Yuk Bisa Yuk! Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Disuntik Vaksin Biar Nggak Drop Say!

Rabu, 19 Mei 2021 | 15:19
KD

Yuk Bisa Yuk! Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Disuntik Vaksin Biar Nggak Drop Say!

HAI-Online.com-Sebenarnya, secara umum kita tidak memerlukan persiapan khusus sebelum disuntik vaksin virus corona.
Menurut dokter spesialis penyakit paru Jafar Abunasser, MD, yang merupakan salah satu dokter yang sudah diberi suntikan vaksin covid-19,kita tidak membutuhkan persiapan khusus, seperti meminum obat pereda nyeri misalnya.
"Beberapa orang bertanya, 'apakah kita harus minum obat sebelumnya untuk mencegah alergi atau demam?' Jawabannya adalah tidak," sebut Abunasser dikutip dari Kompas.com, Maret lalu.
Baca Juga: Empat Pelajar SMP Resmi Di-drop-out Karena Mengeroyok Staf Honorer
Namun dikatakannya, vaksin virus corona yang tidak berbeda dengan vaksin lainnya punya gejala berbeda ke setiap orang yang disuntikannya.
Nah, menurutSekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Muhammad Budi Hidayat, ada sejumlah langkah umum dan persiapan yang bisa dilakukan masyarakat yang bakal menjalani vaksinasi Covid-19.
1. Pastikan Sehat
"Pertama, prinsipnya, kita pastikan dulu kondisi badan. Artinya kita pastikan tubuh dalam kondisi sehat," ujar Budi saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (27/2/2021) lalu.

2. Tidak Ngantuk
Kedua, harus dipastikan tidak dalam kondisi mengantuk atau kelelahan.Disarankan, sebelum divaksinasi sebaiknya sarapan terlebih dulu.
3. Hindari Alkohol
Mengonsumsi alkohol disebut bakal mampu mengurangi kemampuan kerja vaksin dalam beberapa minggu pertama setelah penyuntikan.Jadi sebaiknya dihindari setidaknya 2 hari sebelum vaksinasi hingga sekitar dua minggu setelahnya.
4. Jangan Stres
Baca Juga: Bisa Buat Obatin Stress, Ini Es Krim Sayur Buatan Mahasiswa UNY, Manfaatnya Banyak!

"Keempat, hindari juga kondisi stress agar tidak memicu maag atau gejala-gejala lainnya," lanjut Budi.

Untuk itu, apabila jadwal kerja padat dan menumpuk sehingga mengharuskan begadang, maka sebelum disuntik vaksin harus tidur terlebih dulu, singkirkan pekerjaan.
5. Olahraga Ringan Aja
Yap, menghindari olahraga berlebihan daat setekah divaksin akan membantu pemulihan imun tubuh.
Kita tahu olahraga merupakan aktivitas baik yang bermanfaat bagi tubuh, tetapi olahraga yang berat dan berlebihan malah dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Jadi kurangi dulu olahraha beratnya sementara. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya