LaSalle College Gelar MADAKA: Virtual Graduation Show Exhibition 2020/2021 Bertema Sumba yang berharga

Senin, 19 Juli 2021 | 18:58

Madaka yang berarti benda berharga dalam kebudayaan masyarakat Sumba sengaja dipilih oleh LaSalle College Jakarta.

HAI-Online.com – LaSalle College Jakarta tak menyerah dengan kondisi pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

Dengan persiapan matang, rencana pameran pertunjukan wisuda tahun 2020/2021, akan tetap diselenggarakan meski dalam konsep virtual.

Kali ini, LaSalle College tengah siap menggelar event nmbertajuk Madaka, sebuah acara pameran wisuda dan sekaligus ekshibi karya mahasiswa.

Baca Juga: Akhiri Hiatus, Manga Jujutsu Kaisen Akan Lanjut ke Season 2 Pada Agustus 2021

Acara ini merupakan legiatan tahunan yang biasanya diselenggarakan secara langsubg dengab suasana yang megah dan kreatif. Namun, Madaka tidak mau kalahbengan penyekenggaraan sebelum ya, acara ini tetap mengutamakan konten yang menarik dalam rangkaian kegiatannya.

Mengusung kampanye stay healthy, stay creative, kampus design bertaraf internasional, Lasalle College Indonesia tetap optimis menyelenggarakan acara yang keren namun tetap mengedepankan potokol kesehatan masyarakat.

Nah, bukan tapa sebab, pameran Pertunjukan Wisuda oleh LaSalle College Jakarta tahun 2020/2021, mengangkat MADAKA dalam nama acaranya.

Madaka yang berarti benda berharga dalam kebudayaan masyarakat Sumba sengaja dipilih LaSalle College, karena pertunjukan ini juga menjadi momen berharga bagi civitas kampus untuk menunjukkan karya-karya terbaik mahasiswanya yang juga mengangkat unsur Sumba.

Acara virtual ini punya sejumlah rangkaian acara mulai dari tur gallery exhibition hasil karya para Mahasiswa dari LaSalle College Jakarta, fashij show bertema Sumba dan webinar.

Baca Juga: GHO$$ Konsisten dengan Monokrom Lewat Video Klip 'Carele$$'

Kegiatan pameran virtual Madaka akan berlangsung secara berturut-turut selama 3 hari, yaitu pada Jumat-Minggu (30 Juli 2021- 1 Agustus 2021)

Kegiatan pameran virtual ini akan mempertujukan beberapa rangkaian virtual pameran, yang memfokuskan pada hasil design para Mahasiswa dari LaSalle College Jakarta, meliputi portfolio selama mereka melakukan studinya di lingkungan kampus.

Diantaranya daftar kegiatan virtual exhibition adalah sebagai berikut;

Pameran Desain Virtual

Tampilan hasil karya mahasiswa selama kuliah di LaSalle College Jakarta, per-jurusan:

- Fashion Bisnis

- Tata Rias Artistik

- Desain Grafis

- Desain interior

- Fotografi

Peragaan Busana Virtual

Fashion Desain LaSalle College Jakarta memilih tema 'Madaka' untuk menampilkan koleksi mahasiswanya sebagai bentuk apresiasi tertinggi terhadap budaya Sumba dengan menggunakan kain dan motif tradisional dalam interpretasi desain modern.

Seminar Desain dan Lokakarya Virtual

Menampilkan pembicara tamu, dan pakar desain untuk memberikan banyak wawasan dan pendidikan di bidang desain.

"Secara khusus para Mahasiswa dari program Fashion Desain, akan mempertunjukkan Virtual Fashion Show yang menampilkan koleksi busana dengan kebudayaan Sumba yang didominasi kain-kain tradisional dan motif-motifnya dalam interpretasi design yang modern,"

Nah, motif tenun tradisional Sumba yang dikenal sangat indah dan motif rumit yang banyak menggambarkan kehidupan masyarakat Sumba sehari-sehari akan dirangkai dalam fesyen terbaru.

Selain itu, motif tenun Sumba lain yang terpengaruh oleh kebudayaan luar, seperti motif naga dari Cina, motif patola dari India, dan motif Ratu Wilhelmina dari Belanda juga akan dipamerkan dalam acara tersebut.

Baca Juga: Andra Ungkap Perbedaan Terbesar Ari Lasso dan Once, Karakter Vokal Sih

Untuk diketahui, bahan baku kain tenun Sumba menggunakan benang kapas yang dihasilkan dari tanaman pohon kapas yang banyak ditanam para penenun Sumba secara organik.

Pewarnaan kain-kain tenun tradional Sumba juha menggunakan bahan-bahan dari alam, seperti akar pohon, daun, dan juga rempah-rempah untuk menghasilkan ramuan pewarna alam yang tahan puluhan hingga ratusan tahun.

Oleh karena itu, kain tenun tradisional Sumba secara tidak langsung mendukung keberlangsungan lingkungan hidup dan kehidupan masyarakat Sumba (sustainability).

Selain itu, guna memberikan pengalaman berselancar secara virtual, tim LaSalle College Jakarta mempersiapkan visual dengan teknologi terkini secara tampilan tiga dimensi (3D), dimana para pengujung akan merasakan perjalanan virtual modern yang canggih dan tidak terlupakan.

Namun, sebelum masuk, para visitor terlebih dahulu diharuskan melakukan registrasi guna mendapatkan e-tiket untuk bergabung dalam virtual pameran Madaka ini, secara exclusive.

Baca Juga: Akhiri Hiatus, Manga Jujutsu Kaisen Akan Lanjut ke Season 2 Pada Agustus 2021

Nggak cuma itu saja, untuk visitor secara umum, LaSalle College Jakarta juga menyediakan pusat informasi virtual, yang tentunya memudahkan para peminat desain melakukan kegiatan tanya dan jawab, untuk keperluan pendaftaran juga penerimaan Mahasiswa baru.

Jadi, jangan sampai ketinggalan ya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya