10 Rekomendasi Lagu Pop Punk Terbaru, Dari Machine Gun Kelly Hingga Doll Skin

Kamis, 17 Juni 2021 | 18:00
Youtube / Machine Gun Kelly

Machine Gun Kelly di Jimmy Kimmel Live

HAI-Online.com - Pop punk is not dead! Udah ada sejak tahun 80an, style musik satu ini masih populer sampai sekarang. Bahkan, saat ini pop punk punya generasi para artis penerusnya.

Sepanjang sejarahnya, musik pop punk memang selalu lekat dengan imej band. Boleh dibilang, adalah band seperti Ramones dan Descendents yang menaruh sentuhan yang lebih 'pop' di musik punk pada tahun 80an.

Setelahnya, style punk rock yang 'nge-pop' ini berlanjut ke band-band kayak Green Day dan The Offspring hingga All Time Low dan New Found Glory pada era 90an dan 2000an.

Nah, di era 2020an ini wajah pop punk makin berubah. Saat ini banyak musisi muda bermuculan yang musiknya pun bisa dibilang sangat terinfluens dari pop punk.

Punya lirik dan irama yang bersahabat, namun tanpa mengesampingkan unsur distorsi gitar dan gebukan nge-drum kenceng.

Uniknya lagi, kalo dulu pop punk muncul dari skena musik punk bawah tanah, tren pop punk saat ini justru diramaikan sama para musisi teen pop yang meramu musiknya dari studio rumah maupun kamar tidurnya.

Nah, kalo lo bingung lagu pop punk apa yang bisa didengerin sekarang-sekarang, coba deh dengerin lagu dari para musisi ini.

Baca Juga: Cerita Willow Smith Yang Di-bully Pas Sekolah Karena Suka Lagu My Chemical Romance dan Paramore

1. Pinkshift - "Rainwalk"

Band indie rock muda Pinkshift punya sound yang mengingatkan kita sama jaman album 'Three Cheers for Sweet Revenge' My Chemical Romance dan 'Riot!'-nya Paramore.

Pinkshift pun berhasil memikat para pendengar pop punk ada tahun 2021 dan 2021 melalui debut EP 'Saccharine'.

2. Meet Me @ The Altar - "Hit Like A Girl"

Di tahun 2008, ada New Found Glory yang mempopulerkan istilah 'easycore' bareng band lain seperti A Day To Remember dan Four Year Strong.

Kini, ada satu band bernama Meet Me @ The Altar

ng tampak mencoba membuat 'easycore' menarik lagi.

3. Olivia Rodrigo - "good 4 u"

Siapa tak kenal Olivia Rodrigo? Usianya memang baru 18 tahun, tapi tiga lagunya udah berhasil masuk Billboard top 10.

Rodrigo memang belum dapet label sah sebagai penerus pop punk princess setelah Avril Lavigne.

Namun, debut EP 'SOUR' dan single 'good 4 u' berhasil merangkul sisi 'lain' dari pop punk. Bahkan, itu jadi lagu bernuansa pop punk pertama yang masuk Billboard Hot 100.

4. Machine Gun Kelly - "my ex's best friend" (ft. blackbear)

Musisi hip-hop satu ini melakukan terobosan dengan nyebrang ke genre pop punk lewat albumnya di tahun 2020 'Tickets To My Downfall'.

Belum lagi lingkar pergaulan MGK yang juga nggak jauh-jauh dari para musikus pop punk seperti Travis Barker hingga Bert McCracken.

Jadi, agaknya tepat bila menyebut penggagas era pop punk revival 2020an adalah Machine Gun Kelly.

5. Action/Adventure - "Barricades"

Band muda Action/Adventure melahirkan EP di tahun 2021 bertajuk 'Pulling Focus' yang ketara banget nuansa pop punk berwawasan hardcore-nya.

Coba deh dengerin salah satu singlenya.

6. KennyHoopla & Travis Barker - "inside of heaven's mouth, there is a sweet tooth//"

Bermula dengan lagu-lagu emo-pop-nya yang mencolok, KennyHoopla beralih ke gaya screamo/metalcore 2000-an yang eksplosif lewat kerjasamanya bareng Travis Barker di mixtape bertajuk Survivor's Guilt.

Majalah Kerrang! sendiri mendapuknya cowok asal Inggris kelahiran tahun 1997 sebagai 'pemimpin' dari generasi baru pop punk.

7. WILLOW - "t r a n s p a r e n t s o u l" (ft. Travis Barker)

Willow Smith dengan nama panggung WILLOW bisa dibilang merupakan salah satu 'anak asuh' Travis Barker.

Lewat single-nya ' t r a n s p a r e n t s o u l.', putri Will Smith itu pun berhasil meramaikan arus pop mainstream jaman sekarang dengan attitude dan style pop punk.

8. Glacier Veins - "Feel Better Now"

Glacier Veins dan debut albumnya 'The World You Want to See' pantas dibilang sebagai satu album punk terbaik tahun 2020.

Coba deh dengerin lagunya yang 'Feel Better Now', lo mungkin bakal terpikir buat meng-update playlist lagu-lagu pop punk lo.

9. Doll Skin - "Control Freak"

Doll Skin menandatangani kontrak dengan label pop punk legendaris Hopeless Records untuk album 2019 mereka 'Love Is Dead' dan 'We Killed Her'.

Sejak itu mereka tampak konsisten dengan musicianship pop punk gaya pertengahan 2000-an. Bisa dibilang lagu mereka oke buat didengerin pencinta pop punk di tahun 2021 ini.

10. Closure - "Sink"

Sken pop punk Sydney, Australia, memang lagi rame sekarang dengan band-band seperti Stand Atlantic dan Yours Truly. Begitu pun dengan band-band muda yang lebih jarang terdengar seperti Closure.

Closure bisa dibilang paket kompli di arus pop punk revival saat ini. Dengan style sound yang tampak bertumpu pada referensi band pop punk 2000-an dan emo 2010-an seperti seperti Balance & Composure. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya