna biru ini memberikan suguhan pengalaman berbelanja interaktif dengan konten hiburan yang asik.
Konsep inilah yang pada akhirnya melahirkan profesi seperti Partogi Baringbing, atau akrab disapa Ogie, dimana dia dan timnya bekerja aktif memproduksi video livestreaming setiap harinya di platform Lazada.
Baca Juga: Lazada Gandeng Megabintang Hallyu, Hyun Bin, sebagai Brand Ambassador Regional Pertama untuk LazMall
Mereka pun punya titel profesi baru bernama live streaming producer. Yap, tidak lain tidak bukan, kegiatan sehari-hari mereka membuat konten live streaming untuk kita semua.
"Sejak Lazadameluncurkan fitur-dalam-aplikasi atau in-app feature pada November 2018,Lazada menjadi satu-satunya pemain di Asia Tenggara yang menawarkan fitur closed-loop "See Now Buy Now” yang memungkinkan konsumennya untuk segera membeli item dari acara live streaming, ini menjadikan Laz Live sebagai saluran penjualan yang efektif untuk bisnis dan penjual," kata Ogie, Profesional Generated Content Lazada Indonesia saat diwawancara HAI pada Kamis (30/9/2021).
Siang itu, Ogie menceritakan petualangannya berkarir sebagai lead bagi konten livestreaming yang kataya mirip produser acara digital.
"Konten ini yang memberikan suatuadded value, sehinhga para pengguna punya pengalaman ekstra di aplikasi berbelanja Lazada," jelasnya lagi.
Tak heran, Lazada kini merupakan pelopor konsep shoppertainment di Asia Tenggara dan Indonesia. Shoppertainment di Lazada mengintegrasikan pengalaman berbelanja, interaksi, dan hiburan, teknologi untuk mengubah pengalaman berbelanja di eCommerce.
Live streaming, gamification, coin & rewards, dan sebagainya, yang tersedia di aplikasi Lazada tidak hanya memperkaya pengalaman konsumen dalam berbelanja online di Indonesia, tetapi pada saat yang sama, seluruh fitur ini juga membantu mendorong bisnis untuk tumbuh dalam konsep yang unik dan berbeda.
Setiap harinya, seperti dijelaskan Ogie, live streaming tim LazLive ini menyiapkan 6 program hiburan yang penayangannya muncul setiap hari.
Baca Juga: Mengintip Brand Lokal SSST, Lahirkan Produk Fesyen Cowok Saat Pandemi
"Kesibukan sehari-hari kita, bertukar ide untuk mendiskusikan mengenai hal yang lagi trending topic tapi juga relevan yang bisa diangkat sebagai salah satu tema atau topik bahasan dalam konten livestreaming LazLive," ungkapnya.
Profesi ini, menurut Ogie sangat menantang dan punya banyak kejutan. Diungkapkannya, soal 6 program yang kini ada di LazLive awalnya hanyalah satu program tayangan, namun dengan ide yang terus berkembang kini enam program itu yang rutin dilaksanakan
"Kami punya dua tipe program, yaitu yangbussines as usualdanspecial program. Yang pertama itu yang setiap hari ada, tapi kita juga ada yang namanya special program yang kalo lagi punya campaigne baru misalnya kita bisa mengadakan 4 program spesial yang beruntun," ungkitnya soalloadbekerja di LazLive yang berubah cepat.
"Pekerjaan ini memang menuntut kelincahan bekerja dan mengasah kreativitas, namun saya enjoy dengan lingkungannya yang dinamis, ada banyak kejutan, birokrasinya juga linear, adaptasinya juga cepat," kata Ogie yang sudah lebih dari 4 tahun menggeluti bidang tersebut.
Tidak bisa dipungkiri, perkembangan livestreaming di kanal Shoppertainment Lazada akan terus berubah ke depannya. Untuk itu ia tidak menampik, jika dalam waktu dekat bakal menambah lagi jumlah profesional di timnya.
"Peluangnya tentu terbuka.Tim live streaming menyambut talenta dari berbagai latar belakang dan beragam industri.Yang terpenting adalah harus jeli, aware sama yang lagi tren, komunikasinya baik, dan punya quality content yang relateable," ujarnya lagi.
Untuk meraih profesi ini, soal latar belakang pendidikan, seperti yang disebutkan Ogie bahwa tim live streaming dapat menerima lulusan dari bernagai pendidikan yang berbeda-ada.
Baca Juga: Dicari 50 Mahasiswa Terbaik untuk Ikuti Program Kampus Merdeka dengan Tantangan Magang di Bhinneka.com
"Tim yang sekarang itu ada yang dari arsitek,financebahkan sarjana teknik. Intinya, pendidikan adalah pendidian, untuk kerja semua ini nantinya bakal berhubungan sama passion," ulasnya lagi.
Yang terpenting, lanjut Ogie calon produser konten live streaming LazLive punya pengalaman kerja kreatif dan seorang yang belajar cepat serta adaptif.
"Dia bisa mengeluarkan aspirasi kreatif mereka, nilai plus kalo pernah bikin acaraofflineatau pun virtual, bahkan punya konten medsos aja itu kita lihat, soalnya kita pernah terima yang join ke kita itu dia influencer," bebernya lagi.
Buat kamu yang berminat menjadi bagian dari profesi keren ini,Informasi lowongan pekerjaan ataupun kesempatan magang di Lazada dapat dicari di LinkedIn Lazada Group beralamatkan dilzd.co/kerjadilazada.
"Pokoknya sangat kompetitif kalo soal sallary ,dan banyak benefit lainnya," goda Ogie lagi.
Ada yang minat dan punya passionnya? Segera join dan persiapkan diri kamu sekarang! (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya