Riset Terbaru: Main Game Selama 2 Jam Setara dengan Sit-Up 1.000 Kali

Rabu, 25 Agustus 2021 | 21:35
PIXABAY/SUPERANTON

Ilustrasi bermain game

HAI-Online.com – Meski bagi sebagian orang dianggapkurangbermanfaat, ternyata main game bisa ngasih dampak positif juga lho.

Misalnya aja, berdasarkan penelitian, bermain video game dalam batas wajar dapat mengurangi tingkat stres dan gejala depresi, meningkatkan mood, hingga mengurangi rasa nyeri pada anak penderita kanker.

Nah, selainbaik buat kesehatan mental seperti disebutkan di atas, main game ternyata juga punya pengaruh positif buat kesehatan fisik kita.

Melansir laporan Daily Mailpada Rabu (25/8/2021), riset terbaru yang dilakukan olehplatform game Stakestermengungkapkanbahwa jumlah kalori yang dibakar saat bermain video game selama dua jam, setara dengan melakukan sit-up sebanyak 1.000 kali.

Dalampenelitian tersebut, 50 orang pemain game yang menjadi objek penelitian diukur detak jantung dan jumlah kalori mereka yang terbakar menggunakan alat khusus.

Baca Juga: Dinilai Nggak Fair, Aturan PBESI Soal Esports Dikritik Gamer dan Developer

Mereka diminta mainin game 'FIFA' dan 'Call of Duty: Warzone' selama dua jam. Selanjutnya, 50 gamer ini juga harus melakukan sit-up dengan menggunakan perangkat khusus tersebut.

Hasilnya terungkap bahwa selama satu jam bermain game, gamercowok membakar rata-rata 210 kalori per jam selama percobaan. Sementara gamercewek membakar sekitar 236 kalori per jam.

Kalodihitung, selama dua jam sekitar 420 kalori terbakar padacowok dan 472 kalori terbakar pada cewek.

Jumlah kalori yang terbakar itu setara dengan melakukan sit-up sebanyak 1.000 kali. Buat gambaran,menurut HealthStatus.com, melakuakan sit-up selama satu jam secara terus menerus aja baru bisamembakar sekitar 325 kalori.

Baca Juga: Bikin Ekskul Mobile Legends, Sekolah Marie Joseph Dilatih Langsung Sama RRQ

CEO dan pendiri Stakester Tom Fairey mengatakan, bermain video game memang dapat meningkatkan detak jantung dan menciptakan sensasi yang dinamakan ‘gaming sweat’. Kedua faktor inilah yang bisa membakar kalori tersebut.

"Memangnggak mengherankan bahwa bermain video game dapat membakar kalori. Tetapi kami terkejut melihat jumlah kalori yang terbakar selama 2 jam bermain video game, itu pasti mengalahkan 1.000 sit-up!"jelas Fairey.(*)

Baca Juga: Ribuan Orang Tandatangani Petisi agar Game Kartu Yu-Gi-Oh Dijadiin Cabor Olimpiade

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Daily Mail

Baca Lainnya