Berselisih dengan Ahmad Dhani, Wawan Juniarso Ungkap Momen Saat Dirinya Keluar dari Dewa: Aku Tersinggung

Sabtu, 29 Mei 2021 | 19:20
Dok. HAI

Dewa 19 formasi pertama

HAI-Online.com - Wawan Juniarso merupakan personel pertama Dewa sekaligus menjadi drummer pertama band tersebut sebelum akhirnya keluar dari band. Mungkin menjadi pertanyaan selama ini, sebenarnya Wawan mundur atau dikeluarkan?

Baca Juga: Kenapa Anak Muda Masih Suka Lagu Dewa, Ahmad Dhani: Nggak Ada Band yang Semewah Dewa dan Mewakili Generasi Mereka

Melalui wawancara dengan Ari Lasso di channel Youtube Ari Lasso TV pada April 2021, Wawan mengungkapkan momen saat dirinya tidak lagi menjadi bagian dari band Dewa.

Ari Lasso yang penasaran dengan kejadian keluarnya Wawan dari Dewa, kemudian bertanya kepada eks drummer Dewa tersebut, "Terjadinya nggak ada aku kan keputusannya. Nah, itu sebenarnya kamu dikeluarkan atau mengeluarkan diri?," tanya Ari Lasso.

Wawan menceritakan, saat itu dia sudah mengisi 7 lagu untuk album kedua mereka tetapi terhambat. Diketahui tersisa 3 lagu lagi untuk mereka selesaikan.

"Awalnya pada saat itu kalian lagi hadirin acara musik, tapi aku panggil ke rumahku. Nggak mau dateng semua, akhirnya yang dateng cuma aku sama Dhani," ucapnya.

Wawan menjelaskan saat itu mereka membuat komitmen kuliah nomor satu dan disebutkan hanya Ahmad Dhani yang nggak kuliah. Sisanya empat orang yaitu dirinya, Ari Lasso, Erwin dan Andra berkuliah, masing-masing di Universitas berbeda.

"Jadi kuliah nomor satu, tetap jalanin kuliah. Ternyata kalo kita recording atau ada off air komitnya itu pada saat liburan atau pada saat weekend, ternyata jadwal kenceng kan. Pokoknya rekaman harus segera selesai. Aku tujuh lagu kelar pas liburan, ternyata abis itu sudah masuk kuliah," ungkapnya.

Bertemu dengan Ahmad Dhani di rumahnya, Wawan mencoba berbicara untuk meluruskan permasalahan yang sedang terjadi, "Akhirnya aku sama Dhani ngomong, 'Yowes Wan kalo 3 lagu kamu selesain, nanti fee-nya dilunasin, tapi kalo kamu nggak bisa sesuai komit yang awal kita, yaudah 3 lagu (pakai) additional drummer (drummer pendukung) aja ya', ya nggak terima aku, emosi aku sama Dhani," ungkapnya.

"Anak-anak sekarang ikut aku semua, hidup mati di musik," kata Wawan menirukan ucapan Ahmad Dhani saat itu.

Baca Juga: Momen Ketika Ahmad Dhani Komentari Lirik Sheila On 7: Nggak Usah Dibikin Ribet, Nanti Nggak Ada Bedanya Eross Dengan Katon Bagaskara

Diungkapkan juga saat itu sebenarnya Wawan ingin menunggu dahulu, tetapi Dhani ingin lanjut terus, "Aku tersinggung. 'Yo wes, aku cabut Dhan'," ungkapnya sambil menirukan kondisi saat itu.

Setelah kejadian di rumah Wawan, ternyata mereka kembali bertemu di Delta Plaza. Wawan bermaksud untuk membicarakan kembali permasalahan sebelumnya.

"Dhani bilang, Wan kalo sisa 3 lagu kamu kerjakan, kamu bereskan, aman. Fee yang sisa jatahmu itu bakal aku bayarkan semuanya," pungkas Wawan menggambarkan pembicaraan saat itu.

Ditanya Ari Lasso mengenai suasana saat berselisih dengan Ahmad Dhani, Wawan mengungkapkan suasana saat itu nggak tegang banget hanya agak tegang aja.

Eks drummer Dewa tersebut mengungkapkan, setelah album kedua kelar, Ahmad Dhani datang lagi ke rumahnya. Dia mencoba mengajak Wawan ikut tur Dewa, lalu tercapailah kesepakatan antara Wawan dengan Ahmad Dhani.

Kemudian, Wawan juga membagikan pendapatnya terkait menyesal atau tidaknya dia keluar dari Dewa, "Kalo dibilang kecewa sih nggak ya, sempet sebel aja kan berjuang bareng, latihan juga di rumahku. Terus proses rekaman juga perjuangannya gila dari ngejar angkot Bogor-Jakarta sampai nginep di hotel. Dari belum siapa-siapa yang kesininya tinggal enak gitu," ucap Wawan yang juga pernah membuat band bernama Dwipa.

Perlu diketahui selain Dewa, Wawan juga pernah tergabung dengan band Outsider bersama Ari Lasso dan Piyu.

Berdasarkan wawancara dengan Ari Lasso tersebut, kini terjawab sudah semua pertanyaan banyak orang selama ini kenapa Wawan keluar dari Dewa dan bagaimana situasinya saat itu.

Baca Juga: Ari Lasso Sebut Lagu 'Rahasia Perempuan' Itu Punya Dewa, Awalnya Lagu 'Jorok' Makanya Ada Lirik yang Dibuang

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya