Wajib Tau Nih 8 Rumus Excel yang Sering Digunain untuk Mudahin Pekerjaan

Kamis, 26 Agustus 2021 | 10:42
Microsoft

Microsoft Excel

HAI-Online.com - Microsoft Words maupun Excel menjadi aplikasi yang wajib digunakan dalam pekerjaan sehari-hari baik ketika menempuh kuliah maupun dalam dunia kerja.

Kalau lo lihat lowongan kerja atau yang menempuh jurusan akuntansi dan sejenisnya Excel itu sangat diperlukan terutama untuk membuat laporan baik itu dalam bentuk sederhana ataupun dalam bentuk yang lebih kompleks.

Dalam laporan itu tentu ada penjumlahan sederhana, menghitung anggaran hingga membuat tabel. Nah, berikut ini ada beberapa Rumus Excel yang sering digunakan, yang harus diketahui para mahasiswa:

Baca Juga: Nggak Sulit Kok, Begini Cara Pake Fitur Baru ROOMS dari JOOX

1. SUM

Rumus ini digunakan untuk menjumlah data atau menghitung total data. =SUM(cell pertama:cell terakhir)

2. AVERAGE

Rumus ini digunakan untuk menghitung nilai rata-rata. =AVERAGE(cell pertama:cell terakhir)

3. MAX

Rumus ini untuk menampilkan nilai data terbesar. =MAX(cell pertama:cell terakhir)

4. MIN

Rumus ini untuk menampilkan nilai data terkecil. =MIN(cell pertama:cell terakhir)

5. COUNT

Rumus ini digunakan untuk menghitung banyaknya sel pada range. =COUNT(cell pertama:cell terakhir)

Baca Juga: Inilah 5 Founder Startup Asal Indonesia Lulusan Teknik Komputer

6. IF

IF merupakan salah satu fungsi paling populer di Excel, yang dapat membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan. Oleh karena itu, pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama jika perbandingan Benar dan hasil kedua jika perbandingan Salah. =IF(nilai yang ingin dicari, [jika nilai sesuai mana Benar],[jika nilai tidak sesuai maka Salah]

7. VLOOKUP

Menampilkan data dari suatu tabel yang disusun dalam format vertikal. =VLOOKUP(nilai yang ingin dicari, rentang cell yang ingin ditemukan nilainya atau tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH)

8. HLOOKUP

Menampilkan data dari suatu tabel yang disusun dalam format horizontal. =HLOOKUP(nilai yang ingin dicari, rentang cell yang ingin ditemukan nilaian atau tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH)

Nah, itu tadi 8 rumus Excel yang harus lo tau karena sangat berguna dalam mengerjakan kegiatan apapun menggunakan Microsoft Excel.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Simak 3 Tips Ngecas biar Baterai Hape Lo Awet

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "9 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja, Mahasiswa Wajib Tahu"

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya