Ini 5 Skill yang Harus Dimiliki Jika Lo Berminat Jadi Game Developer

Selasa, 28 September 2021 | 17:40
PIXABAY/BOKSKAPET

Ilustrasi bermain game online

HAI-Online.com – Nggak seperti zaman dulu, video game bukan lagi sekadar hiburan. Namun juga bidang pekerjaan yang diminati banyak anak muda.

Selain sebagai pemain game profesional atau e-sport player, video game juga membuka kesempatan bagi para penyukanya untuk terjun ke dunia di baliknya, yakni sebagai game developer.

Di balik game-game online yang dimainkan, pastinya ada banyak orang yang terlibat dalam pembuatannya. Salah satunya adalah game developer.

Baca Juga: Ini Kelebihan Orang yang Main Game Online versus Gamer yang Rusak, Kenali Cirinya, Guys!

Game developer akan membuat fitur-fitur dalam sebuah game, seperti pembuatan karakter, alur cerita, serta menyusun desain dan mekanisme permainan.

Selain itu, Game developer akan membuat software agar permainan tersebut bisa diakses oleh PlayStation, Nintendo, dan aplikasi Android dan iOS.

Buat lo yang berminat menjadikan game developer sebagai masa depan lo, simak nih 5 skill yang haruslo miliki, merangkum lamanresmi Universitas Bina Nusantara (Binus), Selasa (28/9/2021).

1. Memiliki bakat dalam bidang IT

Untuk membuat video game, developerharuspahamtentang bahasa pemrograman dan desain perangkat lunak.

Seorang game developer harus memiliki kemampuan untuk mengoperasikan peralatan yang berhubungan dengan video dan audio.

Karena sebagian besar bagian dari game adalah grafis dan animasi, maka developer harus terbiasa dengan desain karakter, desain pemandangan, dan desain interface atau antarmuka.

Baca Juga: Kuliahnya Mabar Nggak Ya? Ini 5 Universitas di Indonesia yang Punya Jurusan Khusus Gamers

2. Memiliki kemampuan problem solving yang kuat

Dalam proses pembuatan video game, lo pasti akan mengalami kendala berupa error dari kode yang sudah dibuat. Seperti terjadinya bug pada saat memainkan game, layar hitam, dan network error.

Developer akan mengatasi dan menyelesaikan semua gangguan teknis yang terjadi. Game developer harus memiliki kesabaran dan mencoba untuk mencari sudut pandang lain saat menghadapi masalah.

3. Memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik

Video game memiliki banyak bagian yang kompleks dan bergerak. Seringkali, developer memerlukan bantuan dari tim artistik dan teknis yang memiliki tanggung jawab untuk menyatukan bagian yang berbeda.

Untuk itu, game developer harus bisa bekerja di bawah tekanan dan cobalah untuk berkolaborasi dengan tim lain agar bisa menempati tenggat waktu.

Baca Juga: Bikin Ekskul Mobile Legends, Sekolah Marie Joseph Dilatih Langsung Sama RRQ

4. Kemampuan kreativitas yang tinggi

Seorang developer harus memiliki kreativitas yang tinggi untuk membuat dunia virtual yang menantang dan menarik.

Selain itu, kreativitas juga diperlukan untuk membangun plot cerita yang menantang dan menghidupkan karakter tokoh semenarik mungkin.

Developer juga harus memperhatikan detail pada setiap desain seperti warna, pakaian, tekstur, dan background dalam game yang dibuatnya.

5. Selalu mengikuti perkembangan industri

Sebagai seorang game developer, lo harus menyukai bermain game agar bisatahu apa aja yang dibutuhkan oleh pesaing dan dunia game saat ini.

Game developer juga bisa memperbaiki desain dan meningkatkan ide game yang dibuat sendiri melalui elemen yang ada pada game lain

Jadi, itulah 5 skill yang harus lo pelajari untuk menjadi seorang game developer terbaik. Profesi ini sangat menarik karena selain pasar dari sebuah game tak terbatas, pendapatan yang dihasilkan juga sangat besar.

Jika lo tertarik bergabung dalam suatu tim dan membuat game, lo bisa memilih jurusan Computer Science. Dengan memilih jurusan ini, lo akan belajar tentang teknik dan proses bagaimana mengembangkan sistem berbasis komputer. (*)

Baca Juga: Hasil Penelitian: Bermain Video Game Baik untuk Perkembangan Otak

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya