Masih Loyal Sama Dewa 19 Sampai Sekarang, Andra: Ada Ikatan yang Kuat, Gue Sama Dhani Merasa Sangat Cocok Bermain Musik

Senin, 23 Agustus 2021 | 17:05
HAI

Dewa 19

HAI-Online.com - Andra Ramadhan yang merupakan gitaris Dewa 19, seperti diketahui sudah berada di band tersebut sejak pertama kali dibentuk hingga sampai saat ini.

Baca Juga: Andra Ngaku Awalnya Ingin Jadi Drummer, karena Tinggal di Kampung Akhirnya Pilih Main Gitar

Meski bergonta-ganti vokalis dari Ari Lasso, Once dan Virzha, cuma dia dan Ahmad Dhani yang masih berada di Dewa 19 hingga saat ini.

Apalagi sebelumnya Andra juga membentuk band Andra & The Backbone, tapi kecintaannya kepada Dewa 19 membuatnya tetap bersama band tersebut. Lantas, apa yang menjadi alasan Andra masih betah dengan Dewa 19?

Terkait hal tersebut, Andra membeberkan kenapa dia bisa loyal sama Dewa 19 sampai saat ini. Seperti diketahui gitaris tersebut sudah berada di Dewa 19 sejak dibentuk pertama kali bersama dengan anggota lainnya seperti Ahmad Dhani, Wawan, Erwin dan Ari Lasso.

"Ada ikatan yang kuat gitu aku dengan band ini. Dan gue sama Dhani yang juga pentolan Dewa itu merasa sangat cocok kalo bermain musik. Di musik, itu chemistry-nya sangat kuat. Karena band itu juga kan istilahnya seperti sebuah perkawinan, kalo chemistry-nya kuat ya pasti akan langgeng gitu," ungkapnya dalam YouTube SiCepat Express.

Baca Juga: Puji Kejeniusan Andra, Ahmad Dhani: Banyak Lagu Ciptaan Dia, Cuma Ketutup

Meski diterpa konflik, Andra mengakui dia masih merasa enjoy dan fun dengan band tersebut. Makanya nggak pernah bosen bersama Dewa 19 sejak pertama kali bersama.

Alasan itu yang membuat Andra masih tetap bertahan hingga kini di Dewa 19. Bahkan, dia juga menyampaikan nggak pernah sekalipun kepikiran untuk cabut dari band yang telah membesarkan namanya itu.

Selain itu, pendiri band Andra & The Backbone itu juga menceritakan kenapa dia bisa tertarik bermain gitar. Dia menyebut gara-gara melihat temannya main gitar pas lagi di sekolah membuat dia jadi kepengen menekuninya.

"Kok asik ya kayaknya, karena bisa main pelan. Nggak berisik gitu, bisa pelan-pelan, bisa kenceng juga kalo mau. Kayaknya gue pengen nyobain deh belajar main gitar yaitu awalnya," ungkap Andra.

Pertama kali dia belajar gitar secara otodidak sekitar tahun 1986-1987, saat itu membawakan lagu-lagu Indonesia seperti lagunya Iwan Fals dan Ebiet G Ade.

Andra juga bilang kalau bermain gitar itu enak karena bisa sambil nyanyi. Dia mengibaratkan bermain gitar itu seperti bermain piano karena ada chordnya. Menurutnya, bermain gitar juga membuatnya merasa happy, ada sesuatu yang menyenangkan hatinya.

Baca Juga: Cerita Pertama Kali Lihat Ahmad Dhani tapi Belum Mengenalnya, Andra: Ini Anak Tengil Banget

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya