Ternyata Cowok Ini yang Pertama Kali Ngajarin Andra Main Gitar di SMP, Sampe Rela Dipinjemin Gitarnya

Jumat, 10 September 2021 | 16:05
YouTube/ Andra Ramadhan

Andra Ramadhan

HAI-Online.com - Sahabat para personel Dewa 19 ketika SMP, Arif Fahmi, membeberkan bagaimana sosok teman-temannya tersebut saat masih duduk di bangku SMP.

Baca Juga: Tanggepin Orang yang Bilang Dewa 19 Milik Ahmad Dhani dan Andra, Andra: Ya Itu Hak Mereka, Gue Sih Terserah

Arif Fahmi atau nama lainnya adalah Samin menceritakan ketika di SMPN 6 Surabaya dia sudah berteman dekat dengan para personel Dewa 19 yaitu Ahmad Dhani, Erwin, Wawan dan Andra.

Arif kemudian mengingat kembali masa-masa di SMP 6 tentang para personel Dewa 19 tersebut. Dia mengatakan Ahmad Dhani sejak SMP itu sudah jago bermain keyboard.

"Karena dia jago keyboard, terus dia bawa keyboard zaman dulu itu kayak model Fariz RM gitu (bentuknya kayak gitar). Itu sering dibawa sama dia. Terus sering pake topi kayak polisi itu, kayak The Police, dia sering bawa itu," ungkap Arif dalam YouTube Wawan Juniarso Channel.

Melihat gaya Ahmad Dhani yang seperti itu, dia menuturkan kalau sejak SMP udah keliatan bakat dan passionnya ingin jadi musisi. Menurutnya, basic skill Ahmad Dhani ada di classic gitar pada saat itu.

Arif mengungkapkan, ketika SMP Ahmad Dhani awalnya selalu kemana-mana bersama dengan Erwin, bukan Andra. Dia mengatakan dari awal deketnya itu sama Erwin ketika di SMP.

Baca Juga: Inilah Lagu yang Bikin Andra Takjub sama Once untuk Pertama Kalinya

Seingetnya ketika SMP Erwin selalu bawa bass dan gitar ke sekolah, kemudian Ahmad Dhani yang selalu bawa keyboard. Arif mengungkapkan Andra gabung main sama Ahmad Dhani dan Erwin setelah bisa main gitar.

Dia menyebut Andra itu awalnya bisa main gitar karena minjem gitar miliknya. Arif mengatakan Andra pertama kali belajar main gitar dengannya dan diajarin bagaimana cara memegang gitar sesuai dengan chordnya.

"Gitar gue dibawa, minjem (gitar) lama dibawa ke Jogja, liburan sekolah. Belajarnya di Jogja sama Pamannya," tutur Arif Fahmi.

Menurut cerita Arif, Andra sendiri yang bilang kepadanya kalau dia belajar gitar sama Pamannya. Sementara itu, Andra Ramadhan pernah bilang kalau dia belajar secara otodidak pada saat itu. Terlepas dari itu semua, bakat Andra dalam bermain gitar ternyata memang sudah terlihat sejak dia duduk di bangku SMP.

Baca Juga: Andra Ungkap Alasan Kenapa Masih Bertahan di Dewa 19 dan Nggak Kepikiran Cabut

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya