Teater Rasa Film, Serial Musikal Nurbaya Tayang 1 Juli di YouTube Indonesia Kaya

Rabu, 30 Juni 2021 | 16:40

Episode pertama serial musikal NURBAYA bakal siap tayang pada Kamis, 1 Juli besok di kanal InonesiaKaya.

HAI-Online.com-Pertunjukan online bertajuk Serial Musikal Nurbaya siap ditayangkan mulai Kamis (1/7/2021) besok pukul 19.00 WIB di kanal YouTube IndonesiaKaya.
Kalian yang mengikuti program #MusikalDiRumahAja pastinya bakal siap menyaksikan lagi konten pertunjukan baru dan seru satu ini.
Apalagi buat yang sempat mengikuti ajang pencarian aktor/aktris di program "Mencari Siti", nah tayangan ini merupakan kelanjutan bahkan bisa dibilang bagian akhirnya.
Baca Juga: Slank Beberapa Kali Ketemu Jokowi Saat Masa Kampanye, Bimbim: Kita Tuh Bukan Sahabat, Tapi...
Serial Musikal Nurbaya ini bukan sekadar tayangan web series biasa. Pasalnya karya pertunjukan ini menggabungkan seni film dan teater sehingga bukan cuma video teater yang dibawa ke YouTube, tapi secara teknik penggarapannya menggabungkan dua bidang visual tersebut.
Nah dalam penggabungan teknik panggung (teater) dan teknik film, Serial Musikal Nurbaya ini mendapat arahan Venytha yang berperan sebagai sutradara teater dan Naya Anindita sebagai sutradara filmnya.
"Ada beberapa pengambilan gambar yang kira rasakan itu cuma di film tapi di serial ini juga kita nggak meninggalkan teknik panggungnya, jadi serial musikal ini kolaborasi keduanya," kata Naya Anindita di acara preskon Nurbaya pada Senin (28/6/2021) lalu.
Nggak heran, jika Nurbaya versi kali ini bakal memvuat penonton mendapatkan suguhan teater rasa film.
Hal yang berbeda ini dirasakan juga oleh para aktornya, Buckie Mansyur misalnya pemeran Samsul Bahri, kekasih Nurbaya ini mengakui gambar yang disaksikan penonton nanti adalah hasil take berkali-kali dari para pemerannya.
"Kalo di teater kita nggak boleh ada salah sekali tampil ya udah semuanta, kalo untuk serial kita ngulang berkali-kali samlai dapert," ungkapnya kepada HAI saat kunjungan media virtual.

Proses syuting seria musikal Nurbaya

Juga untuk menyanyikan lagu-lagu yang ditampilkan di setiap episode Nurbaya, pemeran yang sekaligus penyanyi melewati rekaman studio terlebih dahulu untuk kemudian menggabungkan adegan dan lip sync untuk diambil gambarnya.
Baca Juga: Menyentuh Hati, Film Limina | Limen Jadi Refleksi Batin Manusia di Situasi Tak Pasti
"Kita putuskan lip sync karena kalo misal ada pengulangan adegan, maka lagu dan pemusik udah nggak harus ngulang karena sudah ada rekamannya, jadi itu mempercepat prosesnya. Malo nggak begitu wah kita nggak tau kapan tayangnya nih," jelas Naya lagi.
Program Director Indonesia KayaRenitasari Adrian mengatakan, Serial Musikal Nurbaya merupakan karya seni yang melalui sebuah proses panjang bagi semua pihak yang terlibat dalam pembuatannya. “Ada banyak cerita menarik selama proses pembuatan musikal online ini. Mulai dari pertama kalinya kami melakukan audisi online hingga pemilihan cast dari begitu banyak talenta berbakat,” tuturnya pada Senin (28/6/2021).

Renitasari melanjutkan, untuk memastikan seluruh kru yang terlibat bebas dari Covid-19, ia menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Seluruh kru dan pemain diwajibkan untuk melakukan tes antigen dua kali dalam seminggu.

Nah, buat yang belum tahu, serial musikal Nurbaya ini diadaptasi dari novelSitti Nurbaya: Kasih Tak Sampaikarya Marah Rusli namun pada serial musikalnya ada adaptasi dan setting baru.
"Ini Nurbaya tahun 1970an, bukan lagi seperti cerita di novel yang terbit 1920, mereka juga tidak tinggal di Sumatera tapi di Jakarta, sudah lebih modern lagi," bocor Arawinda, pemeran Nurbaya.
"Meski begitu, cerita, kebudayaan dan pesan cerita tudak jauh berbeda denvan keberoikan Sitti Nurbaya.
"Paling ada unsur-unsur pembeda zaman, yanh dalam visual seperti di serial ini sudah ada telepon misalnya," terang Naya lagi.
Baca Juga: Bocoran Singkat dan Kata Sutradara Soal Munculnya BTS Korea di Serial Friends: The Reunion
Nggak cuma zaman, setting lokasi dan tahun, karakter Datuk Meringgih juga dibuat lebih muda, tak lagi memakai datuk melainkan Tuan Meringgih yang diperankan secara menarik oleh aktor Bima Zeno.
Rasa kolaborasi film dan teater ini juga makin terasa karena tak hanya Garin Nugroho yang mengangkat lagi cerita Nurbaya namun kelompok TeaterMusikal Nusantara (TEMAN), BOOW Live juga ikut meramaikan pementasan ini.
Naskah cerita serial musikal Nurbaya ini juga tidak ditulia sendjrian namun ditulis oleh anggota TEMAN, Chriskevin Adefrid, dan beberapa orang yang terpilih dalam workshop Mencari Penulis. Mereka adalah Latifah Maurinta, Veronica Gabriella, dan Ilya Aktop.
Selaindiisi oleh para pekerja seni yang telah mengikuti rangkaian program online Mencari Siti, sejumlah aktor juga ikut mewarnai pertunjukan diantaranya Nola B3 danGabriel Harvianto, aktor pendukung yang sekaligus juga sebagai pelatih vokal. Sementara suguhan musik diatur oleh Ivan Tangkulung sebagai direktur musiknya.
Oh ya, untuk pertunjukan online ini, Indonesia Kaya membagi serial musikal Nurbaya ke dalam 6 epuspde di mana setiap epispde punya twist cerita tersendiri. Jadi, saksikan episode pertamanya besok malam ya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya