Viral Penipuan Berkedok Restoran Terkenal di GrabFood, Ini Tanggapan Grab Indonesia

Minggu, 13 Juni 2021 | 20:15
lambe_turah/Instagram

Penipuan berkedok nama restoran terkenal viral di media sosial.

HAI-Online.com – Pengguna media sosial Indonesia baru-baru ini diramaikan oleh munculnya video viral penipuan yang mencatut nama restoran ternama pada layanan pesan-antar makanan di aplikasi Grab (GrabFood) dan Gojek (GoFood).

Video tersebut diunggah seorang netizen Indonesia melalui Instagram Stories pribadinya, lalu diunggah ulang di akun Instagram dengan handle @lambe_turah.

Dalam video terlihat, seorang konsumen GrabFood mendatangi sebuah lokasi restoran yang mengatasnamakan restoran "Nasi Pecel Dharmahusada".

Baca Juga: Ramai Modus Penipuan dengan Minta Nomor Kartu ATM, Begini Penjelasan Pihak Bank

Ia mendatangi lokasi resto tersebut setelah menerima pesanan GrabFood miliknya, yang dinilai nggak sesuai dan nggak masuk akal dari segi penampilan dan harganya.

Padahal, menurut konsumen tersebut, "Nasi Pecel Dharmahusada" itu termasuk resto terkenal di daerahnya.

"Penipuan resto berkedok GrabFood begini. Keliatannya makanannya enak-enak ya. Tapi kalian harus tau, ini (makanannya) datengnya kayak gimana, terus harganya nggak masuk akal," kata seorang konsumen, sambil memperlihatkan laman merchant di aplikasi GrabFood tempat ia memesan makanan.

Baca Juga: Viral Foto Gerbong Khusus Sepeda Mirip di Luar Negeri Ada di Indonesia, Begini Kata KAI

Setelah mendatangi lokasi resto yang mengatasnamakan "Nasi Pecel Dharmahusada" itu, sang konsumen mendapati bahwa ini adalah penipuan yang mengatasnamakan sejumlah restoran ternama.

Hal ini ia simpulkan setelah melihat kondisi resto yang "nggak layak" dan mendapati banyak hape berjejeran di dalam resto tersebut.

Konsumen itu menduga, sejumlah smartphone tersebut digunakan untuk menjajakan menu-menu dari restoran ternama di daerahnya, seperti Bebek Purnama, Nasi Pecel Dharmahusada, dan Nasi Padang Ampera - Putih Tambak.

"Jadi dia punya beberapa account GrabFood atau GoFood juga, dengan nama-nama resto terkenal. Semua resto itu juga dengan lokasi tempat yang sama," kata dia.

Dalam video yang sama, seorang mitra driver juga menceritakan, dirinya sudah sempat melaporkan merchant yang mengatasnamakan restoran terkenal itu ke pihak Grab.

"Iya, kita udah ada laporan ke sistem kita. Tapi, karena dari pihak Grab juga kok nggak ada tanggapan. Akhirnya mereka jalan terus," ungkap salah satu mitra driver Grab.

Karena belum ditindak oleh pihak Grab, alhasil, kata konsumen itu, mitra driver terpaksa mengambil pesanan dari resto yang diduga menipu itu.

"Driver berkali-kali mau cancel, tapi kalau dia cancel (pesanannya) sampai tiga kali, dia nggak dapet orderan lagi nanti. Jadi akhirnya diterima," kata dia.

Baca Juga: Viral Laporan PKL Mahasiswa Jurusan Gizi yang Supertebal, Netizen: Dibaca Sama Dosen Nggak Sih?

Tanggapan Grab Indonesia

Menanggapi video viral tersebut, pihak Grab Indonesia akhirnya buka suara. Menurut juru bicara Grab Indonesia, pihaknya kini sedang melakukan investigasi terkait isu penipuan berkedok restoran ternama di layanannya itu.

"Saat ini, mitra merchant yang dilaporkan sudah ditangguhkan (suspend) sementara investigasi berjalan," kata juru bicara Grab Indonesia kepada KompasTekno, Sabtu (12/6/2021).

Selain itu, Grab juga mengingatkan kepada para konsumen dan mitra pengantaran untuk melaporkan mitra merchant yang dianggap mencurigakan atau menyesatkan di platform GrabFood melalui channel khusus.

Konsumen bisa melaporkan merchant yang mencurigakan melalui tautan https://help.grab.com/passenger/id-id/360000180447-Informasi-restoran-tidak-sesuai-dengan-aplikasi.

Sedangkan bagi mitra driver, mereka bisa melaporkan merchant melalui tautan https://help.grab.com/driver/id-id/115014919968-Informasi-restoran-tidak-sesuai-dengan-aplikasi.

"Grab akan melakukan investigasi terhadap setiap laporan dan mengambil tindakan, apabila mitra merchant terbukti melanggar kode etik mitra merchant," pungkas juru bicara Grab Indonesia.

Modus yang sama oleh pemilik restoran itu juga dilakukan di platform pesan-antar makanan Gojek, yakni GoFood. (*)

Baca Juga: Viral Sisca Kohl Bikin Es Krim dari Menu BTS Meal: Kalo Menunya Habis Tau Kan Salah Siapa

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Video Viral Penipuan Restoran di GrabFood, Ini Kata Grab"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya