Bisa Ngehasilin! Inilah 7 Profesi yang Bisa Dicoba Kalo Lo Hobi Fotografi

Rabu, 25 Agustus 2021 | 13:35
Wikimedia

Food photographer bisa jadi salah satu pilihan profesi yang bisa lo tekuni kalo lo hobi fotografi.

HAI-Online.com – Dunia fotografi udah semakin berkembang dan bisa diakses oleh siapapun saat ini. Lo yang tertarik buat mendalami fotografi pun nggak akan kesulitan buat belajar, baik itu lewat pendidikan formal atau otodidak.

Menariknya, kalo lo jadiinhal ini sebagai hobi, fotografi juga bisamenghasilkan lho. Apalagi kalo mahasiswa yang lagi pengen nambah pengelaman sekaligus uang jajan.

Sebenarnya fotografi itu sendiri bisa meluas ke banyak bidang. Jadi ada banyak pilihan yang bisa kalian ambil, tergantung dari minat dan spesialisasi lo, entah fotografi itu portrait, food, atau bahkan arsitektur.

Nah biar dapet gambaran jelasnya, simak nih tujuh profesi fotografi yang bisa lo geluti, merangkum laman Rencanamu.id.

Baca Juga: 5 Profesi yang Masih Minim Pelamar, Padahal Dibutuhin Banget!

1. Foodphotographer

Kita semua tahu, sekarang industri food and beverages udah semakin rame. Nah di era media sosial seperti ini, restoran, tempat makan, atau kafe-kafe kekinian, profesi food photography atau fotografer makanan pun semakin dibutuhkan.

Sebab, hal itu penting buat menarik minat konsumen, para pelaku industri kuliner memerlukan hasil foto makanan yang menggugah selera banyak orang, baik untuk ditampilkan pada buku menu maupun media sosial.

Untuk bisa memiliki portfolio yang cukup, lo bisa memulainya dengan menjadi food blogger dan memamerkan hasil foto makanan yang lo potret melalui blog atau pribadi.

2. Fotografer fashion

Tren fashion yang selalu up to date dari waktu ke waktu membuat profesi fashion photography terus berkembang. Dalam dunia fashion, fotografer memiliki peranan penting dalam membuat visual fashion yang menarik sesuai dengan sasaran konsumen.

Profesi yang telah ada sejak tahun 1980-an ini membutuhkan fotografer untuk beragam jenis foto fashion, seperti pemotretan model yang mengenakan pakaian dan aksesoris dari desainer, foto produk fashion, maupun foto beauty atau tampilan make up.

Untuk menghasilkan foto yang "bernyawa", seorang fotografer fashion nggak hanya dituntut untuk jago foto, namun juga mengikuti perkembangan tren fashion dan beauty untuk beragam segmentasi.

3. Fotografer pre-wedding dan wedding

Bagi kebanyakan orang, prosesi pertunangan, pre-wedding, hingga pernikahan adalah suatu momen yang sangat sakral dan sekali seumur hidup. Itulah kenapa, kebutuhan akan jasa foto di bidang ini terus meningkat dan hampir nggak pernah sepi.

Profesi ini bisa menjadi kesempatan lo untuk menambah pundi-pundi pendapatan secara signifikan. Mengingat, hampir selalu ada pasangan yang bertunangan hingga melangsungkan pernikahan.

Untuk bisa sukses, lo perlu mengembangkan ide-ide foto yang menarik yang bisa dipilih oleh klien. Sebagai langkah awal, lo bisa memotret teman atau saudara yang akan menikah sebagai pelengkap portfolio.

Baca Juga: Jokowi Anjurkan Generasi Muda Minat Jadi Petani, Ini Alasannya

4. Fotografer new born

Fotografer new born merupakan fotografi yang fokus pada pemotretan bayi-bayi yang baru lahir.

Bisa dibilang, profesi ini masih terbilang sangat baru di Indonesia. Meski begitu, profesi ini semakin dilirik dan diminati oleh masyarakat, terbukti dengan banyaknya foto-foto bayi lucu yang dipajang di sosial media oleh para orangtua baru.

Nggakhanya foto bayi baru lahir, kini mulai banyak orangtua yang juga membutuhkan jasa fotografer untuk mendokumentasikan proses persalinan baik melalui foto maupun video.

5. Fotografer perjalanan

Lo suka jalan-jalan sekaligus hobi motret? Menjadi fotografer perjalanan atau travel photographer bisa menjadi pekerjaan yang patut lo coba selanjutnya.

Lo bisa bekerja dalam perusahaan pemerintah seperti dinas pariwisata, travel agen, maupun majalah travel yang memungkinkan lo ditugaskan sebagai promotor wisata.

Namun, seorang fotografer perjalanan nggak hanya dituntut untuk bisa memotret pemandangan, melainkan mendokumentasikan orang, budaya, adat istiadat, dan sejarah suatu daerah.

6. Fotografer arsitektur

Fotografi arsitektur merupakan spesialisasi di bidang pemotretan bangunan, baik eksterior, interior maupun detailnya. Kebutuhan akan fotografer di bidang ini dinilai meningkat seiring dengan maraknya bisnis properti.

Selain itu, majalah hingga website seputar interior desain pun kian diminati, sehingga peluang karier menjadi lebih luas.

Baca Juga: Industri Data Mendominasi, Geluti! Inilah Profesi Paling Bersinar 5 Tahun Mendatang

7. Fotografer komersial

Sesuai dengan namanya, fotografi komersial adalah foto yang memiliki nilai jual sesuai dengan tujuan komersial, misalnya untuk iklan produk, poster dan media pemasaran lainnya agar konsumen tertarik untuk membeli.

Kalau lo tertarik dengan profesi yang satu ini, saatnya mempelajari lebih dalam seputar teknik fotografi komersial. Pasalnya, peluang dalam pasar ini sangat luas sehingga menjanjikan untuk ditekuni.

Selain tujuh daftar di atas, sebenarnya masih banyak jenis profesi yang bisa lo pilih dalam kaitannya sama fotografi, seperti fotografer media, fotografer animal, fotografermusik dan lain-lainnya. Tinggal lo sesuain aja sama minat dan skill yang lo punya. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya