Lewat #AkudanKorea KTO Jakarta Ajak Kita Berwisata Virtual ke Korea Selatan Cuma dari Rumah

Sabtu, 04 September 2021 | 13:55

Lewat #AkudanKorea KTO Jakarta Ajak Kita Berwisata Virtual ke Korea Selatan Cuma dari Rumah

HAI-Online.com-Persiapan adalah setengah dari keberhasilan. Nah buat yang mau jalan-jalan ke Korea Selatan dengan sukses nantinya, kenapa nggak dari sekarang nih selagi di rumah aja, kita bisa memersiapkan diri untuk berangkat ke sana.
Iya, kalo pandemi COVID-19 selesai dan semua orang bisa bebas beraktivitas, termasuk berwisata lagi, maka jalan-jalan ke Korea Selatan bisa menjadi salah satu tujuannya.
Namun, untuk saat ini kan kita tidak bisa berpergian secara fisik, tapi jalan-jalan secara daring masih bisa kok buat persiapan jalan-jalam sesungguhnya nanti.
Baca Juga: Kagumi Wisata Anti-mainstream Pertunjukan Korea, Calvin Jeremy Jadi Duta Festival Welcome Daehakro 2021
Inilah yang dilakukan oleh pemerintah Korea melalui Korean Tourism Organization (KTO), termasuk KTO Jakarta.
“Tahun 2021 ini masih menjadi tahun yang sulit bagi dunia pariwisata dunia, termasuk Korea dan Indoneisa. KTO Jakartamenyuguhkan berbagai aktivitas daring agar wisatawan Indonesia dapat menikmati Korea dari rumah dengan nyaman.
"Jika keadaan sudah membaik, kami berharap Korea akan menjadi negara pertama yang akan dikunjungi oleh wisatawan Indonesia. Semoga masyarakat Indonesia dapat menikmati semua acara daring yang kami selenggarakan dan sehat selalu.” ujar Direktur KTO Jakarta, Yang Su Bae.
KTO Jakarta melaksanakan berbagai aktivitas daring di website dan media sosial resminya dengan beragam konten menarik, seperti "jalan-jalan virtual" hasil kolaborasi dengan influencer, kuis, dangiveawayuntuk mengobati rasa kangen kita semua menikmati liburan ke Korea.
Untuk berbagai aktivitas daring, KTO Jakarta mengangkat berbagai tema seperti "Korea Mindful Journey", "Unpacking Korea", dan "Wisata Glocal (Global - Local) Korea".
"Dalam kampanye #AkudanKorea Imagine Your Korea from Home ini, KTO Jakarta mengadakan berbagai aktivitas daring untuk para wisatawan Indonesia berjalan-jalan secara virtual dengan berbagai tema, seperti K-Drama, K-Food, Muslim friendly dan pasar tradisional," ucap Irma Maulida selaku PR & Media Manager KTO Jakarta.
Baca Juga: Hasil Pekan Keempat Hari ke-1 MPL Season 8, AURA Raih Kemenangan
Selain itu, KTO Jakarta juga menggelar live talkshow di akun Instagram @ktoid dengan berbagai topik dan membuat konten dengan influencer, seperti Kimbab Family, Korea Reomit, Bianca Kartika, dan Amelia Tantono.
Selain itu, KTO Jakarta juga menggelar acara tahunan #AkudanKorea Media & Influencers Gathering yang tahun ini dilaksanakan tanggal 31 Agustus 2021.
Acara yang dimeriahkan oleh pembicara dari kalangan selebritas yaitu Boy William, Citra Scholastika, Calvin Jeremy dan travel influencer David Dwi Paraharsa ini dapat dinikmati oleh undangan dari kalangan media, komunitas dan influencer secara daring.
Pembicara-pembicara ini bakal berbagi pengalaman dan tips seru & baru untuk free independent traveler (FIT) yang bakal berwisata ke Korea nanti jika sudah bisa berangkat.
Nah, tahun ini, KTO Jakarta berfokus untuk mempromosikan beberapa tema destinasi wisata pilihan seperti wisata pertunjukan Daehakro, wisata ramah Muslim dan keluarga.
Dengan menggandeng beberapa influencer dan content creator dari Indonesia dan Korea, KTO Jakarta melakukan berbagai kegiatan daring dan membuat konten-konten baru yang menarik untuk disaksikan.
Wisata Pertunjukan: Daehakro
Kalo Amerika Serikat punya Broadway, maka Korea Selatan punya Daehakro. Nah, Daehakro merupakan area yang membentang sepanjang 1,6 km dari Jongno-gu ke Hyehwa-dong Rotary di Seoul.
Di tempat inilah, 150 gedung teater berdiri dan menawarkan berbagai jenis seni pertunjukan sepanjang tahun. Pertunjukan musikal, teater, drama, sulap hingga pertunjukkan non-verbal tidak pernah berhenti dan hidup 24/7 di zona seni dan budaya ini.
Bahkan, sejak tahun 2017 Daehakro menggelar festival pertunjukan setiap musim gugur yang berhasil mengundang pecinta teater dari Korea Selatan dan luar negeri.
Nggak cuma menikmati pertunjukan teater, di tempat ini wisatawan juga bisa mengunjungi situs-situs sejarah dan budaya terkenal, seperti Taman Marronnier dan Taman Naksan. Di area ini, wisatawan juga bisa berbelanja dan menikmati berbagai pilihan makanan yang tersedia di banyak restoran di Daehakro.
Dari Daehakro inilah banyak bintang K-Drama memulai karir mereka, sebut saja Kim Seon Ho (2 Days & 1 Night dan Start-Up) dan Jeon Mi Do (Hospital Playlist).
Ramah Muslim dan Ramah Keluarga
Sebagai salah satu tujuan wisata popular, Korea Selatan dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.
Banyak lokasi wisata di Korea Selatan yang bisa didatangi oleh keluarga, misalnya wisata sejarah, wisata alam dan wisata yang bertema edukasi.
Sebagai contohnya istana Gyeongbokgung dan istana Deoksugung, museum-museum, taman kota, perpustakaan, bahkan pasar tradisional.
Meski bukan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Korea Selatan termasuk aman dan nyaman didatangi oleh wisatawan muslim.
Restoran bersertifikat halal dan ramah muslim sudah banyak bermunculan di kota-kota besar dan mudah ditemukan.
Selain itu, fasilitas ibadah seperti masjid dan mushola pun dapat ditemui di tujuan wisata, contohnya adalah mushola di pusat perbelanjaan COEX Mall, Gangnam.
Untuk mempromosikan tempat-tempat wisata keluarga dan ramah muslim, KTO Jakarta bekerjasama dengan youtuber Kimbab Family.
Dalam salah satu tayangan videonya, Kimbab Family mengunjungi berbagai destinasi wisata ramah keluarga di Seoul, seperti IstanaDeoksugung, Changsin-dong toy street, Mangwon-dong, dan Seoul-ro 7071.
Bagi yang rindu Korea, video jalan-jalan Kimbab Family ini dapat dinikmati di kanal YouTube mereka.

Travel Gear

Nggak cuma itu, untuk mempromosikan wisata ramah muslim, KTO Jakarta juga membuat seri animasi Travel Gear: The Adventure in Korea dengan maskot KTO Jakarta, Riko dan Sela, yang menjadi bintang utamanya.
Riko dan Sela bakal menyusuri destinasi dan atraksi wisata ramah muslim seperti area Itaewon dan berbagai fasilitas ramah muslim di Busan dan lainnya.
Seri animasi ini akan tayang perdana pada tanggal 3 September 2021, di kanal YouTube resmi KTO Jakarta.
Muslim Friendly Korea Online Festival 2021 juga akan digelar selama tiga hari, 29 –31 Oktober 2021.
Festival daring ini akan menyajikan pilihan menu mulai dari fashion, makanan, hallyu dan wellness, tentunya yang ramah muslim.
Platform yang didisain dengan pendekatan interaktif ini akan memberikan akses kepada pengunjung untuk dapat berpartisipasi
dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan seperti webminar, quiz dan games. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya