5 Olahraga yang Bisa Kalian Lakukan di Rumah selama Kuliah Online

Kamis, 15 Juli 2021 | 18:30
HAI

Yoga

HAI-Online.com – Nggak terasa aktivitas kuliah online sudah lebih dari setahun dijalankan, itu terjadi akibat pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 yang menyebar dengan cepatpun udah mengubah dan menciptakan kebiasaan baru di tengah masyarakat.

Hampir seluruh aktivitas dilakukan secara online, baik sekolah online, kuliah online hingga kerja online.

Pastinyakondisitersebutbikin semua orang mengalami rasa penat,nggak terkecuali para mahasiswa di perguruan tinggi.

Nah,buat mencegah rasa bosan saat kuliah online di rumah, mahasiswa bisa berolahraga dengan beberapa gerakan yang bisa dilakukan.

Aktivitas olahraga yang kamu lakukan, bukan hanya meregangkan tubuh dan melancarkan aliran darah saja.Namun, dengan berolahraga juga bisa meningkatkan imunitas di tengah pandemi Covid-19.

Melansir laman Iteba, Kamis (15/7/2021) ada lima olahraga yang bisa dilakukan mahasiswa di rumah saat menjalankan kuliah online nih, sob.

Baca Juga: Pengen Awet Muda? Hindari 5 Kebiasaan Ini Biar Nggak Cepet Tua

Yuk kita simak sama-sama!

1. Yoga

Yoga adalah olahraga ringan yang dapat dilakukan di mana dan kapan saja.

Olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh, sehingga cocok bagi kamu yang sedang kuliah online. Yoga juga mampu meningkatkan aliran oksigen ke otak, mengurangi rasa cemas, dan dapat meredakan stres.

Lakukanlah olahraga ini sekitar 15-30 menit rutin setiap hari. Kamu juga bisa mengiringinya dengan konsumsi buah dan sayur sehat.

2. High Intensity Interval Training (HIIT)

Jika kamu merasa berat badan bertambah setelah kuliah online, kamu bisa melakukan olahraga High Intensity Interval Training (HIIT).

Olahraga ini dapat membakar banyak kalori dalam waktu singkat.

Jumlah kalori yang terbakar selama latihan HIIT 30 menit setara dengan lari atau latihan angkat beban ke tempat gym.

Para peneliti mengungkapkan bahwa HIIT dapat membakar 25 persen sampai 30 persen kalori lebih banyak dari pada olahraga lainnya.

Baca Juga: Studi Masturbasi Dapat Membangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh, Ini Kata Ahli

3. Senam Zumba

Olahraga ini cocok bagi kamu yang mulai merasakan pegal otot saat kuliah online. Zumba adalah olahraga yang baik untuk peregangan dan dapat melancarkan laju aliran darah.

Untuk melakukan olahraga ini, kamu bisa melihatnya melalui video-video senam zumba di YouTube.

Kamu bisa melakukannya di tengah waktu luang, misalnya pagi hari sebelum kuliah daring dimulai atau sore hari setelah kamu menyelesaikan perkuliahan. Luangkan waktu 15-30 menit untuk melakukan olahraga ini.

4. Squat

Squat adalah olahraga sederhana yang tak memerlukan alat tambahan. Selain dapat membakar lemak, olahraga ini juga dapat membantu meregangkan punggungmu.

Olahraga ini tentu cocok untuk para mahasiswa yang kini lebih banyak menghabiskan waktu untuk duduk saat berkuliah online di rumah.

5. Jumping Jack

Jumping jack adalah olahraga untuk meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan aliran oksigen dalam otak. Gerakan ini terbilang mudah dan dapat kamu lakukan sendiri di rumah dengan tutorial di YouTube.

Jadi itulahlima jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah saat bosan dengan kuliah online. Namun selain berolahraga, kalian juga mesti rajin mengkonsumsi buah dan sayuran biar nggak drop selama pandemi ini. (*)

Baca Juga: Benarkah Golongan Darah Ini Lebih Berisiko Terkena Penyakit Jantung?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Aktivitas Olahraga Saat Mahasiswa Bosan dengan Kuliah Online"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya