5 Hobi Ini Bisa Meningkatkan Kesehatan Menurut Sains, Salah Satunya Dengerin Musik 

Kamis, 03 Juni 2021 | 08:00
Inc.com

Manfaat Menulis Diary

HAI-Online.com – Selama ini, bagi sebagian besar orang hobi menjadi kegiatan yang biasa dilakukan buat ngabisin waktu luang. Dengan melakukan sesuatu yang kita suka, rasa penat, capek karena rutinitas harian pun bisa terobati.

Namun lebih dari itu, hobi juga punya dampak baik buat kesehatan kita lho, baik itu fisik maupun mental.

Merangkum laman Medical News Today, HAI bakal bagiin 5 hobi yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh kalian, nih. Yuk check them out!

1. Menari

Sebagai aktivitas fisik, menari punya berbagai manfaat untuk kesehatan dan merupakan cara yang mudah untuk meningkatkan kesehatan.

Kita pun nggak perlu alat khusus untuk melakukan hobi menari. Hanya butuh musik kesukaan dan mungkin satu atau dua orang teman.

Selain itu, menari adalah kegiatan sosial dan tetap aktif secara sosial penting untuk kesehatan tubuh maupun kesehatan mental.

Menari juga merupakan latihan kardio yang sangat baik. Sebab seperti yang kita tahu, latihan kardio dapat meningkatkan kesehatan jantung, menambah stamina, dan memperkuat tulang.

Baca Juga: Sains Bilang Maaf-maafan Punya Manfaat Besar Bagi Fisik & Mental

2. Berkebun

Berkebun atau merawat tanaman hias di rumah merupakan hobi yang memiliki banyak manfaat kesehatan nggak terduga.

Sebuah studi di tahun 2014 yang diterbitkan oleh PLOS One mengatakan bahwa berkebun dan bersepeda secara teratur mengurangi risiko kekurangan vitamin D pada orang tua.

Berkebun juga dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih rendah. Sebuah studi melaporkan, orang yang berkebun memiliki risiko demensia 36 persen lebih rendah.

3. Menulis

Hobi menulis dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan mental dan fisik, termasuk meningkatkan daya ingat, menurunkan stres, hingga memperbaiki kualitas tidur.

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa menulis tentang pengalaman pribadi dapat membantu pasien kanker untuk menerima kondisi mereka.

Di samping itu, kebiasaan menulis juga membantu pasien untuk mengelola stres sehingga memberikan efek positif untuk kesehatan fisiknya.

4.Dengerin musik

Tahukah kalian bahwa mendengarkan musik atau bermain instrumen musik dapat memberikan manfaat untuk kesehatan fisik dan mental?

Pada tahun 2013, Medical News Today melaporkan tinjauan skala besar dari sebuah makalah yang menganalisis pengaruh musik pada neurokimia.

Baca Juga: Ilmuwan Sebut Musik Mampu Menyinkronkan Gelombang Otak Manusia

Hasilnya, penelitian tersebut menunjukkan musik dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan stres dan kecemasan, serta menurunkan depresi.

Mereka bahkan menyebut, mendengarkan musik ternyata lebih efektif untuk mengurangi kecemasan dibandingkan obat bagi pasien yang sedang menunggu pembedahan.

5. Memelihara hewan

Selain bisa mengusir kesepian, memelihara hewan pun punya manfaat buat kesehatan.

Menurut CDC, hobi memelihara hewan memberikan kesempatan bagi pemiliknya untuk lebih sering beraktivitas di luar ruangan dan bersosialisasi.

Bahkan, memiliki hewan peliharaan mampu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol, dan kadar trigliserida. (*)

Baca Juga: Kenapa Makan Kentang Goreng Bisa Bikin Berat Badan Naik? Begini Penjelasan Ahli

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Medical News Today

Baca Lainnya