Ngerasa Punya Fobia? Coba 4 Langkah Ini Buat Ngatasin Ketakutan Lo

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 20:25
myupchar.com/en

Ilustrasi fobia terhadap laba-lama atau arachnophobia.

HAI-Online.com – Meski kelihatannya sepele, mengatasi fobia atau ketakutanpada sesuatuitu bukan hal yang mudah. Perlu usaha dan keberanian yang besar buat ngalahin ketakutan itu.

Namun, bukan berarti fobia dan rasa takut nggak bisa dilawan. Nah, buat lo yang ngerasa punya fobia tertentu, kalian bisa ngelakuin beberapa langkah buat ngatasin ketakutan tersebut.

MelansirBBC Science Focus Magazine,ada 4 cara mengatasi fobia menurut para ilmuwan. Yuk kita simak bareng-bareng!

Baca Juga: Sayangi Diri Sendiri, Ini 5 Tips Self-Love biar Kalian Lebih Bahagia

1. Kenali apa yang ditakuti

Halpertama yang mesti kalian lakukanbuat mengatasi fobia adalah mengetahui dan mengenali apa yang lotakuti.

Misalnya aja, fobia terhadap laba-laba lebih mudah untuk dijelaskan, namun agorafobia atau rasa takut akan tempat umum dan ruang terbuka memiliki akar penyebab yang mungkin lebih abstrak.

Semakin lo mengenal apa yangbenar-benar ditakuti,semakin mudah lo dapet petunjuk tentang masalah apa yang harus ditangani.

Baca Juga: Fobia Jarum Suntik tapi Harus Ikut Vaksin? Ini Cara Mengatasinya

2. Pahami apa yang ditakuti

Psikolog klinis biasanya menggunakan terapi perilaku kognitif untuk menangani fobia. Ini merupakan pendekatan dua arah yang menangani kecemasan dengan mengatasi pikiran dan sikap tentang rasa takut dan melawan respons fisik terhadap hal yang ditakuti.

Salah satu proses yang digunakan dalam cara ini adalah restrukturisasi kognitif. Lo bisa memulaidengan memperbaiki “pikiran yang salah” dengan membicarakan fobia yang dialami dengan orang lain.

3. Ambil tindakan

Nah, setelah mengenali dan memahami apa yang ditakuti, langkah selanjutnya adalah mengambil tindakan yang lebih dekat dengan fobia yang dialami.

Proses ini sangat penting untuk kesuksesan menangani fobia karena di tahap inilah seseorang akan berhadapan langsung dengan hal yang ia takuti. Misalnya, jika fobia dengan laba-laba, disarankan untuk sering melihat seseorang yang sedang memegang laba-laba.

Ketika hal tersebut nggak lagi sulit untuk dilakukan, selanjutnya adalah mencoba mendekati laba-laba, meski sedikit demi sedikit.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat Atau 'Aviofobia'

5. Hadapi secara bertahap

Mengatasi fobia dan rasa takut nggak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Lobutuh waktu dan proses yang bertahap untuk mencapai tujuan itu.

Selain itu, lo juga mestu berhati-hati karena menurut Andy Field, peneliti dari Sussex University, melawan fobia secara langsung dapat mengakibatkan fobia tersebut memburuk.

“Jika kamu takut laba-laba dan mencoba menonton film Arachnophobia, tetapi akhirnya mematikannya di tengah jalan, kamu hanya memperburuk keadaan,” ujar Field.

Jadi kesimpulannya, mengatasi fobia emang harus dilakukan secara bertahap dan konsisten. Karena jika nggak, ketakutan yang kalian punya bakal muncul kembali sewaktu-waktu. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Mengatasi Fobia Menurut Sains"

Editor : Al Sobry

Sumber : BBC Science Focus Magazine

Baca Lainnya