Hati-hati Papasan, Aplikasi PeduliLindungi Mendeteksi 1.625 Orang Positif Covid-19 Berkeliaran ke Mal

Selasa, 07 September 2021 | 18:20

Ke mal di masa PPKM

HAI-Online.com- Pantauan mobilitas masyarakat yang masuk dalam aplikasi PeduliLindungi mendeteksi 1.625 orang tak sehat / positif Covid-19 hendak berkeliaran masuk mal.

Dugaan ini dipaparkanWakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono bahwa aplikasi milik pemerintah itumenemukan ada seribuan orang dalam kategori hitam artinya mereka positif Covid-19 atau kontak eratnya positif beruaha masuk ke pusat perbelanjaan.
Baca Juga: Aplikasi Pinjol Kerap Merugikan, Biar Ruginya Nggak Gede Pilih yang Legal, Cek Dulu via WhatsApp OJK
"Sebanyak 1.625 kasus ini adalah mereka yang tidak diketahui sebelumnya menderita Covid-19 atau kontak erat tapi mereka masih berkeliaran di jalan. Mereka terdeteksi di sektor perdagangan terutama saat masuk mal," ujar Dante saat dikutip dari Tribunnews, pada Senin (6/9/2021).
Dante menuturkan melalui metode digital Protokol Kesehatan atau PeduliLindungi ini masyarakat dipantau kemudian dimitigasi serta dievaluasi status mobilisasinya dengan empat kriteria yakni Hijau, Kuning, Merah dan Hitam.
Kehadiran aplikasi PeduliLindungisangat penting dalam memastikan masyarakat dapat tetap beraktivitas dengan normal dan kesehatan juga tetap terpantai.
Aplikasi PeduliLindungi memiliki tiga fungsi penting yaitu pertamaskrininguntuk mengidentifikasi seseorang yang sudah divaksinasi dan hasil test Covid-19 guna melakukan berbagai aktivitas dan mobilitas.
Kedua, fungsinya melakukan pelacakan, dan yang ketiga aplikasi peduli ini berfungsi untuk penerapan protokol kesehatan di tempat umum dengan melakukan scan barcode di tempat umum.
Baca Juga: Yang Ditunggu-tunggu Nih! Ini Dia Para Pemenang Hardcore Drakor Challenge HAI x Lazada!
"Kita sedang menggunakannya di 6 sektor utama dan segera juga akan digunakan di beberapa sektor yang lainnya," imbuh Dante. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya